Keluaran 30:17-21: Mengenai Bejana Pembasuhan

Mengenai Bejana Pembasuhan​.

Setelah belajar perikop Mengenai Persembahan Khusus Pada Waktu Pendaftaran Orang Israel, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Mengenai Bejana Pembasuhan.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 30:17-21 dengan judul perikop Mengenai Bejana Pembasuhan).

Kita belajar perikop Mengenai Bejana Pembasuhan ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Mengenai Bejana Pembasuhan (Kitab Keluaran 30:17-21)


Exo 30:17 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:

Exo 30:18 "Haruslah engkau membuat bejana dan juga alasnya dari tembaga, untuk pembasuhan, dan kautempatkanlah itu antara Kemah Pertemuan dan mezbah, dan kautaruhlah air ke dalamnya.

Exo 30:19 Maka Harun dan anak-anaknya haruslah membasuh tangan dan kaki mereka dengan air dari dalamnya.

Exo 30:20 Apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan, haruslah mereka membasuh tangan dan kaki dengan air, supaya mereka jangan mati. Demikian juga apabila mereka datang ke mezbah itu untuk menyelenggarakan kebaktian dan untuk membakar korban api-apian bagi TUHAN,

Exo 30:21 haruslah mereka membasuh tangan dan kaki mereka, supaya mereka jangan mati. Itulah yang harus menjadi ketetapan bagi mereka untuk selama-lamanya, bagi dia dan bagi keturunannya turun-temurun."


Bejana Pembasuhan (30:17-21).

Bejana ini merupakan sebuah tempat untuk menampung air yang diletakkan di antara mezbah tembaga dan Kemah Suci, sebagai tempat para imam bisa mencuci tangan dan kaki mereka sebelum masuk ke dalam Tempat Kudus.

Tidak disebutkan mengenai bentuk atau ukuran dari bejana ini.

Melalui bejana ini, kebutuhan untuk membersihkan diri setiap hari bagi orang-orang yang melayani Tuhan, bukan sekadar dianjurkan, namun dituntut (ay. 20).

Perikop Selanjutnya: Mengenai Minyak Urapan Yang Kudus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel