Imamat 22: Kudusnya Kebaktian Korban

Kudusnya Kebaktian Korban​.

Setelah belajar perikop Kudusnya Para Imam dari Kitab Imamat, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Kudusnya Kebaktian Korban.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Imamat (Leviticus 22 dengan judul perikop Kudusnya Kebaktian Korban).

Kita belajar perikop Kudusnya Kebaktian Korban ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Kudusnya Kebaktian Korban (Kitab Imamat 22)


Lev 22:1 TUHAN berfirman kepada Musa:

Lev 22:2 "Katakanlah kepada Harun dan anak-anaknya, supaya mereka berlaku hati-hati terhadap persembahan-persembahan kudus yang dikuduskan orang Israel bagi-Ku, agar jangan mereka melanggar kekudusan nama-Ku yang kudus; Akulah TUHAN.

Lev 22:3 Katakanlah kepada mereka: Setiap orang di antara kamu turun-temurun, yakni dari antara segala keturunanmu yang datang mendekat kepada persembahan-persembahan kudus yang dikuduskan orang Israel bagi TUHAN, sedang ia dalam keadaan najis, maka orang itu akan dilenyapkan dari hadapan-Ku; Akulah TUHAN.

Lev 22:4 Seseorang dari keturunan Harun yang sakit kusta atau yang mengeluarkan lelehan, janganlah memakan persembahan-persembahan kudus, sebelum ia menjadi tahir; dan orang yang kena kepada sesuatu yang najis karena orang mati atau orang yang tertumpah maninya

Lev 22:5 atau orang yang kena kepada seekor binatang yang merayap yang menajiskan dia atau kepada salah seorang manusia yang menajiskan dia, dengan kenajisan apapun ia menjadi najis,


22:2-3. Persembahan-persembahan kudus itu terdiri atas kurban-kurban yang diberikan umat itu dan dipersembahkan oleh para imam.

Pemisahan yang dimaksudkan diharuskan waktu ada keadaan yang najis untuk melakukan upacara.

Tidak ada imam yang boleh melaksanakan upacara persembahan kurban itu ketika dirinya dalam keadaan najis.

Bagian persembahan kurban yang diberikan kepada para imam merupakan hal yang penting bagi mereka, tetapi bagian kurban itu tidak dapat dimasak apalagi dimakan kecuali jika yang memakan itu tahir.

Lev 22:6 orang yang kena kepada yang demikian itu menjadi najis sampai matahari terbenam dan janganlah ia makan dari persembahan-persembahan kudus, sebelum ia membasuh tubuhnya dengan air.

Lev 22:7 Sesudah matahari terbenam, barulah ia menjadi tahir dan sesudah itu bolehlah ia makan dari persembahan-persembahan kudus itu, karena itulah yang menjadi makanannya.

Lev 22:8 Janganlah ia makan bangkai atau sisa mangsa binatang buas, supaya jangan ia menjadi najis karenanya; Akulah TUHAN.

Lev 22:9 Dan mereka harus tetap berpegang pada kewajibannya terhadap Aku, supaya dalam hal itu jangan mereka mendatangkan dosa kepada dirinya dan mati oleh karenanya, karena mereka telah melanggar kekudusan kewajiban itu; Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka.


6. Bagi orang Yahudi, hari baru diawali pada saat matahari terbenam.

Oleh karena itu, menjadi najis sampai matahari terbenam berarti dalam keadaan najis sepanjang sisa hari tersebut - sesudah matahari terbenam (ay. 7).

Lev 22:10 Setiap orang awam janganlah memakan persembahan kudus; demikian juga pendatang yang tinggal pada imam ataupun orang upahan.

Lev 22:11 Tetapi apabila seseorang telah dibeli oleh imam dengan uangnya menjadi budak beliannya, maka orang itu boleh turut memakannya, demikian juga mereka yang lahir di rumahnya.


10-11. Pendatang (zar: orang luar, orang awam) tidak ada yang dapat memakan persembahan kudus, tetapi anggota rumah tangga imam, seperti budaknya boleh turut memakannya.

Lev 22:12 Apabila anak perempuan imam bersuamikan orang awam, janganlah ia makan persembahan khusus dari persembahan-persembahan kudus.

Lev 22:13 Tetapi apabila perempuan itu menjadi janda atau diceraikan, dan ia tidak mempunyai anak, dan telah kembali ke rumah ayahnya seperti waktu ia masih gadis, maka ia boleh makan dari makanan ayahnya; tetapi setiap orang awam janganlah memakannya.


12-13. Apabila anak perempuan imam bersuamikan orang awam, dia tidak bisa makan makanan yang dipersembahkan tersebut.

Tetapi, jika dia kembali ke rumah ayahnya sebagai janda (mati atau cerai) yang tidak mempunyai anak, maka dia bisa ikut memakannya.

Lev 22:14 Apabila seseorang dengan tidak sengaja memakan persembahan kudus, ia harus memberi gantinya kepada imam dengan menambah seperlima.

Lev 22:15 Janganlah pada imam melanggar kekudusan persembahan-persembahan kudus orang Israel yang telah dikhususkan bagi TUHAN,

Lev 22:16 karena dengan demikian mereka mendatangkan kepada orang Israel kesalahan yang harus ditebus, apabila mereka memakan persembahan-persembahan kudus mereka, sebab Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka."


14. Apabila seseorang dengan tidak sengaja memakan. Yang dimaksudkan di sini adalah seseorang yang bukan imam.

Bandingkan 5:14-16 [Korban Penebus Salah], namun dalam pasal 22 peraturannya khusus berkenaan dengan seorang awam yang secara tidak sengaja memakan persembahan kudus.

Lev 22:17 TUHAN berfirman kepada Musa:

Lev 22:18 "Berbicaralah kepada Harun serta anak-anaknya dan kepada semua orang Israel dan katakan kepada mereka: Siapapun dari umat Israel dan dari orang asing di antara orang Israel yang mempersembahkan persembahannya, baik berupa sesuatu persembahan nazar maupun berupa sesuatu persembahan sukarela, yang hendak dipersembahkan mereka kepada TUHAN sebagai korban bakaran,

Lev 22:19 maka supaya TUHAN berkenan akan kamu, haruslah persembahan itu tidak bercela dari lembu jantan, domba atau kambing.

Lev 22:20 Segala yang bercacat badannya janganlah kamu persembahkan, karena dengan itu TUHAN tidak berkenan akan kamu.

Lev 22:21 Juga apabila seseorang mempersembahkan kepada TUHAN korban keselamatan sebagai pembayar nazar khusus atau sebagai korban sukarela dari lembu atau kambing domba, maka korban itu haruslah yang tidak bercela, supaya TUHAN berkenan akan dia, janganlah badannya bercacat sedikitpun.

Lev 22:22 Binatang yang buta atau yang patah tulang, yang luka atau yang berbisul, yang berkedal atau yang berkurap, semuanya itu janganlah kamu persembahkan kepada TUHAN dan binatang yang demikian janganlah kamu taruh sebagai korban api-apian bagi TUHAN ke atas mezbah.


22. Berbisul. Sebuah borok atau luka yang terinfeksi.

Lev 22:23 Tetapi seekor lembu atau domba yang terlalu panjang atau terlalu pendek anggotanya bolehlah kaupersembahkan sebagai korban sukarela, tetapi sebagai korban nazar TUHAN tidak akan berkenan akan binatang itu.

23. Yang terlalu panjang. Dalam hal persembahan sukarela, dapat dipersembahkan seekor hewan yang tidak terlalu sempurna, misalnya: salah satu kaki bisa lebih panjang daripada kaki yang lain.

Namun untuk membayar nazar, ketidaksempurnaan tidak diperbolehkan.

Lev 22:24 Tetapi binatang yang buah pelirnya terjepit, ditumbuk, direnggut atau dikerat, janganlah kamu persembahkan kepada TUHAN; janganlah kamu berbuat demikian di negerimu.

24. Binatang yang buah pelirnya terjepit. Yang dimaksudkan di sini adalah hewan yang dikebiri yang dilakukan dengan salah satu dari empat cara yang disebutkan di sini.

Lev 22:25 Juga dari tangan orang asing janganlah kamu persembahkan sesuatu dari semuanya itu sebagai santapan Allahmu, karena semuanya itu telah rusak dan bercacat badannya; TUHAN tidak akan berkenan akan kamu karena persembahan-persembahan itu."

25. Dari tangan orang asing. Seorang asing yang ingin mempersembahkan kurban kepada Tuhan harus mengikuti peraturan yang sama mengenai mutu hewan yang dipersembahkan seperti yang diberlakukan kepada orang Yahudi.

17-25. Berbagai Perintah Berkenaan Dengan Kondisi Hewan Yang Dipersembahkan Sebagai Kurban. Peraturan-peraturan ini berkenaan dengan pembayaran nazar dan persembahan sukarela (bdg. 7:16).

Lev 22:26 TUHAN berfirman kepada Musa:

Lev 22:27 "Apabila seekor anak lembu atau anak domba atau anak kambing dilahirkan, maka haruslah itu tinggal tujuh hari lamanya dengan induknya, tetapi sejak hari kedelapan dan seterusnya TUHAN berkenan akan binatang itu kalau dipersembahkan berupa korban api-apian bagi-Nya.


27. Seekor anak lembu atau anak domba atau anak kambing. Hewan-hewan yang disebutkan di sini harus paling sedikit tujuh hari umurnya sebelum dapat dipersembahkan sebagai kurban kepada Tuhan. Bandingkan Keluaran 22:30.

Lev 22:28 Seekor lembu atau kambing atau domba janganlah kamu sembelih bersama dengan anaknya pada satu hari juga.

Lev 22:29 Dan apabila kamu menyembelih korban syukur bagi TUHAN, kamu harus menyembelihnya sedemikian, hingga TUHAN berkenan akan kamu.

Lev 22:30 Pada hari itu juga korban itu harus dimakan; janganlah kamu tinggalkan apa-apa dari padanya sampai pagi; Akulah TUHAN.


28. Janganlah kamu sembelih bersama dengan anaknya pada satu hari. Bandingkan Ulangan 22:6. Tujuan perintah ini tidak jelas, namun mungkin maksudnya ialah untuk menegaskan kepada orang Israel betapa pentingnya menjaga kekudusan hubungan yang ada antara orang tua dengan keturunannya.

Lev 22:31 Dengan demikian kamu harus berpegang pada perintah-Ku dan melakukannya; Akulah TUHAN.

Lev 22:32 Janganlah melanggar kekudusan nama-Ku yang kudus, supaya Aku dikuduskan di tengah-tengah orang Israel, sebab Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu,

Lev 22:33 yang membawa kamu keluar dari tanah Mesir, supaya Aku menjadi Allahmu; Akulah TUHAN."


31-33. Nasihat penutup.

Perikop Selanjutnya: Hari-hari Raya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel