Markus 16:9-20: Yesus Beberapa Kali Menampakkan Diri dan Mengutus Murid-murid-Nya - Yesus Terangkat Ke Sorga

Klik:

Mark / Markus 16:9-20


Mar 16:9 Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.

Mar 16:10 Lalu perempuan itu pergi memberitahukannya kepada mereka yang selalu mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis.

Mar 16:11 Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya.

Mar 16:12 Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota.

Mar 16:13 Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada merekapun teman-teman itu tidak percaya.

Mar 16:14 Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.

Mar 16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Mar 16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Mar 16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,

Mar 16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

Mar 16:19 Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.

Mar 16:20 Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.


Tafsiran Wycliffe


Kesengsaraan dan Kebangkitan Kristus (14:1-16:20).

Narasi Markus kini bergerak memasuki adegan-adegan terakhir dari kehidupan Kristus di bumi.

Ini merupakan serangkaian peristiwa yang mengelilingi kematian dan kebangkitan-Nya.

Rangkaian peristiwa tersebut adalah tindakan-tindakan yang akan menghasilkan penebusan abadi bagi semua orang yang mau menerimanya di mana pun mereka berada.

Kebangkitan Tuhan (16:1-20).

Pasal terakhir Injil ini, terbagi menjadi dua bagian yang jelas.

Kunjungan tiga orang wanita ke kubur terdapat dalam 16:1-8.

Sisanya, 16:9-20, merupakan ringkasan dari penampakan-penampakan Kristus yang telah bangkit, ditutup dengan kenaikan-Nya.

9-11. Kisah asli dapat ditemukan dalam Yohanes 20:11-18.

Perhatikan penekanan penulis pada ketidakpercayaan para murid (Mrk. 16:11, 13, 14).

12-13. Untuk catatan yang lebih lengkap tentang peristiwa ini, lihat Lukas 24:13-35.

Dalam rupa yang lain. Lukas 24:16 mengatakan, bahwa mata mereka agak terganggu sehingga mereka tidak mengenali Kristus. Apakah Kristus memang telah mengubah penampilan-Nya, tidak diketahui.

14-18. Penampakan kepada sebelas orang murid terjadi langsung sesudah dua orang dari Emaus melaporkannya (Luk. 24:36-49: Yoh. 20: 19-25).

Lukas dan Yohanes tidak memberikan kesan, bahwa Yesus memarahi mereka atas ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, tetapi bahwa Dia mengetahui betapa sulit bagi mereka untuk percaya.

Dan Yesus berusaha menghilangkan kesulitan mereka dengan menawarkan bukti-bukti kebangkitan-Nya.

Siapa yang percaya dan dibaptis. Ayat ini telah dipakai oleh sebagian orang untuk mencoba membuktikan, bahwa baptisan itu diperlukan untuk memperoleh keselamatan.

Pertama-tama, kenyataan bahwa pernyataan ini hanya muncul di dalam bagian penutup yang meragukan dari Injil Markus ini, harus merupakan petunjuk, bahwa orang harus hati-hati dalam menggunakan ayat ini sebagai ayat untuk membuktikan doktrin.

Kemudian, perlu dicatat, bahwa di bagian kedua dari ayat ini satu-satunya dasar untuk menghukum adalah ketidaksediaan untuk percaya.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan, bahwa satu-satunya dasar keselamatan ialah iman.

Penafsiran semacam itu sepenuhnya sesuai dengan ajaran Perjanjian Baru secara keseluruhan tentang pokok ini (bdg. Rm. 3:28; Ef. 2:8, 9).

Pernyataan tentang pengusiran setan dan berbicara dalam bahasa yang baru (ay. 17), sangat mungkin mengacu kepada berbagai peristiwa di gereja mula-mula sebagaimana yang tercatat di dalam Kitab Kisah Para Rasul.

Bahkan, kata-kata tentang memegang ular, mungkin merupakan petunjuk untuk pengalaman Paulus dalam Kisah Para Rasul 28:1-6.

Tidak ada ayat lain dalam Perjanjian Baru yang membahas tentang minum racun.

Meskipun bagian ini sepenuhnya asli, ayat-ayat ini tidak dapat dipakai secara sembarangan, sehingga dengan sengaja dan lancang memang ular dan meminum racun seperti yang dilakukan beberapa golongan agama ekstrem.

19-20. Rangkuman terakhir ini berhubungan dengan kenaikan Kristus dan kesinambungan pelayanan oleh para pengikut-Nya.

Ungkapan, sesudah Tuhan Yesus berbicara, mungkin menunjukkan, bahwa kenaikan Kristus terjadi langsung sesudah menampakkan diri kepada sebelas murid pada sore hari dari hari kebangkitan-Nya (ay. 14-18).

Sekalipun demikian, suatu perbandingan dengan Lukas 24:50-53 dan Kisah Para Rasul 1:1-11 menunjukkan, bahwa kematian-Nya telah berlalu empat puluh hari.

Ayat penutup ini bisa merupakan rangkuman singkat Kitab Kisah Para Rasul.

Tuhan meneguhkan Firman itu. Perhatikan kesamaan yang mencolok dengan Ibrani 2:4.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel