Keluaran 30:11-16: Mengenai Persembahan Khusus Pada Waktu Pendaftaran Orang Israel

Mengenai Persembahan Khusus Pada Waktu Pendaftaran Orang Israel​.

Setelah belajar perikop Mengenai Mezbah Pembakaran Ukupan, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Mengenai Persembahan Khusus Pada Waktu Pendaftaran Orang Israel.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 30:11-16 dengan judul perikop Mengenai Persembahan Khusus Pada Waktu Pendaftaran Orang Israel).

Kita belajar perikop Mengenai Persembahan Khusus Pada Waktu Pendaftaran Orang Israel ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Mengenai Persembahan Khusus Pada Waktu Pendaftaran Orang Israel (Kitab Keluaran 30:11-16)


Exo 30:11 TUHAN berfirman kepada Musa:

Exo 30:12 "Apabila engkau menghitung jumlah orang Israel pada waktu mereka didaftarkan, maka haruslah mereka masing-masing mempersembahkan kepada TUHAN uang pendamaian karena nyawanya, pada waktu orang mendaftarkan mereka, supaya jangan ada tulah di antara mereka pada waktu pendaftarannya itu.

Exo 30:13 Inilah yang harus dipersembahkan tiap-tiap orang yang akan termasuk orang-orang yang terdaftar itu: setengah syikal, ditimbang menurut syikal kudus--syikal ini dua puluh gera beratnya--;setengah syikal itulah persembahan khusus kepada TUHAN.

Exo 30:14 Setiap orang yang akan termasuk orang-orang yang terdaftar itu, yang berumur dua puluh tahun ke atas, haruslah mempersembahkan persembahan khusus itu kepada TUHAN.

Exo 30:15 Orang kaya janganlah mempersembahkan lebih dan orang miskin janganlah mempersembahkan kurang dari setengah syikal itu pada waktu dipersembahkan persembahan khusus itu kepada TUHAN untuk mengadakan pendamaian bagi nyawa kamu sekalian.

Exo 30:16 Dan haruslah engkau memungut uang pendamaian itu dari orang Israel dan menggunakannya untuk ibadah dalam Kemah Pertemuan; supaya itu menjadi peringatan di hadapan TUHAN untuk mengingat kepada orang Israel dan untuk mengadakan pendamaian bagi nyawa kamu sekalian."


Uang Tebusan (30:11-16).

Setiap orang Israel yang usianya dua puluh tahun ke atas (ay. 14), diwajibkan untuk membayar setengah syikal kepada Yehovah sebagai pendamaian bagi nyawa kamu (ay. 15).

"persembahan tersebut bukan sebuah upeti biasa . . . yang harus dibayar Israel kepada Yehovah selaku Raja mereka, tetapi sebuah tindakan yang dituntut oleh kekudusan perjanjian teokratis. Sebagai pendamaian bagi jiwa, tindakan ini menunjuk kepada ketidaksucian sifat Israel, dan senantiasa mengingatkan bangsa itu bahwa pada dasarnya mereka terasing dari Allah, dan dapat tinggal di dalam hubungan perjanjian dengan Allah dan hidup di dalam KerajaanNya hanya karena kasih karunia-Nya yang menutupi dosa mereka. Sesudah sifat dosa ini dikuduskan melalui suatu pendamaian yang sempurna, dan perhambaan mereka di bawah hukum Taurat telah diubah sepenuhnya menjadi kedudukan sebagai anak yang untuk itu Israel dipanggil ... barulah Israel selaku anak kerajaan tidak perlu lagi membayar uang pendamaian ini bagi jiwa mereka" (KD: bdg. Mat. 17:25, 26).

Perikop Selanjutnya: Mengenai Bejana Pembasuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel