Lukas 24:36-49: Yesus Menampakkan Diri Kepada Semua Murid

Klik:

Luke / Lukas 24:36-49


Luk 24:36 Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Luk 24:37 Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu.

Luk 24:38 Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu?

Luk 24:39 Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku."

Luk 24:40 Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka.

Luk 24:41 Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: "Adakah padamu makanan di sini?"

Luk 24:42 Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng.

Luk 24:43 Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.

Luk 24:44 Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."

Luk 24:45 Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

Luk 24:46 Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,

Luk 24:47 dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Luk 24:48 Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

Luk 24:49 Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."


Tafsiran Wycliffe


Kebangkitan (24:1-53).

Kisah Lukas tentang kebangkitan berbeda isinya dengan narasi Injil yang lain, walaupun fakta-fakta intinya sama.

Setiap penulis Injil menyebutkan kunjungan para wanita ke makam, tetapi penampakan Tuhan kepada para murid dan di dalam perjalanan menuju Emaus hanya dilaporkan oleh Lukas.

Dia menyajikan tiga episode Kebangkitan; pemberitaan kepada para wanita, perjalanan ke Emaus, dan penampakan di ruang atas.

Dia mengakhiri Injilnya dengan kenaikan Yesus, dari Betania.

36. Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka. Kristus yang sudah bangkit, tampaknya memiliki kemampuan untuk muncul atau menghilang sesuai dengan kehendak hati-Nya.

Tubuh kebangkitan-Nya memiliki kuasa-kuasa yang melebihi berbagai hukum tentang soal biasa.

37. Mereka terkejut dan takut. Jelas mereka tidak menantikan Dia, dan peristiwa ini juga bukan halusinasi.

39. Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku. Luka-luka di tubuh-Nya menunjukkan identitas-Nya sebagai orang yang mereka lihat telah disalibkan.

Rabalah Aku. Hantu tidak akan dapat diraba.

41. Ketika mereka belum percaya karena girangnya. Sikap mereka berubah, namun mukjizat itu masih terlalu sulit untuk dipahami.

43. Ia ... memakannya di depan mata mereka. Hantu tidak makan. Petrus menyebutkan bukti meyakinkan ini, ketika ia memberitakan Injil kepada orang bukan Yahudi (Kis. 10:41).

44. Ia berkata kepada mereka. Penampakan ini bukan penampakan terakhir Yesus, tetapi merupakan penampakan terakhir yang dicatat oleh Lukas sebelum kenaikan-Nya.

Lukas mempergunakannya untuk mengemukakan pesan yang Yesus ingin agar disampaikan kepada dunia oleh murid-muridNya.

Dalam Kitab Taurat Musa dan Kitab Nabi-nabi dan Kitab Mazmur. Tiga pengelompokan Alkitab (PL) menurut kanon Yahudi.

Beberapa Kitab Sejarah termasuk di dalam kelompok Kitab Nabi-nabi, dan Mazmur mencakup Kitab Syair lainnya.

46. Mesias harus menderita dan bangkit. Kedua fakta ini menjadi inti pemberitaan para rasul (bdg. I Kor. 15:3).

47. Pertobatan dan pengampunan dosa merupakan doktrin-doktrin yang ditekankan dalam khotbah pada hari Pentakosta (Kis. 2:38).

Kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Program yang dirumuskan Yesus ini selaras dengan tema dari Kitab kedua Lukas, yakni Kisah Para Rasul (Kis. 1:8).

49. Dijanjikan Bapa-Ku. Tuhan mengacu kepada Roh Kudus yang telah dijanjikan di dalam Yoel 2:28, ayat yang dikutip Petrus pada hari Pentakosta.

Kamu harus tinggal di dalam kota. Seandainya para murid langsung bubar dan pulang ke rumah masing-masing, gerakan itu tentu akan menghilang dan tidak akan ada pengaruh Roh secara gabungan di dunia ini.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel