Lukas 9:51-56: Yesus dan Orang Samaria

Klik:

Luke / Lukas 9:51-56


Luk 9:51 Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga, Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem,

Luk 9:52 dan Ia mengirim beberapa utusan mendahului Dia. Mereka itu pergi, lalu masuk ke suatu desa orang Samaria untuk mempersiapkan segala sesuatu bagi-Nya.

Luk 9:53 Tetapi orang-orang Samaria itu tidak mau menerima Dia, karena perjalanan-Nya menuju Yerusalem.

Luk 9:54 Ketika dua murid-Nya, yaitu Yakobus dan Yohanes, melihat hal itu, mereka berkata: "Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?"

Luk 9:55 Akan tetapi Ia berpaling dan menegor mereka.

Luk 9:56 Lalu mereka pergi ke desa yang lain.


Tafsiran Wycliffe


Jalan Menuju Salib (9:51-18:30).

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas, mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lain, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya.

Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap.

Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

51. Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga. Bisa ada dua penafsiran: Lukas mempergunakan istilah diangkat (bdg. Kis. 1:2) dalam arti luas, yaitu dari seluruh pelayanan Kesengsaraan (termasuk Kenaikan) Yesus, atau, Lukas secara tidak langsung mengatakan, bahwa Yesus, bukannya langsung kembali kepada Bapa pada puncak karier-Nya, malah secara sengaja memilih jalan yang menuju ke salib.

Pandangan kedua memperoleh sedikit dukungan dalam Ibrani 12:2 yang mengatakan, bahwa "dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti kemuliaan yang disediakan bagi Dia."

52. Suatu desa orang Samaria. Orang Samaria merupakan keturunan penduduk pendatang yang telah ditempatkan di Palestina oleh para raja Asyur setelah jatuhnya Kerajaan Utara pada tahun 721 sM.

Karena darah campuran mereka dam kebiasaan agama yang berbeda, maka orang Yahudi membenci mereka.

Para peziarah ke Yerusalem pada umumnya tidak akan melewati Samaria.

54. Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun. Yakobus dan Yohanes membenci sikap orang Samaria yang melecehkan Yesus, dan ingin membalas.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel