Lukas 22:47-53: Yesus Ditangkap

Klik:

Luke / Lukas 22:47-53


Luk 22:47 Waktu Yesus masih berbicara datanglah serombongan orang, sedang murid-Nya yang bernama Yudas, seorang dari kedua belas murid itu, berjalan di depan mereka. Yudas mendekati Yesus untuk mencium-Nya.

Luk 22:48 Maka kata Yesus kepadanya: "Hai Yudas, engkau menyerahkan Anak Manusia dengan ciuman?"

Luk 22:49 Ketika mereka, yang bersama-sama dengan Yesus, melihat apa yang akan terjadi, berkatalah mereka: "Tuhan, mestikah kami menyerang mereka dengan pedang?"

Luk 22:50 Dan seorang dari mereka menyerang hamba Imam Besar sehingga putus telinga kanannya.

Luk 22:51 Tetapi Yesus berkata: "Sudahlah itu." Lalu Ia menjamah telinga orang itu dan menyembuhkannya.

Luk 22:52 Maka Yesus berkata kepada imam-imam kepala dan kepala-kepala pengawal Bait Allah serta tua-tua yang datang untuk menangkap Dia, kata-Nya: "Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung?

Luk 22:53 Padahal tiap-tiap hari Aku ada di tengah-tengah kamu di dalam Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku. Tetapi inilah saat kamu, dan inilah kuasa kegelapan itu."


Tafsiran Wycliffe


Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56).

Di sini, Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-hari terakhir kehidupan Yesus.

Seluruh bagian ini harus dipandang dari sudut kematian Kristus, sekalipun tidak seluruh isinya terkait langsung dengan peristiwa tersebut.

Kesengsaraan Kristus merupakan tema yang tersembunyi dari semua perumpamaan, mukjizat dan perdebatan di dalam bagian ini.

Pengkhianatan (22:39-53).

Terdapat perubahan suasana di antara ayat 38 dan 39.

Yesus dan murid-murid-Nya sudah meninggalkan ruangan atas dan kembali ke Bukit Zaitun.

47. Waktu Yesus masih berbicara. Seandainya Yesus memilih untuk meloloskan diri dari Perea, Dia tentu sudah berada di luar jangkauan para musuh-Nya ketika Yudas selesai bernegosiasi.

Penyerahan diri-Nya bersifat sukarela.

48. Menyerahkan Anak Manusia dengan ciuman. Yudas memanfaatkan kebiasaan cara menyambut sahabat di dunia Timur, untuk menandai Yesus sebagai orang yang harus ditangkap.

50. Menyerang ... sehingga putus telinga kanannya. Keempat penulis Injil mencatat, bahwa hamba imam besar itu terluka telinganya, tetapi hanya Yohanes dan Lukas yang menyebutkan, bahwa yang terluka adalah telinga kanan.

Lukas pasti memperoleh informasi ini dari seorang saksi mata.

52. Imam-imam kepala dan kepala-kepala pengawal Bait Allah serta tua-tua. Pasukan yang datang untuk menangkap Yesus mungkin terdiri atas pengawal Bait Suci (Bait Allah), walaupun bahasa yang dipakai oleh Yohanes (18:3, 12) juga bisa diartikan sebagai sekelompok pasukan Romawi.

53. Inilah saat kamu, dan inilah kuasa kegelapan itu. Kegelapan merupakan lambang kekuasaan Iblis (bdg. Ef. 6:12).

Yesus mengakui kemenangan sementara dari Iblis itu, tetapi Ia sudah mengantisipasi kemenangan-Nya sendiri.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel