Roma 15:14-21: Paulus Menjelaskan Dasar-dasar Tulisannya

Klik:

Romans / Roma 15:14-21


Rom 15:14 Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga telah penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk saling menasihati.

Rom 15:15 Namun, karena kasih karunia yang telah dianugerahkan Allah kepadaku, aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu,

Rom 15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

Rom 15:17 Jadi dalam Kristus aku boleh bermegah tentang pelayananku bagi Allah.

Rom 15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan,

Rom 15:19 oleh kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh kuasa Roh. Demikianlah dalam perjalanan keliling dari Yerusalem sampai ke Ilirikum aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.

Rom 15:20 Dan dalam pemberitaan itu aku menganggap sebagai kehormatanku, bahwa aku tidak melakukannya di tempat-tempat, di mana nama Kristus telah dikenal orang, supaya aku jangan membangun di atas dasar, yang telah diletakkan orang lain,

Rom 15:21 tetapi sesuai dengan yang ada tertulis: "Mereka, yang belum pernah menerima berita tentang Dia, akan melihat Dia, dan mereka, yang tidak pernah mendengarnya, akan mengertinya."


Tafsiran Wycliffe


Hal-hal Pribadi dan Perhatian Bagi Pembaca (15:14-16:27).

Kesimpulan Paulus panjang, sebab dia ingin mengemukakan kepada para pembacanya tentang sasaran-sasaran yang dimilikinya sebagai seorang rasul.

Dia ingin agar para pembaca merasa terlibat di dalam pelayanannya.

Bersama dengan salam-salamnya, dia memberikan beberapa pelajaran, peringatan dan ajaran khusus.

Bagian ini jelas sekali menunjukkan, bahwa Kitab Roma ini adalah sebuah surat.

14-15. Sekalipun sang rasul yakin, bahwa orang-orang Kristen di Roma itu sangat baik, dan bahwa mereka telah penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan Kristiani, toh dia tetap harus menulis surat ini untuk mengingatkan mereka akan beberapa kebenaran yang sudah mereka ketahui.

Perhatikan kerendahan hati Paulus.

Alasan pembenaran tindakannya menulis kepada mereka dengan agak berani adalah karena dirinya telah menerima kasih karunia khusus untuk tugas tersebut.

16. Dia memandang kerasulan dirinya kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi sebagai suatu pelayanan imamat, di mana dia mengadakan pelayanan pemberitaan Injil Allah.

Tujuan dari pelayanannya itu adalah agar bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan, sebab persembahan ini telah disucikan oleh Roh Kudus.

17. Karena Paulus telah menerima kasih karunia sebagai rasul, dan karena dia melayani pemberitaan Injil Allah sebagai imam, maka dia dapat menyatakan: Jadi dalam Kristus aku boleh bermegah tentang pelayananku bagi Allah.

18-19. Sekalipun demikian, dia tidak bermegah atas apa yang dilakukan olehnya, tetapi atas apa yang telah dilaksanakan oleh Kristus melalui dia oleh perkataan dan perbuatan, oleh kuasa tanda-tanda dan mukjizat, oleh kuasa Roh.

Tujuannya adalah memimpin bangsa-bangsa bukan Yahudi kepada ketaatan kepada Allah.

Paulus melihat wilayah pelayanannya selama ini sudah meluas dari Yerusalem hingga ke Ilirikum (juga dinamakan Dalmatia, sebuah propinsi Romawi yang terletak di atas Makedonia, membentang sepanjang pantai timur laut Adriatik - atau Yugoslavia saat ini).

20-21. Ambisinya ialah untuk memberitakan Injil di mana Kristus belum dikenal.

Dia melaksanakan kata-kata yang diucapkan oleh Yesaya 52:15, yang mengacu kepada raja-raja.

Tetapi, Paulus menggunakan untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang menjadi percaya ketika mereka mendengar Kabar Baik mengenai Kristus untuk pertama kali.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel