Lukas 12:49-53: Yesus Membawa Pemisahan

Klik:

Luke / Lukas 12:49-53


Luk 12:49 "Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapkan, api itu telah menyala!

Luk 12:50 Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung!

Luk 12:51 Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan.

Luk 12:52 Karena mulai dari sekarang akan ada pertentangan antara lima orang di dalam satu rumah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga.

Luk 12:53 Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya, ibu melawan anaknya perempuan, dan anak perempuan melawan ibunya, ibu mertua melawan menantunya perempuan dan menantu perempuan melawan ibu mertuanya."


Tafsiran Wycliffe


Jalan Menuju Salib (9:51-18:30).

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas, mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lain, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya.

Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap.

Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

49. Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapkan, api itu telah menyala! Tuhan kita menyadari, bahwa misi-Nya mendatangkan pemisahan dan menggelisahkan.

Dia melihat dengan jelas, bahwa salib akan merupakan pokok pertentangan dan perdebatan, dan betapa Ia ingin, bahwa peninggian diri-Nya (Yoh. 12:32) itu sudah terjadi.

50. Aku harus menerima baptisan. Kristus mengacu kepada kematian-Nya (bdg. Mrk. 10:38).

Dia merasa, bahwa kuasa-Nya akan dibatasi hingga karya salib diselesaikan.

51. Bukan damai, melainkan pertentangan. Yudaisme merupakan agama keluarga di mana para penganutnya beribadah menurut kesatuan rumah tangga dan bukan perseorangan.

Yesus sudah melihat sebelumnya, bahwa pernyataan-pernyataan-Nya akan memisahkan keluarga dan akan mengharuskan dibuatnya keputusan pribadi.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel