Markus 14:22-25: Penetapan Perjamuan Malam

Klik:

Mark / Markus 14:22-25


Mar 14:22 Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Ambillah, inilah tubuh-Ku."

Mar 14:23 Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka, dan mereka semuanya minum dari cawan itu.

Mar 14:24 Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang.

Mar 14:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, dalam Kerajaan Allah."


Tafsiran Wycliffe


Kesengsaraan dan Kebangkitan Kristus (14:1-16:20).

Narasi Markus kini bergerak memasuki adegan-adegan terakhir dari kehidupan Kristus di bumi.

Ini merupakan serangkaian peristiwa yang mengelilingi kematian dan kebangkitan-Nya.

Rangkaian peristiwa tersebut adalah tindakan-tindakan yang akan menghasilkan penebusan abadi bagi semua orang yang mau menerimanya di mana pun mereka berada.

Kesengsaraan Tuhan (14:12-15:47).

Kisah tentang kesengsaraan dan kematian Kristus yang diceritakan oleh Markus dapat dibagi sebagai berikut:

Rangkaian peristiwa di sekitar perjamuan terakhir (14:12-25).

Perjalanan ke Getsemani (14:26-42).

Penangkapan Kristus (14:43-52).

Pengadilan-pengadilan (14:53-15:15).

Penyaliban (15:16-41).

Penguburan Kristus (15:4247).

Kronologis yang umum beranggapan, bahwa hari Rabu digunakan sebagai hari istirahat di Betania, dan bahwa rangkaian peristiwa dari bagian yang kita pelajari terjadi pada hari Kamis dan Jumat.

Tidak disebutkan secara jelas, bahwa hari perhentian semacam itu memang ada, tetapi dengan membandingkan catatan-catatan Injil, maka harus diterima bahwa hari itu ada.

22. Pada saat berlangsung perjamuan Paskah, roti yang dipakai Yesus pastilah roti tidak beragi, yang ditentukan untuk perayaan ini.

Ketika Yesus mengatakan, inilah tubuh-Ku, maka jelas yang dimaksud oleh-Nya adalah "Roti ini melambangkan tubuh-Ku".

Tubuh jasmaniah-Nya masih ada bersama dengan mereka.

Hal ini sama dengan pemakaian lambang yang terdapat di dalam Yohanes 6:35; 8:12; 10:9.

Hal yang sama juga berlaku pada pernyataan Kristus tentang darah-Nya (Mrk. 14:24).

23. Cawan. Kita tidak dapat mengetahui cawan Paskah yang manakah di antara empat cawan Paskah yang ada, yang dipakai oleh Yesus.

Tetapi bagaimanapun juga, isinya pastilah anggur yang dicampur dengan dua pertiga bagian air.

24. Darah perjanjian. Di dalam Matius dan Markus, naskah Yunani yang terbaik tidak mencantumkan istilah baru.

Sekalipun demikian, lihat I Korintus 11:25.

Walaupun kata Yunani diathēkē bisa berarti wasiat, latar belakang Perjanjian Lama dari pernyataan Kristus membuat kata itu harus diterjemahkan dengan perjanjian (bdg. kel. 24:8).

Ini bukan istilah yang dipakai untuk mengungkapkan persesuaian di antara dua pihak yang setara (synthēkē).

Hanya Allah yang menentukan syarat-syarat perjanjian, dan manusia hanya dapat menerima, atau menolak.

Darah Kristus adalah perjanjian baru yang dijanjikan dalam Yeremia 31:31-34 (bdg. Ibr. 8:6-13).

Banyak orang. Sekalipun kata depan Yunani hyper, dapat berarti atas nama, banyak kali istilah ini dipakai untuk arti sebagai ganti dari.

Taylor mengatakan, bahwa hal ini merupakan salah satu bukti yang paling jelas, bahwa Yesus memandang kematian-Nya sebagai bersifat menggantikan (Vincent Taylor. Mark, hlm. 548).

25. Tidak akan minum lagi. Sebuah penyangkalan kuat, yang artinya, bahwa Yesus sama sekali tidak akan minum bersama dengan mereka lagi sepanjang zaman ini.

Kerajaan Allah di dalam penyataan ini bersifat eskatologis, mungkin mengacu kepada hubungan di dalam kerajaan Seribu Tahun yang akan didirikan pada saat Kristus datang kembali (Why. 20:4-6).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel