Lukas 20:1-8: Pertanyaan Mengenai Kuasa Yesus

Klik:

Luke / Lukas 20:1-8


Luk 20:1 Pada suatu hari ketika Yesus mengajar orang banyak di Bait Allah dan memberitakan Injil, datanglah imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta tua-tua ke situ,

Luk 20:2 dan mereka berkata kepada Yesus: "Katakanlah kepada kami dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu, dan siapa yang memberikan kuasa itu kepada-Mu!"

Luk 20:3 Jawab Yesus kepada mereka: "Aku juga akan mengajukan suatu pertanyaan kepada kamu. Katakanlah kepada-Ku:

Luk 20:4 Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia?"

Luk 20:5 Mereka mempertimbangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata: Mengapakah kamu tidak percaya kepadanya?

Luk 20:6 Tetapi jikalau kita katakan: Dari manusia, seluruh rakyat akan melempari kita dengan batu, sebab mereka yakin, bahwa Yohanes adalah seorang nabi."

Luk 20:7 Lalu mereka menjawab, bahwa mereka tidak tahu dari mana baptisan itu.

Luk 20:8 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."


Tafsiran Wycliffe


Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56).

Di sini, Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-hari terakhir kehidupan Yesus.

Seluruh bagian ini harus dipandang dari sudut kematian Kristus, sekalipun tidak seluruh isinya terkait langsung dengan peristiwa tersebut.

Kesengsaraan Kristus merupakan tema yang tersembunyi dari semua perumpamaan, mukjizat dan perdebatan di dalam bagian ini.

20:1. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat. Para pemimpin agama bingung, sebab Yesus berhasil mengalahkan mereka di dalam menarik perhatian umum.

2. Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dari manakah nabi dari Galilea ini memperoleh hak atau kuasa untuk mengubah tata usaha Bait Suci dan mengadakan mukjizat?

Apabila mereka dapat menjebak Dia untuk membuat suatu klaim yang tidak benar, maka mereka dapat mempermalukan Dia di hadapan orang banyak.

3. Aku juga akan mengajukan suatu pertanyaan kepada kamu. Setiap kali mereka berusaha menjebak Tuhan di dalam suatu dilema, maka dengan mengajukan pertanyaan balik, Dia menempatkan mereka di dalam posisi yang lebih parah lagi (bdg. Yoh. 7:53-8:11; Luk. 20:19-40).

4. Baptisan Yohanes. Apakah Yohanes datang dengan wewenang ilahi ataukah wewenang manusiawi?

5. Mempertimbangkannya di antara mereka. Yesus telah memojokkan orang Farisi untuk memilih di antara mengakui, bahwa mereka telah menolak untuk mendengarkan amanat seorang utusan Allah, dan membuka diri untuk tidak disenangi masyarakat.

8. Aku juga tidak mengatakan kepadamu. Untuk apa Ia memberikan penjelasan tentang diriNya sendiri, apabila mereka tidak mau mempercayai Yohanes yang adalah pendahulu-Nya?

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel