Keluaran 18:13-27: Pengangkatan Hakim-hakim

Pengangkatan Hakim-hakim​.

Setelah belajar perikop Yitro Mengunjungi Musa, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Pengangkatan Hakim-hakim.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 18:13-27 dengan judul perikop Pengangkatan Hakim-hakim).

Kita belajar perikop Pengangkatan Hakim-hakim ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Pengangkatan Hakim-hakim (Kitab Keluaran 18:13-27)


Exo 18:13 Keesokan harinya duduklah Musa mengadili di antara bangsa itu; dan bangsa itu berdiri di depan Musa, dari pagi sampai petang.

Exo 18:14 Ketika mertua Musa melihat segala yang dilakukannya kepada bangsa itu, berkatalah ia: "Apakah ini yang kaulakukan kepada bangsa itu? Mengapakah engkau seorang diri saja yang duduk, sedang seluruh bangsa itu berdiri di depanmu dari pagi sampai petang?"

Exo 18:15 Kata Musa kepada mertuanya itu: "Sebab bangsa ini datang kepadaku untuk menanyakan petunjuk Allah.


15. Menanyakan petunjuk Allah. Keputusan-keputusan Musa, serta ketetapan-ketetapan yang melandasi semua keputusan tersebut, seluruhnya berasal dari Yehovah.

Exo 18:16 Apabila ada perkara di antara mereka, maka mereka datang kepadaku dan aku mengadili antara yang seorang dan yang lain; lagipula aku memberitahukan kepada mereka ketetapan-ketetapan dan keputusan-keputusan Allah."

Exo 18:17 Tetapi mertua Musa menjawabnya: "Tidak baik seperti yang kaulakukan itu.

Exo 18:18 Engkau akan menjadi sangat lelah, baik engkau baik bangsa yang beserta engkau ini; sebab pekerjaan ini terlalu berat bagimu, takkan sanggup engkau melakukannya seorang diri saja.

Exo 18:19 Jadi sekarang dengarkanlah perkataanku, aku akan memberi nasihat kepadamu dan Allah akan menyertai engkau. Adapun engkau, wakililah bangsa itu di hadapan Allah dan kauhadapkanlah perkara-perkara mereka kepada Allah.

Exo 18:20 Kemudian haruslah engkau mengajarkan kepada mereka ketetapan-ketetapan dan keputusan-keputusan, dan memberitahukan kepada mereka jalan yang harus dijalani, dan pekerjaan yang harus dilakukan.

Exo 18:21 Di samping itu kaucarilah dari seluruh bangsa itu orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap; tempatkanlah mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang.


21. Pemimpin seribu orang. Paling baik untuk menganggap ini sebagai berarti "seribu" keluarga dan bukan seribu orang, jadi mengikuti pembagian menurut suku.

Driver menganggap gagasan ini tidak praktis, sebab dengan demikian, seorang akan tunduk kepada empat hakim yang berbeda (Cambridge Bible).

Tetapi diperkirakan bahwa berbagai kategori ini berfungsi sebagai pengadilan yang lebih tinggi dan pengadilan yang lebih rendah.

Sebagian besar persoalan akan diselesaikan, seperti di dalam masyarakat kita, oleh pengadilan yang lebih rendah, "pemimpin sepuluh orang".

Exo 18:22 Dan sewaktu-waktu mereka harus mengadili di antara bangsa; maka segala perkara yang besar haruslah dihadapkan mereka kepadamu, tetapi segala perkara yang kecil diadili mereka sendiri; dengan demikian mereka meringankan pekerjaanmu, dan mereka bersama-sama dengan engkau turut menanggungnya.

Exo 18:23 Jika engkau berbuat demikian dan Allah memerintahkan hal itu kepadamu, maka engkau akan sanggup menahannya, dan seluruh bangsa ini akan pulang dengan puas senang ke tempatnya."

Exo 18:24 Musa mendengarkan perkataan mertuanya itu dan dilakukannyalah segala yang dikatakannya.


24. Musa mendengarkan. Musa telah dikecam atas tindakannya tersebut.

Tetapi, Yitro telah memperkuat usulannya tersebut dengan mengatakan: "Allah memerintahkan hal itu kepadamu", sehingga dapat diduga, bahwa Musa juga telah menanyakan hal tersebut kepada Tuhan.

Lagi pula, tidak disebutkan bahwa Allah menegur Musa.

Di dalam Ulangan 1:15, Musa menerangkan bagaimana para hakim dipilih dari antara para pemimpin berbagai suku, yaitu dari antara orang-orang yang bijaksana dan berpengalaman.

Exo 18:25 Dari seluruh orang Israel Musa memilih orang-orang cakap dan mengangkat mereka menjadi kepala atas bangsa itu, menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang.

Exo 18:26 Mereka ini mengadili di antara bangsa itu sewaktu-waktu; perkara-perkara yang sukar dihadapkan mereka kepada Musa, tetapi perkara-perkara yang kecil diadili mereka sendiri.

Exo 18:27 Kemudian Musa membiarkan mertuanya itu pergi dan ia pulang ke negerinya.


Perikop Selanjutnya: Tuhan Menampakkan Diri di Gunung Sinai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel