Keluaran 30:22-33: Mengenai Minyak Urapan Yang Kudus

Mengenai Minyak Urapan Yang Kudus​.

Setelah belajar perikop Mengenai Bejana Pembasuhan, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Mengenai Minyak Urapan Yang Kudus.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 30:22-33 dengan judul perikop Mengenai Minyak Urapan Yang Kudus).

Kita belajar perikop Mengenai Minyak Urapan Yang Kudus ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Mengenai Minyak Urapan Yang Kudus (Kitab Keluaran 30:22-33)


Exo 30:22 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:

Exo 30:23 "Ambillah rempah-rempah pilihan, mur tetesan lima ratus syikal, dan kayu manis yang harum setengah dari itu, yakni dua ratus lima puluh syikal, dan tebu yang baik dua ratus lima puluh syikal,

Exo 30:24 dan kayu teja lima ratus syikal, ditimbang menurut syikal kudus, dan minyak zaitun satu hin.

Exo 30:25 Haruslah kaubuat semuanya itu menjadi minyak urapan yang kudus, suatu campuran rempah-rempah yang dicampur dengan cermat seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah; itulah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus.

Exo 30:26 Haruslah engkau mengurapi dengan itu Kemah Pertemuan dan tabut hukum,

Exo 30:27 meja dengan segala perkakasnya, kandil dengan perkakasnya, dan mezbah pembakaran ukupan;

Exo 30:28 mezbah korban bakaran dengan segala perkakasnya, bejana pembasuhan dengan alasnya.

Exo 30:29 Haruslah kaukuduskan semuanya, sehingga menjadi maha kudus; setiap orang yang kena kepadanya akan menjadi kudus.

Exo 30:30 Engkau harus juga mengurapi dan menguduskan Harun dan anak-anaknya supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku.

Exo 30:31 Dan kepada orang Israel haruslah kaukatakan demikian: Inilah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus bagi-Ku di antara kamu turun-temurun.

Exo 30:32 Kepada badan orang biasa janganlah minyak itu dicurahkan, dan janganlah kaubuat minyak yang semacam itu dengan memakai campuran itu juga: itulah minyak yang kudus, dan haruslah itu kudus bagimu.

Exo 30:33 Orang yang mencampur rempah-rempah menjadi minyak yang semacam itu atau yang membubuhnya pada badan orang awam, haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya."


Minyak Urapan yang Kudus (30:22-33).

Minyak yang harum, dicampur menurut sebuah resep yang khusus, harus disediakan untuk pengurapan dalam sakramen.

Untuk menandai kekudusan dari segala sesuatu yang dikhususkan bagi Tuhan, maka pemakaian minyak ini untuk keperluan lain, tidak diperbolehkan (ay. 33).

Mur (ay. 23; Authorized Version, mur murni). Balsam yang cair.

Lima ratus syikal. Sekitar enam belas pon.

Kayu manis yang harum merupakan rempah-rempah yang jarang didapat dan sangat berharga pada waktu itu.

Tebu. Sejenis tebu yang harum baunya, mungkin jenis yang sama dengan jenis tebu yang pada zaman klasik di Propa dahulu diperoleh dari India.

Kayu teja (ay. 24). Sejenis kayu manis.

Seluruhnya berjumlah sekitar empat puluh delapan pon rempah-rempah, dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk, dicampur dengan minyak zaitun sebanyak satu setengah galon untuk kemudian dicampur seperti yang dilakukan seorang Juru minyak wangi (ay. 25; Revised Standard Version).

Perikop Selanjutnya: Mengenai Ukupan Yang Kudus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel