Matius 12:46-50: Yesus dan Sanak Saudara-Nya

Klik:

Matthew / Matius 12:46-50


Mat 12:46 Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia.

Mat 12:47 Maka seorang berkata kepada-Nya: "Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau."

Mat 12:48 Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?"

Mat 12:49 Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku!

Mat 12:50 Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Pertentangan dari Golongan Farisi (12:1-50).

Matius mencatat serangkaian peristiwa yang menunjukkan sifat permusuhan golongan Farisi.

46-50. Ibu dan saudara-saudara Kristus.

46-47. Ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya. Mungkin sekali saudara-saudara ini adalah anak-anak dari Yusuf dan Maria, lahir sesudah Yesus.

Catatan dari pemilik blog: Mungkin adalah hal yang tidak pasti, bisa iya dan bisa tidak, ini hanya tafsiran dan bukan pengajaran.

Berusaha menemui Dia menunjukkan bahwa mereka berusaha, tetapi jumlah orang terlalu banyak (Luk. 8:19).

Alasan kekhawatiran mereka cukup jelas.

Sebelumnya, khotbah Yesus di Nazaret telah memaksa mereka untuk pindah ke Kapernaum (4:13: Luk. 4:16-31; Yoh. 2:12).

Kini, Dia telah menyeret orang Farisi ke dalam perlawanan yang bersifat terbuka dan menghujat.

Di samping itu, kerabat mereka telah melaporkan, bahwa ketegangan dari pelayanan ini telah mempengaruhi kesehatan-Nya (Mrk. 3:21).

Ayat 47 memberikan sedikit masukan tambahan, dan banyak naskah kuno mengabaikannya.

48. Siapa ibu-Ku? Melalui pertanyaan yang menarik ini, Yesus mengejutkan orang banyak untuk mempersiapkan mereka menerima suatu kebenaran yang indah.

50. Siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku. "Melakukan" yang dimaksudkan bukan suatu bentuk perbuatan baik agar diselamatkan, tetapi tanggapan seseorang terhadap undangan Kristus.

"Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang diutus Allah" (Yoh. 6:29).

Hubungan rohani di antara Kristus dengan orang percaya lebih dekat daripada hubungan darah yang paling dekat.

Perkataan ini bukan berarti tidak menghormati Maria, maupun saudara-saudara-Nya, karena belakangan mereka ikut berbagi hubungan rohani ini (Kis. 1:14).

Namun, juga tidak ada petunjuk, bahwa ibu-Nya memiliki hak khusus untuk menghampiri-Nya.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel