Keluaran 6:14-27: Nenek moyang Musa dan Harun

Nenek moyang Musa dan Harun​.

Setelah belajar perikop Pengutusan Musa, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Nenek moyang Musa dan Harun.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 6:14-27 dengan judul perikop Nenek moyang Musa dan Harun).

Kita belajar perikop Nenek moyang Musa dan Harun ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Nenek moyang Musa dan Harun (Kitab Keluaran 6:14-27)


Exo 6:14 (6-13) Inilah para kepala kaum keluarga mereka: Anak-anak Ruben anak sulung Israel: Henokh, Palu, Hezron dan Karmi; itulah kaum-kaum Ruben.

13. Kaum keluarga. Yang dimaksudkan adalah keluarga yang berasal dari satu leluhur.

"Keluarga" bisa berarti seluruh suku, tetapi pada umumnya yang dimaksudkan adalah kelompok kekerabatan yang besar atau klan. Jadi, Henokh, Palu, Hezron dan Karmi adalah para leluhur, kepala, dari empat klan utama dari suku Ruben.

Exo 6:15 (6-14) Anak-anak Simeon: Yemuel, Yamin, Ohad, Yakhin, Zohar, dan Saul, anak seorang perempuan Kanaan; itulah kaum-kaum Simeon.

Exo 6:16 (6-15) Inilah nama anak-anak Lewi menurut urutan kelahirannya: Gerson, Kehat dan Merari. Umur Lewi seratus tiga puluh tujuh tahun.

Exo 6:17 (6-16) Anak-anak Gerson: Libni dan Simei, menurut kaum mereka.

Exo 6:18 (6-17) Anak-anak Kehat: Amram, Yizhar, Hebron dan Uziel. Umur Kehat seratus tiga puluh tiga tahun.


17. Amram putra Kehat merupakan leluhur dari Amran ayah Musa (ay. 19).

Exo 6:19 (6-18) Anak-anak Merari: Mahli dan Musi. Itulah kaum-kaum Lewi menurut urutannya.

Exo 6:20 (6-19) Dan Amram mengambil Yokhebed, saudara ayahnya, menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan Harun dan Musa baginya. Umur Amram seratus tiga puluh tujuh tahun.

Exo 6:21 (6-20) Anak-anak Yizhar: Korah, Nefeg dan Zikhri.

Exo 6:22 (6-21) Anak-anak Uziel: Misael, Elsafan dan Sitri.

Exo 6:23 (6-22) Dan Harun mengambil Eliseba, anak perempuan Aminadab, saudara perempuan Nahason, menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan baginya Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar.

Exo 6:24 (6-23) Anak-anak Korah: Asir, Elkana dan Abiasaf; itulah kaum-kaum orang Korah.

Exo 6:25 (6-24) Eleazar, anak Harun, mengambil salah seorang anak perempuan Putiel menjadi isterinya dan perempuan ini melahirkan Pinehas baginya. Itulah para kepala kaum keluarga orang Lewi menurut kaum mereka.

Exo 6:26 (6-25) Itulah Harun dan Musa, yang diperintahkan TUHAN: "Bawalah orang Israel keluar dari tanah Mesir menurut pasukan mereka."

Exo 6:27 (6-26) Merekalah yang berbicara kepada Firaun, raja Mesir, supaya mereka membawa orang Israel keluar dari Mesir. Itulah Musa dan Harun.


26. Musa dan Harun. Sebagai anak yang lebih tua (bdg. 7:7), Harun disebutkan dulu dalam daftar keturunan (ay. 25); tetapi sebagai pemimpin yang ditetapkan Allah, Musa disebutkan dulu ketika cerita berlanjut.

Perikop Selanjutnya: Musa menghadap Firaun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel