Lukas 10:17-20: Kembalinya Ketujuh Puluh Murid

Klik:

Luke / Lukas 10:17-20


Luk 10:17 Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: "Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu."

Luk 10:18 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.

Luk 10:19 Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.

Luk 10:20 Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga."


Tafsiran Wycliffe


Jalan Menuju Salib (9:51-18:30).

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas, mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lain, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya.

Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap.

Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

Pelayanan Tujuh Puluh Murid (10:1-24).

Hanya Lukas yang mencatat penugasan tujuh puluh murid.

Pasti ketika itu banyak orang yang mengikut Yesus, sebab Dia dapat memperoleh tujuh puluh orang untuk memberitakan Injil di wilayah Galilea dan Yudea.

Edersheim (The Life and Times og Jesus the Mesias, jilid II, hlm. 135) menunjukkan, bahwa Yesus mengutus mereka pada suatu saat sebelum Hari Raya Pondok Daun yang mendahului kematian-Nya.

Dapat disimpulkan dari bahasa yang dipakai, bahwa diri-Nya telah ditolak orang-orang di kota-kota di Galilea (10:13, 15), dan bahwa Dia sedang bersiap-siap untuk meninggalkan wilayah itu untuk selama-lamanya.

17. Ketujuh puluh murid itu kembali. Misi mereka tampaknya berhasil dengan baik.

Kedua belas murid melaporkan, bahwa mereka gagal menyembuhkan anak laki-laki yang kerasukan (9:40); tetapi tujuh puluh murid ini melaporkan, bahwa setan-setan pun lari pada saat Nama Yesus disebutkan.

18. Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit. Sedang terjatuh akan merupakan terjemahan yang cukup baik.

Yesus secara tidak langsung mengatakan, bahwa kuasa Iblis sudah dipatahkan, dan keberhasilan para murid itu merupakan bukti kemenangan itu.

19. Kuasa adalah otoritas, hak untuk memerintahkan.

20. Bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga. Alasan terbesar untuk bersukacita bukanlah kemenangan sementara atas kekuatan gaib, tetapi kemenangan abadi karena tercatat sebagai warga sorga.

Terdaftar mungkin berarti tercatat pada sebuah daftar umum (bdg. Ibr. 12:23; Why. 3:5; 22:19).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel