Lukas 5:1-11: Penjala Ikan Menjadi Penjala Manusia

Klik:

Luke / Lukas 5:1-11


Luk 5:1 Pada suatu kali Yesus berdiri di pantai danau Genesaret, sedang orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan firman Allah.

Luk 5:2 Ia melihat dua perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya.

Luk 5:3 Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu.

Luk 5:4 Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: "Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan."

Luk 5:5 Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."

Luk 5:6 Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak.

Luk 5:7 Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain supaya mereka datang membantunya. Dan mereka itu datang, lalu mereka bersama-sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam.

Luk 5:8 Ketika Simon Petrus melihat hal itu iapun tersungkur di depan Yesus dan berkata: "Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa."

Luk 5:9 Sebab ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia takjub oleh karena banyaknya ikan yang mereka tangkap;

Luk 5:10 demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: "Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia."

Luk 5:11 Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, merekapun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Aktif Sang Juruselamat (4:16-9:50).

Bagian pertama dari pelayanan Tuhan kita, makan waktu sekitar dua setengah tahun.

Termasuk di dalamnya pemilihan para rasul, sebagian besar pengajaran dan penyembuhan oleh-Nya, dan mencapai puncaknya pada Pemuliaan di gunung.

Lukas berusaha menunjukkan kepada Teofilus, sifat ilahi Yesus, serta sifat misi-Nya yang mengandung nubuat.

Bukti-Bukti Kuasa-Nya (5:1-6:11).

Bagian berikut dalam Injil Lukas melanjutkan pembuktian tentang kuasa Yesus, selaku persiapan untuk lebih menekankan pengajaran kepada umum.

1. Danau Genesaret. Nama lain untuk Danau Galilea.

Danau ini luas, dengan panjang sekitar tiga belas mil dan lebar delapan mil, dikelilingi oleh perbukitan.

Pada zaman Tuhan, wilayah di sekitar danau itu sangat padat penduduknya, dan di sepanjang pantainya terdapat banyak kota.

Kapernaum dan Betsaida (di bagian utara) merupakan pusat perikanan.

2. Membasuh jalanya. Membersihkan jala merupakan pekerjaan pagi yang sudah rutin setelah menjala sepanjang malam.

3. Ia naik ke dalam salah satu perahu itu. Tepi danau berfungsi sebagai ruang pertemuan. Agar tidak terjepit di antara orang banyak, Yesus meminjam perahu Simon Petrus untuk dijadikan mimbar.

4. Tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan. Ikan naik ke permukaan pada malam hari untuk makan; pada siang hari, ikan turun ke tempat air yang lebih sejuk di dalam danau.

5. Tetapi karena Engkau menyuruhnya. Melalui pengalamannya sebagai seorang nelayan, Petrus yakin, bahwa mereka tidak akan menangkap apa-apa, tetapi kata-katanya menunjukkan iman kepada Yesus.

Dia siap untuk mempercayai kata-kata Sang Guru, bahkan dalam hal-hal di mana Yesus tentu tidak akan dianggap sebagai ahli.

6. Jala mereka mulai koyak. Ikan yang ditangkap itu demikian banyak, sehingga jala maupun perahu mereka tidak mampu untuk menampung.

8. Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa. Bukti bahwa Yesus mengetahui lebih banyak tentang menjala ikan daripada Petrus, dan pemberian ikan yang jumlahnya lebih daripada memuaskan setelah pekerjaan sia-sia semalam, membuat murid itu melihat dirinya di dalam terang yang baru.

Berbeda dengan Yesus, yang tampak keilahian-Nya melalui mukjizat itu, Petrus sadar, bahwa dirinya penuh dosa, sehingga ia merasa tidak layak berada bersama dengan Yesus.

10. Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia. Simon dan rekan-rekannya, Yakobus dan Yohanes, sudah menjadi murid Yesus, tetapi mereka tetap melanjutkan pekerjaan mereka sehari-hari.

Sekarang, Yesus memanggil mereka untuk pelayanan khusus, dan mereka meninggalkan semuanya untuk mengikut Dia.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel