Imamat 23: Hari-hari Raya

Hari-hari Raya​.

Setelah belajar perikop Kudusnya Kebaktian Korban dari Kitab Imamat, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Hari-hari Raya.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Imamat (Leviticus 23 dengan judul perikop Hari-hari Raya).

Kita belajar perikop Hari-hari Raya ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Hari-hari Raya (Kitab Imamat 23)


Lev 23:1 TUHAN berfirman kepada Musa:

Lev 23:2 "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Hari-hari raya yang ditetapkan TUHAN yang harus kamu maklumkan sebagai waktu pertemuan kudus, waktu perayaan yang Kutetapkan, adalah yang berikut.


Penggunaan Hari Secara Kudus (23:1-44).

Hari-hari dan periode tertentu harus dikhususkan untuk Tuhan. Pasal ini menyebutkan saat-saat tersebut.

2. Hari-hari raya yang ditetapkan Tuhan. Hari-hari raya tersebut adalah berbagai "pertemuan kudus" atau perkumpulan religius yang dikhususkan bagi Tuhan serta secara khusus dirayakan untuk Dia di dalam rangka merayakan tahap tertentu di dalam kehidupan religius Israel.

Mo'ed, yaitu kata yang diterjemahkan menjadi perayaan, artinya saat yang ditentukan, saat perayaan, sebuah pertemuan, dan berasal dari kata kerja ya'ad yang artinya: ditetapkan, bertemu sesuai dengan janji.

Lev 23:3 Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, yakni hari pertemuan kudus; janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan; itulah sabat bagi TUHAN di segala tempat kediamanmu.

3. Istilah perhentian penuh, shabbat shabbãtôn berasal dari kata shãbbat yang artinya: berhenti, beristirahat, mengakhiri.

Sebagaimana yang tampak, menghormati sabat menunjukkan adanya enam hari kerja.

Hari perhentian ini kemudian juga disebut sebagai sabat bagi TUHAN, maksudnya: ditetapkan oleh dan dikhususkan untuk Dia.

Asal usulnya, sebagaimana dikemukakan dalam Kejadian 2:2-3, menghubungkan hari itu dengan penciptaan dunia ini oleh Allah, di mana hari itu mempunyai kedudukan sangat penting dalam penciptaan, sehingga menghormati sabat adalah sesuatu yang wajib.

Markus 2:27 tidak bisa dipergunakan untuk mengurangi unsur wajib ini. "Sabat dibuat untuk manusia" sebab manusia mutlak perlu memiliki satu hari perhentian dan menghormatinya dengan sikap yang benar.

Lev 23:4 Inilah hari-hari raya yang ditetapkan TUHAN, hari-hari pertemuan kudus, yang harus kamu maklumkan masing-masing pada waktunya yang tetap.

Lev 23:5 Dalam bulan yang pertama, pada tanggal empat belas bulan itu, pada waktu senja, ada Paskah bagi TUHAN.


5. Bulan yang pertama ialah Abib (kemudian disebut Nisan seperti dalam Neh. 2:1 dan Est. 3:7). Bulan ini kurang lebih sama dengan akhir Maret dan awal April dalam tahun kita.

Rincian tentang Perayaan Paskah dan Perayaan Roti Tidak Beragi dapat ditemukan dalam Keluaran 12. Di sini yang dikemukakan hanyalah garis besarnya saja.

Lev 23:6 Dan pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya Roti Tidak Beragi bagi TUHAN; tujuh hari lamanya kamu harus makan roti yang tidak beragi.

6. Roti tidak beragi dinamakan massa, dengan bentuk jamak, massôt, yang hingga dewasa ini masih merupakan nama bagi kue-kue tidak beragi yang dijual untuk pelaksanaan perayaan ini oleh orang Yahudi.

Lev 23:7 Pada hari yang pertama kamu harus mengadakan pertemuan kudus, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.

7. Pekerjaan berat rupanya adalah pekerjaan tertentu yang berhubungan dengan pertanian dan pekerjaan tetap lainnya. Bahwa mempersiapkan makanan diizinkan ditunjukkan dalam Keluaran 12:16.

Lev 23:8 Kamu harus mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN tujuh hari lamanya; pada hari yang ketujuh haruslah ada pertemuan kudus, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat."

8. Korban api-apian. Bilangan 28:19 dan seterusnya memberikan rincian dari pelaksanaan upacara ini.

Lev 23:9 TUHAN berfirman kepada Musa:

Lev 23:10 "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila kamu sampai ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu, dan kamu menuai hasilnya, maka kamu harus membawa seberkas hasil pertama dari penuaianmu kepada imam,

Lev 23:11 dan imam itu haruslah mengunjukkan berkas itu di hadapan TUHAN, supaya TUHAN berkenan akan kamu. Imam harus mengunjukkannya pada hari sesudah sabat itu.

Lev 23:12 Pada hari kamu mengunjukkan berkas itu kamu harus mempersembahkan seekor domba berumur setahun yang tidak bercela, sebagai korban bakaran bagi TUHAN,


10. Apabila kamu sampai ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu. Perintah ini memandang ke depan ke masa di mana orang Israel sendiri akan menanam gandum di Negeri Yang Dijanjikan.

Berkas, 'õmer, adalah untuk padi-padian, tetapi tidak disebutkan apakah gandum atau jenis lainnya.

Persembahan tersebut harus diangkat oleh imam dan diarahkan kepada mezbah lalu dialihkan dari mezbah. Ini berarti persembahan tersebut dilambaikan. Maknanya adalah bahwa persembahan tersebut diserahkan kepada Tuhan lalu diterima kembali.

Hari khusus untuk persembahan tersebut, pada hari sesudah sabat (ay. 11) tidak jelas, sebab hari yang ketujuh bukanlah satu-satunya hari yang disebut hari sabat.

Hari Pendamaian juga disebut demikian (16:31; 23:32) terlepas dari hari apa minggu itu perayaan tersebut dilaksanakan. Hal yang sama juga berlaku pada hari pertama dari Perayaan Roti Tidak Beragi. Hari tersebut merupakan hari perhentian, shabbat.

Sangat mungkin bahwa persembahan hasil pertama harus dibawa kepada imam pada hari sesudah hari pertama Perayaan Roti Tidak Beragi. Hal ini berarti tanggal enam belas bulan Abib (bdg. ay. 6).

Dengan demikian, perayaan ini menggambarkan kebangkitan Kristus sebagai buah sulung dari antara orang mati (I Kor. 15:23; Rm. 8:29).

Lev 23:13 serta dengan korban sajiannya dari dua persepuluh efa tepung yang terbaik, diolah dengan minyak, sebagai korban api-apian bagi TUHAN yakni bau yang menyenangkan, serta dengan korban curahannya dari seperempat hin anggur.

13. Dua persepuluh mengacu kepada dua persepuluh dari satu efa, sedangkan seperempat hin jumlahnya kurang lebih sama dengan satu setengah liter.

Lev 23:14 Sampai pada hari itu juga janganlah kamu makan roti, atau bertih gandum atau gandum baru, sampai kamu telah membawa persembahan Allahmu; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu turun-temurun di segala tempat kediamanmu.

9-14. Berbagai Pengarahan Tentang Mempersembahkan Hasil Pertama. Bandingkan Ulangan 26:2 dan seterusnya.

Lev 23:15 Kemudian kamu harus menghitung, mulai dari hari sesudah sabat itu, yaitu waktu kamu membawa berkas persembahan unjukan, harus ada genap tujuh minggu;

15. Hari sesudah sabat itu. Lihat tafsiran atas 23:11.

Lev 23:16 sampai pada hari sesudah sabat yang ketujuh kamu harus hitung lima puluh hari; lalu kamu harus mempersembahkan korban sajian yang baru kepada TUHAN.

16. Kamu harus hitung lima puluh hari. Di ayat 15 perintahnya adalah menghitung sampai tujuh minggu (sehingga dinamakan Perayaan Tujuh Minggu) ditambah satu hari ("hari sesudah sabat itu") sehingga jumlah seluruhnya adalah lima puluh hari.

Persembahan tersebut merupakan persembahan kurban sajian yang baru sebab diambil dari panen yang baru.

Lev 23:17 Dari tempat kediamanmu kamu harus membawa dua buah roti unjukan yang harus dibuat dari dua persepuluh efa tepung yang terbaik dan yang dibakar sesudah dicampur dengan ragi sebagai hulu hasil bagi TUHAN.

17. Dibakar sesudah dicampur dengan ragi. Bandingkan tafsiran atas 23:13. Ini merupakan satu-satunya persembahan sajian yang dibuat dengan ragi.

Sangat mungkin dibuat demikian supaya hasilnya bisa dipersembahkan kepada Tuhan dalam keadaan yang akan bermanfaat dan bisa dinikmati oleh bangsa itu.

Lev 23:18 Beserta roti itu kamu harus mempersembahkan tujuh ekor domba berumur setahun yang tidak bercela dan seekor lembu jantan muda dan dua ekor domba jantan; semuanya itu haruslah menjadi korban bakaran bagi TUHAN, serta dengan korban sajiannya dan korban-korban curahannya, suatu korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

Lev 23:19 Kemudian kamu harus mempersembahkan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa, dan dua ekor domba yang berumur setahun sebagai korban keselamatan.

Lev 23:20 Imam harus mengunjukkan semuanya beserta roti hulu hasil itu sebagai persembahan unjukan di hadapan TUHAN, beserta kedua ekor domba itu. Semuanya itu haruslah menjadi persembahan kudus bagi TUHAN dan adalah bagian imam.


18-20. Kurban bakaran, . . . kurban penghapus dosa dan kurban penebus salah harus dipersembahkan pada saat ini.

"Dengan demikian seluruh panen tahun tersebut diletakkan di bawah curahan berkat kemurahan Tuhan melalui pengudusan pada pembukaan dan penutupan masa panen; dan melalui itu semua makanan sehari-hari mereka ikut dikuduskan" (KD, Pentateuch, II:444).

Lev 23:21 Pada hari itu juga kamu harus mengumumkan hari raya dan kamu harus mengadakan pertemuan kudus, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya di segala tempat kediamanmu turun-temurun.

Lev 23:22 Pada waktu kamu menuai hasil tanahmu, janganlah kausabit ladangmu habis-habis sampai ke tepinya dan janganlah kaupungut apa yang ketinggalan dari penuaianmu, semuanya itu harus kautinggalkan bagi orang miskin dan bagi orang asing; Akulah TUHAN, Allahmu."


22. Semuanya itu harus kautinggalkan bagi orang miskin. Bandingkan 19:9, 10. Mengucap syukur kepada Tuhan sering kali dapat paling bagus ditunjukkan dalam perbuatan kemurahan bagi orang yang kurang beruntung.

15-22. Berbagai Perintah Mengenai Pelaksanaan Hari Raya Tujuh Minggu. Bandingkan Keluaran 34:22. Juga dikenal sebagai Hari Raya Menuai (Kel. 23:16).

Istilah "Pentakosta" yang ditemukan di Kisah Para Rasul 2:1; 20:16; I Korintus 16:8 berasal dari istilah Yunani, pentekoste, yang artinya (hari) kelima puluh. Hari Raya Tujuh Minggu kemudian dikenal sebagai Hari Raya Pentakosta.

Lev 23:23 TUHAN berfirman kepada Musa:

Lev 23:24 "Katakanlah kepada orang Israel, begini: Dalam bulan yang ketujuh, pada tanggal satu bulan itu, kamu harus mengadakan hari perhentian penuh yang diperingati dengan meniup serunai, yakni hari pertemuan kudus.

Lev 23:25 Janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat dan kamu harus mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN."


24-25. Dalam bulan yang ketujuh. Pada hari pertama pada bulan ketujuh orang Israel harus mengadakan suatu hari perhentian (shabbat), meniup nafiri (mungkin tanduk kambing jantan atau shopar), mengadakan pertemuan agama (ay. 24) dan mempersembahkan kurban api-apian.

Semua ini mengkhususkan seluruh bulan ketujuh sebagai bulan sabat, penting bukan hanya karena urutannya saja melainkan juga karena itu merupakan bulan ketika mana Israel menerima pengampunan atas dosa-dosa mereka.

Pada zaman Perjanjian Lama bulan ini disebut bulan Etanim (I Raj. 8:2), namun kemudian dinamakan Tisri.

Lev 23:26 TUHAN berfirman kepada Musa:

Lev 23:27 "Akan tetapi pada tanggal sepuluh bulan yang ketujuh itu ada hari Pendamaian; kamu harus mengadakan pertemuan kudus dan harus merendahkan diri dengan berpuasa dan mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN.


27. Hari yang ditentukan sebagai Hari Pendamaian ialah tanggal 10 bulan Etanim (Tisri).

Lev 23:28 Pada hari itu janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan; itulah hari Pendamaian untuk mengadakan pendamaian bagimu di hadapan TUHAN, Allahmu.

Lev 23:29 Karena setiap orang yang pada hari itu tidak merendahkan diri dengan berpuasa, haruslah dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya.

Lev 23:30 Setiap orang yang melakukan sesuatu pekerjaan pada hari itu, orang itu akan Kubinasakan dari tengah-tengah bangsanya.

Lev 23:31 Janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagimu turun-temurun di segala tempat kediamanmu.

Lev 23:32 Itu harus menjadi suatu sabat, hari perhentian penuh bagimu, dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Mulai pada malam tanggal sembilan bulan itu, dari matahari terbenam sampai matahari terbenam, kamu harus merayakan sabatmu."


32. Hari dalam perhitungan Yahudi berlangsung dari matahari terbenam sampai matahari terbenam.

26-32. Berbagai Perintah Tentang Hari Pendamaian. Bandingkan 16:1-34.

Lev 23:33 TUHAN berfirman kepada Musa:

Lev 23:34 "Katakanlah kepada orang Israel, begini: Pada hari yang kelima belas bulan yang ketujuh itu ada hari raya Pondok Daun bagi TUHAN tujuh hari lamanya.


34. Pondok Daun. Kata Ibrani, Sukkot: pondok.

Perayaan ini harus dilaksanakan sepanjang tujuh hari, dimulai pada tanggal lima belas dari bulan ketujuh, maksudnya: lima hari sesudah Hari Pendamaian.

Lev 23:35 Pada hari yang pertama haruslah ada pertemuan kudus, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.

Lev 23:36 Tujuh hari lamanya kamu harus mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN, dan pada hari yang kedelapan kamu harus mengadakan pertemuan kudus dan mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN. Itulah hari raya perkumpulan, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.


36. Berbagai tindakan seperti asenet atau pertemuan kudus, memang harus dilaksanakan pada hari kedelapan, namun upacara ini merupakan penutup perayaan.

Perayaan Pondok Daun mengingatkan mereka akan masa perjalanan bangsa Israel di padang gurun Sinai ketika Tuhan membawa mereka keluar dari perbudakan di Mesir (ay. 43).

33-36. Berbagai Perintah Mengenai Upacara Hari Raya Pondok Daun.

Lev 23:37 Itulah hari-hari raya yang ditetapkan TUHAN, yang harus kamu maklumkan sebagai hari pertemuan kudus untuk mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN, yaitu korban bakaran dan korban sajian, korban sembelihan dan korban-korban curahan, setiap hari sebanyak yang ditetapkan untuk hari itu,

Lev 23:38 belum termasuk hari-hari Sabat TUHAN dan belum termasuk persembahan-persembahan atau segala korban nazarmu atau segala korban sukarelamu, yang kamu hendak persembahkan kepada TUHAN.


37-38. Itulah hari-hari raya yang ditetapkan Tuhan. Pernyataan penutup yang memandang kembali ke bagian pembukaan di 23:4.

Ayat-ayat sebelumnya dalam pasal ini menyebutkan sejumlah hari raya (kudus) yang harus dirayakan di samping kurban, persembahan dan hari-hari raya (kudus) lainnya yang sudah disebutkan di bagian lain.

Lev 23:39 Akan tetapi pada hari yang kelima belas bulan yang ketujuh itu pada waktu mengumpulkan hasil tanahmu, kamu harus mengadakan perayaan bagi TUHAN tujuh hari lamanya; pada hari yang pertama haruslah ada perhentian penuh dan juga pada hari yang kedelapan harus ada perhentian penuh.

39. Kamu harus mengadakan perayaan bagi Tuhan. Sebuah gambaran yang lebih lengkap tentang Perayaan Pondok Daun diberikan di bagian sisa pasal ini.

Di Keluaran 23:16; 34:12 perayaan ini dinamakan "hari raya pengumpulan hasil" (hag ha'asip, dari asap, "mengumpulkan atau menjadikan satu") dan di dalam ayat ini disebutkan tentang saat orang Israel mengumpulkan hasil tanahmu.

Lev 23:40 Pada hari yang pertama kamu harus mengambil buah-buah dari pohon-pohon yang elok, pelepah-pelepah pohon-pohon korma, ranting-ranting dari pohon-pohon yang rimbun dan dari pohon-pohon gandarusa dan kamu harus bersukaria di hadapan TUHAN, Allahmu, tujuh hari lamanya.

40. Bandingkan Nehemia 8:15. Buah-buah dari pohon yang elok secara harfiah ialah buah (peri; demikian Revised Standard Version), sekalipun Keil dan Delitzsch beranggapan bahwa "buah" di sini mengacu kepada "semua tunas dan cabang dari sebuah pohon maupun bunga dan buah yang keluar darinya" (Pentateuch, II:448).

Kata yang diterjemahkan menjadi ranting berasal dari kata anap yang secara khusus artinya: tunas atau cabang.

Dengan berbagai jenis cabang atau ranting inilah orang Israel membangun pondok-pondok yang disebutkan pada 23:42.

Lev 23:41 Kamu harus merayakannya sebagai perayaan bagi TUHAN tujuh hari lamanya dalam setahun; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagimu turun-temurun. Dalam bulan yang ketujuh kamu harus merayakannya.

Lev 23:42 Di dalam pondok-pondok daun kamu harus tinggal tujuh hari lamanya, setiap orang asli di Israel haruslah tinggal di dalam pondok-pondok daun,

Lev 23:43 supaya diketahui oleh keturunanmu, bahwa Aku telah menyuruh orang Israel tinggal di dalam pondok-pondok selama Aku menuntun mereka sesudah keluar dari tanah Mesir, Akulah TUHAN, Allahmu."

Lev 23:44 Demikianlah Musa menyampaikan kepada orang Israel firman tentang hari-hari raya yang ditetapkan TUHAN.


43. Aku telah menyuruh orang Israel tinggal di dalam pondok-pondok. Pelaksanaan perayaan khusus ini bukanlah untuk mengingatkan mereka akan segenap penderitaan yang mereka alami selama pengembaraan di padang gurun.

Perayaan ini justru dimaksudkan untuk membuat mereka ingat akan segala yang disediakan Khalik dan Pelepas mereka pada masa yang paling sulit dalam sejarah mereka itu, yaitu kelahiran bangsa Ibrani sebagai hasil dari turun tangannya Tuhan Allah mereka secara langsung.

Perikop Selanjutnya: Minyak Untuk Lampu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel