Markus 8:1-10: Yesus Memberi Makan Empat Ribu Orang

Klik:

Mark / Markus 8:1-10


Mar 8:1 Pada waktu itu ada pula orang banyak di situ yang besar jumlahnya, dan karena mereka tidak mempunyai makanan, Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata:

Mar 8:2 "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan.

Mar 8:3 Dan jika mereka Kusuruh pulang ke rumahnya dengan lapar, mereka akan rebah di jalan, sebab ada yang datang dari jauh."

Mar 8:4 Murid-murid-Nya menjawab: "Bagaimana di tempat yang sunyi ini orang dapat memberi mereka roti sampai kenyang?"

Mar 8:5 Yesus bertanya kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" Jawab mereka: "Tujuh."

Mar 8:6 Lalu Ia menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya untuk dibagi-bagikan, dan mereka memberikannya kepada orang banyak.

Mar 8:7 Mereka juga mempunyai beberapa ikan, dan sesudah mengucap berkat atasnya, Ia menyuruh supaya ikan itu juga dibagi-bagikan.

Mar 8:8 Dan mereka makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, sebanyak tujuh bakul.

Mar 8:9 Mereka itu ada kira-kira empat ribu orang. Lalu Yesus menyuruh mereka pulang.

Mar 8:10 Ia segera naik ke perahu dengan murid-murid-Nya dan bertolak ke daerah Dalmanuta.


Tafsiran Wycliffe


Penyingkiran-Penyingkiran Kristus dari Galilea (6:31-9:50).

Tuhan sudah menyebarkan amanat-Nya dengan sungguh-sungguh di Galilea, sehingga dalam seluruh perjalanan hidup mereka, orang Galilea sadar akan pelayanan-Nya.

Di antara banyak rakyat biasa, popularitas-Nya demikian tinggi, sehingga mereka siap untuk mengangkat Dia sebagai raja mereka dengan paksa.

Kejengkelan para pemimpin agama Yahudi sudah hampir mencapai puncaknya. Dan Herodes sekarang menjadi gusar terhadap popularitas Kristus.

Situasi menjadi semakin menjurus kepada krisis yang terlalu dini, sedangkan pelayanan Kristus belum selesai.

Akibatnya, Yesus menyingkir empat kali dari Galilea, satu ke pantai timur Danau itu (6:31-56), satu lagi ke wilayah Tirus dan Sidon (7:24-30), satu ke Dekapolis (7:31-8:9), dan terakhir ke Kaisarea Filipi (8:10-9:50).

Sepanjang waktu ini, Kristus sibuk mendidik kedua belas murid-Nya sebagai persiapan untuk menghadapi saat kematian-Nya.

Menyingkir ke Dekapolis (7:31-8:9).

Sepulangnya dari daerah Tirus dan Sidon, Kristus tidak kembali ke Galilea. Dia malah menyusuri pantai timur Danau Galilea yang membawa-Nya ke Dekapolis.

Di sana, Yesus menyembuhkan orang tuli yang sukar berbicara (7:31-37), dan memberi makan 4000 orang.

8:1. Pemberian makan kepada empat ribu orang tidak disertai rincian tempatnya selain pernyataan secara umum, bahwa peristiwa ini terjadi di sebuah tempat yang sunyi (ay. 4).

Pada waktu itu. Naskah Yunani menambahkan kata kembali, mungkin mengacu kepada pemberian makan lima ribu orang yang baru saja terjadi.

2. Yesus tergerak oleh belas kasihan terhadap orang-orang ini sebagaimana halnya pada peristiwa pemberian makan lima ribu orang sebelumnya (6:34), tetapi di sini keprihatinan-Nya lebih ditimbulkan oleh kebutuhan jasmaniah mereka daripada keadaan rohani mereka.

6. Di sini, sebagaimana halnya dalam pemberian makan lima ribu orang, kata-kata mengambil, mengucap syukur, dan memecah-mecahkan, semuanya ditulis dalam bentuk waktu aoris Yunani, sedangkan kata memberikan adalah dalam bentuk waktu imperfect, yang menunjukkan, bahwa Kristus terus memberi roti kepada para murid-Nya untuk dibagi-bagikan (bdg. 6:41).

8. Kecukupan dari mukjizat ini tampak dalam pernyataan-pernyataan, bahwa mereka makan sampai kenyang dan bahwa terdapat sisa yang melimpah.

Bakul di sini merupakan jenis yang berbeda daripada yang dipergunakan untuk menyimpan sisa dari makanan yang dibagikan kepada lima ribu orang.

Hal ini ditunjukkan oleh pembedaan yang dibuat di antara dua jenis bakul di dalam 8:19-20 (naskah Yunani).

Jenis bakul yang dipergunakan kali ini cukup besar. Jenis inilah yang dipakai untuk menurunkan Saulus dari atas tembok Damsyik (Kis. 9:25).

Jadi, ketujuh bakul dari 8:8 mungkin berisi lebih banyak daripada dua belas bakul dari 6:43.

Menyingkir ke Kaisarea Filipi (8:10-9:50).

Penyingkiran yang keempat dan yang terakhir dari Galilea mengarah ke utara ke wilayah Kaisarea Filipi.

Datang dari Dekapolis, Yesus menyeberang ke pantai barat Danau Galilea di mana orang-orang Farisi menemui Dia dengan meminta tanda (8:10-12).

Dia kemudian berlayar naik perahu ke arah timur laut ke Betsaida Yulias (8:13-21) di mana Dia menyembuhkan seorang buta (8:22-26).

Dari sana perjalanan melalui darat mengantar-Nya ke daerah sekitar Kaisarea Filipi.

Di sini, kegiatan utama Kristus adalah kembali mengajar murid-murid-Nya mengenai pokok-pokok seperti diri-Nya, kematian-Nya dan kebangkitan-Nya, pemuridan mereka dan kedatangan-Nya dalam kemuliaan sebagaimana dilukiskan lebih dahulu di dalam peristiwa Pemuliaan-Nya di atas gunung (8:27-9:13).

Di sini, Dia juga menyembuhkan seorang lain yang kerasukan setan (9:14-29).

Setelah itu, Kristus kembali ke Galilea sambil terus mengajar Dua Belas Murid (9:30-50).

10. Pada saat ini, para sarjana tidak dapat menunjukkan letak Dalmanuta dengan pasti.

Konteksnya seperti menunjuk pada sebuah tempat di seberang danau dari Betsaida, mungkin di pantai barat (bdg. ay. 13, 22).

Matius menyebutnya Magadan (Mat. 15:39; naskah Yunani), sebuah tempat yang juga tidak diketahui dewasa ini.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel