Hakim-hakim 13: Lahirnya Simson

Lahirnya Simson.

Setelah belajar perikop Abdon dari kitab Hakim-hakim, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Lahirnya Simson.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Hakim-hakim (Judges 13 dengan judul perikop Lahirnya Simson).

Kita belajar perikop Lahirnya Simson ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Lahirnya Simson (Kitab Hakim-hakim 13)


Jdg 13:1 Orang Israel melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; sebab itu TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Filistin empat puluh tahun lamanya.

Jdg 13:2 Pada waktu itu ada seorang dari Zora, dari keturunan orang Dan, namanya Manoah; isterinya mandul, tidak beranak.

Jdg 13:3 Dan Malaikat TUHAN menampakkan diri kepada perempuan itu dan berfirman kepadanya, demikian: "Memang engkau mandul, tidak beranak, tetapi engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki.

Jdg 13:4 Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.

Jdg 13:5 Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin."

Jdg 13:6 Kemudian perempuan itu datang kepada suaminya dan berkata: "Telah datang kepadaku seorang abdi Allah, yang rupanya sebagai rupa malaikat Allah, amat menakutkan. Tidak kutanyakan dari mana datangnya, dan tidak juga diberitahukannya namanya kepadaku.

Jdg 13:7 Tetapi ia berkata kepadaku: Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; oleh sebab itu janganlah minum anggur atau minuman yang memabukkan dan janganlah makan sesuatu yang haram, sebab sejak dari kandungan ibunya sampai pada hari matinya, anak itu akan menjadi seorang nazir Allah."

Jdg 13:8 Lalu Manoah memohon kepada TUHAN, katanya: "Ya Tuhan, berilah kiranya abdi Allah, yang Kauutus itu, datang pula kepada kami dan mengajar kami, apa yang harus kami perbuat kepada anak yang akan lahir itu."

Jdg 13:9 Maka Allah mendengarkan permohonan Manoah, sehingga Malaikat Allah datang pula kepada perempuan itu, ketika ia duduk di padang dan ketika Manoah, suaminya itu, tidak ada bersama-sama dengan dia.

Jdg 13:10 Kemudian perempuan itu segera berlari memberitahukan kepada suaminya, katanya kepadanya: "Orang yang datang kepadaku baru-baru ini menampakkan diri pula kepadaku."

Jdg 13:11 Lalu bangunlah Manoah dan mengikuti isterinya. Setelah sampai kepada orang itu, berkatalah ia kepadanya: "Engkaukah orang yang telah berbicara kepada perempuan ini?" Jawabnya: "Benar!"

Jdg 13:12 Lalu kata Manoah: "Dan apabila terjadi yang Kaukatakan itu, bagaimanakah nanti cara hidup anak itu dan tingkah lakunya?"

Jdg 13:13 Jawab Malaikat TUHAN itu kepada Manoah: "Perempuan itu harus memelihara diri terhadap semua yang Kukatakan kepadanya.

Jdg 13:14 Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau minuman yang memabukkan tidak boleh diminumnya dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia harus berpegang pada segala yang Kuperintahkan kepadanya."

Jdg 13:15 Kata Manoah kepada Malaikat TUHAN itu: "Perkenankanlah kami menahan Engkau di sini, supaya kami mengolah anak kambing bagi-Mu."

Jdg 13:16 Tetapi jawab Malaikat TUHAN itu kepada Manoah: "Sekalipun engkau menahan Aku di sini, hidanganmu itu tidak akan Kumakan. Tetapi jika engkau hendak mengolahnya menjadi korban bakaran, persembahkanlah itu kepada TUHAN." Sebab Manoah tidak mengetahui, bahwa Dia itu Malaikat TUHAN.

Jdg 13:17 Kemudian berkatalah Manoah kepada Malaikat TUHAN itu: "Siapakah nama-Mu, sebab apabila terjadi yang Kaukatakan itu, maka kami hendak memuliakan Engkau."

Jdg 13:18 Tetapi jawab malaikat TUHAN itu kepadanya: "Mengapa engkau juga menanyakan nama-Ku? Bukankah nama itu ajaib?"

Jdg 13:19 Sesudah itu Manoah mengambil seekor anak kambing dan korban sajian, lalu mempersembahkannya kepada TUHAN di atas batu. Lalu diperbuat-Nya keajaiban, sementara Manoah dan isterinya memandanginya.

Jdg 13:20 Sedang nyala api itu naik ke langit dari mezbah, maka naiklah Malaikat TUHAN dalam nyala api mezbah itu. Ketika Manoah dan isterinya melihat hal ini, sujudlah mereka dengan mukanya sampai ke tanah.

Jdg 13:21 Sejak itu Malaikat TUHAN tidak lagi menampakkan diri kepada Manoah dan isterinya. Maka tahulah Manoah, bahwa Dia itu Malaikat TUHAN.

Jdg 13:22 Berkatalah Manoah kepada isterinya: "Kita pasti mati, sebab kita telah melihat Allah."

Jdg 13:23 Tetapi jawab isterinya kepadanya: "Seandainya TUHAN hendak membunuh kita, maka tidaklah Ia menerima korban bakaran dan korban sajian dari tangan kita dan tidaklah Ia memperlihatkan semuanya itu kepada kita dan tidaklah Ia memperdengarkan hal-hal yang demikian kepada kita pada waktu sekarang ini."

Jdg 13:24 Lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan memberi nama Simson kepadanya. Anak itu menjadi besar dan TUHAN memberkati dia.

Jdg 13:25 Mulailah hatinya digerakkan oleh Roh TUHAN di Mahane-Dan yang terletak di antara Zora dan Esytaol.


Para Penindas dan Pelepas Israel (3:7-16:31).

Sesudah pendahuluan umum, yang melukiskan kehidupan sepanjang masa para Hakim, kepada kita disajikan serangkaian episode khusus.

Setiap episode, mengisahkan kemurtadan Israel dengan penghajaran oleh Allah sebagai akibatnya.


13:1. Orang Israel melakukan pula apa yang jahat di Mata Tuhan. Penyembahan berhala yang kembali terjadi, merupakan latar belakang dari masa penindasan oleh orang Filistin, yang berlangsung sepanjang satu angkatan (empat puluh tahun).

Karier Simson termasuk dalam masa ini.

2. Pada waktu itu ada seorang dari Zora, dari keturunan orang Dan, namanya Manoah. Zora adalah kota perbatasan di antara wilayah suku Dan dengan suku Yehuda, tujuh belas mil di sebelah barat Yerusalem.

Manoah dan istrinya belum dikaruniai anak, dan hal itu membuat mereka bersedih hati.

3. Malaikat TUHAN menampakkan diri kepada perempuan itu. Istri Manoah memperoleh kunjungan Malaikat.

Di dalam Alkitab, kunjungan semacam itu menunjukkan kelahiran tokoh yang penting, misalnya Ishak, dan Yohanes Pembaptis.

5. Engkau akan mengandung ... anak itu akan menjadi seorang nazir Allah. Perhatian khusus harus diberikan kepada makanan sang ibu.

Bilangan 6:2-21 sudah merumuskan sejumlah peraturan bagi seorang nazir.

Karena dipandang sebagai dipersembahkan kepada Allah, seorang nazir harus dijaga tetap bersih dari segala kemungkinan pencemaran.

Dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin. Para Hakim lain yang akan mendatangkan kelepasan yang sempurna.

Anak yang dijanjikan tersebut akan mulai penyelamatan.

Ancaman orang Filistin berlanjut terus hingga masa Daud.

6. Rupanya sebagai rupa malaikat Allah, amat menakutkan. Malaikat pembawa berita itu menimbulkan kegentaran dan sikap hormat, bukan kengerian.

8. Berilah kiranya abdi Allah, yang Kauutus itu, datang pula kepada kami. Ketika Manoah diberi tahu mengenai kunjungan tersebut oleh istrinya, dia menginginkan pengarahan selanjutnya mengenai cara mempersiapkan kelahiran anak yang dijanjikan tersebut.

15. Perkenankanlah kami menahan Engkau di sini, supaya kami mengolah anak kambing bagi-Mu. Malaikat itu muncul kembali kepada istri Manoah yang kini mencari suaminya, sehingga pasangan itu bersama-sama mendengarkan pengarahan yang pada dasarnya sama mengenai cara memelihara sang anak.

Manoah berusaha menahan si orang asing itu, untuk menunjukkan kepadanya keramahan yang sepatutnya.

16. Sekalipun engkau menahan Aku di sini, hidanganmu itu tidak akan Kumakan. Dalam 6:18-22, Gideon mempersiapkan makanan untuk tamu yang kemudian dikenalinya sebagai Malaikat TUHAN. Makanan itu kemudian diubah menjadi persembahan.

Di sini, Malaikat itu mengatakan kepada Manoah, bahwa diri-Nya tidak akan memakan hidangan yang disediakan, dan bahwa kurban bakaran harus dipersembahkan kepada Tuhan.

17. Siapakah nama-Mu? tanya Manoah agar dirinya dapat menunjukkan sikap menghormat yang layak.

18. Mengapa engkau juga menanyakan nama-Ku? Bukankah nama itu ajaib? Malaikat itu mengatakan, bahwa nama-Nya tidak terucapkan, di luar kemampuan manusia untuk mendengar dan memahaminya.

19. Sesudah itu Manoah mengambil seekor anak kambing dan korban sajian, lalu mempersembahkannya kepada Tuhan di atas batu. Lalu diperbuat-Nya keajaiban. Sebuah kurban bakaran dan kurban sajian dipersembahkan kepada Tuhan. Manoah dan istrinya menyaksikan Malaikat itu melakukan keajaiban.

20. Sedang nyala api itu naik ke langit dari mezbah, maka naiklah Malaikat TUHAN dalam nyala api mezbah itu. Ketika asap pembakaran kurban naik ke langit, Malaikat itu rupanya naik bersama dengan asap tersebut hingga Manoah dan istrinya tidak bisa melihat-Nya lagi.

21. Maka tahulah Manoah, bahwa Dia itu Malaikat TUHAN. Manoah mungkin masih ada beberapa pertanyaan di dalam hatinya mengenai identitas pengunjung yang misterius itu, namun cara-Nya naik dengan asap dari mezbah telah memberikan identifikasi yang jelas.

22. Kita pasti mati, sebab kita telah melihat Allah. Bandingkan reaksi Gideon yang sama (6:22). [Baca: Gideon Diangkat Menjadi Hakim.]

23. Seandainya Tuhan hendak membunuh kita, maka tidaklah Ia menerima korban bakaran dan korban sajian dari tangan kita. Diterimanya kurban yang dipersembahkan dan berita aneh yang disampaikan, merupakan bukti bahwa Allah tidak murka kepada Manoah dan istrinya.

24. Lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan memberi nama Simson kepadanya. Apa yang diucapkan Malaikat tersebut menjadi kenyataan.

Beberapa saat kemudian lahirlah seorang anak laki-laki yang diberi nama Simson, yang artinya matahari.

Tepat di seberang lembah dari rumah Manoah adalah Bet-Semes, kuil dewa matahari kota itu.

Sekalipun Manoah bukan seorang penyembah berhala, dia mungkin memberikan nama yang umum kepada putranya.

25. Mulailah hatinya digerakkan oleh Roh Tuhan di Mahane-Dan yang terletak di antara Zora dan Esytaol. Simson menjadi seorang pemimpin yang diurapi Roh Kudus.

Wilayah tugasnya ialah Lembah Sorek.

Perikop Selanjutnya: Perkawinan Simson dan Teka-tekinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel