Markus 14:10-11: Yudas Mengkhianati Yesus

Klik:

Mark / Markus 14:10-11


Mar 14:10 Lalu pergilah Yudas Iskariot, salah seorang dari kedua belas murid itu, kepada imam-imam kepala dengan maksud untuk menyerahkan Yesus kepada mereka.

Mar 14:11 Mereka sangat gembira waktu mendengarnya dan mereka berjanji akan memberikan uang kepadanya. Kemudian ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus.


Tafsiran Wycliffe


Kesengsaraan dan Kebangkitan Kristus (14:1-16:20).

Narasi Markus kini bergerak memasuki adegan-adegan terakhir dari kehidupan Kristus di bumi.

Ini merupakan serangkaian peristiwa yang mengelilingi kematian dan kebangkitan-Nya.

Rangkaian peristiwa tersebut adalah tindakan-tindakan yang akan menghasilkan penebusan abadi bagi semua orang yang mau menerimanya di mana pun mereka berada.

Pengkhianatan dan Kesetiaan (14:1-11).

Ayat-ayat ini dimulai dengan melukiskan pengkhianatan yang direncanakan oleh para imam dan ahli Taurat untuk membunuh Yesus (ay. 1-2).

Sebaliknya, uraian ini dilanjutkan dengan kisah mengharumkan tentang kesetiaan Maria (ay. 3-9). Kemudian, dengan perbedaan yang lebih tajam lagi, penulis Injil ini mengisahkan rencana pengkhianatan Yudas untuk menjual Tuhan (ay. 10-11).

10. Reaksi Yudas terhadap teguran Yesus adalah dengan mengkhianatiNya.

Suatu penelitian yang lengkap tentang motivasi orang ini untuk pergi kepada imam-imam kepala, tidak dimungkinkan karena pengetahuan kita yang terbatas.

Lukas menjelaskannya dengan mengatakan, bahwa Iblis masuk ke dalam Yudas (Lukas 22:3).

Kita mengetahui, bahwa cintanya akan uang merupakan sebagian dari penyebab pengkhianatan itu (Mat. 26:14-15).

Adalah juga mungkin, bahwa dia menjadi kecewa, karena Kristus bukan datang untuk melawan Roma dan mendirikan kerajaan Yahudi yang merdeka.

11. Para imam kepala berjanji untuk memberikan uang kepadanya sejumlah tiga puluh uang perak (Mat. 26:15), yang bernilai di antara dua puluh hingga dua puluh lima dolar.

Ia mencari. Tindakan berkesinambungan (bentuk waktu imperfect Yunani). Sejak saat ini Yudas terus mencari saat yang tepat untuk menyerahkan Yesus kepada imam-imam kepala.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel