Lukas 9:1-6: Yesus Mengutus Kedua Belas Murid

Klik:

Luke / Lukas 9:1-6


Luk 9:1 Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit.

Luk 9:2 Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang,

Luk 9:3 kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju.

Luk 9:4 Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ.

Luk 9:5 Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka."

Luk 9:6 Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Aktif Sang Juruselamat (4:16-9:50).

Bagian pertama dari pelayanan Tuhan kita, makan waktu sekitar dua setengah tahun.

Termasuk di dalamnya pemilihan para rasul, sebagian besar pengajaran dan penyembuhan oleh-Nya, dan mencapai puncaknya pada Pemuliaan di gunung.

Lukas berusaha menunjukkan kepada Teofilus, sifat ilahi Yesus, serta sifat misi-Nya yang mengandung nubuat.

Aneka Ragam Pelayanan-Nya (7:1-9:17).

Di dalam bagian antara penugasan para murid dan puncak pelayanan Yesus dalam Pemuliaan di gunung, Lukas menyajikan serangkaian tindakan dan ajaran Tuhan kita, yang tidak membentuk suatu narasi yang berhubungan, tetapi yang menggambarkan sifat dari pelayanan-Nya.

Mukjizat penyembuhan dan perumpamaan yang mengandung suatu kisah, tampaknya menarik bagi Lukas secara khusus.

9:1. Tenaga dan kuasa. Tenaga merupakan kemampuan yang melekat atau sudah ada, sedangkan kuasa ialah hak untuk memakainya.

2. Untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang. Pelayanan mereka adalah perluasan dari pelayanan-Nya.

3. Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan. Yesus ingin menguji iman mereka dengan tidak memperbolehkan mereka membawa apa-apa di dalam perjalanan.

Deissmann berpendapat, bahwa bekal (Yunani: pēra) yang dimaksud adalah dompet yang dibawa seorang pengemis (LAE, hlm. 108-110). Yesus melarang murid-murid-Nya mengemis sebagaimana dilakukan penganut agama lainnya.

4. Tinggallah di situ. Mereka tidak boleh pergi dari rumah ke rumah untuk mencari tempat tinggal yang nyaman, tetapi diharuskan menerima yang ditawarkan.

5. Kebaskanlah debunya dari kakimu. Apabila amanat mereka ditolak, mereka harus menunjukkan penolakan mereka terhadap kota tersebut dengan tindakan tegas ini.

6. Di segala tempat. Galilea dijelajahi secara menyeluruh.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel