1 Tawarikh: Para Penunggu Pintu dan Para Pejabat Lain di Antara Orang Lewi

Klik:

1 Chronicles 26


1Ch 26:1 Tentang rombongan para penunggu pintu: dari orang Korah ialah Meselemya bin Kore dari keturunan Ebyasaf.

1Ch 26:2 Meselemya mempunyai anak-anak, yakni Zakharia, anak sulung, Yediael, anak yang kedua, Zebaja, anak yang ketiga, Yatniel, anak yang keempat,

1Ch 26:3 Elam, anak yang kelima, Yohanan, anak yang keenam, Elyoenai, anak yang ketujuh.

1Ch 26:4 Obed-Edom mempunyai anak-anak, yakni Semaya, anak sulung, Yozabad, anak yang kedua, Yoah, anak yang ketiga, Sakhar, anak yang keempat, Netaneel, anak yang kelima,

1Ch 26:5 Amiel, anak yang keenam, Isakhar, anak yang ketujuh dan Peuletai, anak yang kedelapan, sebab Allah telah memberkati dia.

1Ch 26:6 Bagi Semaya, anak Obed-Edom itu, lahir anak-anak. Mereka memegang pemerintahan di antara puak mereka, sebab mereka itu adalah pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa.

1Ch 26:7 Anak-anak Semaya ialah Otni, Refael, Obed dan Elzabad serta saudara-saudaranya, yakni Elihu dan Semakhya, orang-orang gagah perkasa.

1Ch 26:8 Mereka sekalian adalah dari keturunan Obed-Edom, yakni mereka sendiri, anak-anak mereka dan saudara-saudara mereka, masing-masing orang yang gagah perkasa, cakap untuk pekerjaan itu, enam puluh dua orang jumlahnya dari Obed-Edom.

1Ch 26:9 Dan Meselemya mempunyai delapan belas orang anak dan saudara, orang-orang yang gagah perkasa.

1Ch 26:10 Hosa dari bani Merari mempunyai anak-anak, yakni Simri, seorang kepala--sebab sekalipun ia bukan anak sulung, tetapi ayahnya mengangkat dia menjadi kepala--

1Ch 26:11 Hilkia, anak yang kedua, Tebalya, anak yang ketiga dan Zakharia, anak yang keempat. Semua anak dan saudara Hosa itu ada tiga belas orang.

1Ch 26:12 Rombongan-rombongan para penunggu pintu itu, yang dibagi menurut kepala kaum, mempunyai tugas melayani di rumah TUHAN, sama seperti saudara-saudara sesuku mereka.

1Ch 26:13 Untuk setiap pintu gerbang mereka membuang undi, menurut puak-puak mereka, baik puak yang kecil maupun puak yang besar.

1Ch 26:14 Undian untuk pintu timur jatuh pada Selemya; selanjutnya mereka membuang undi bagi Zakharia, anaknya, seorang penasihat yang berakal budi, lalu jatuhlah undiannya untuk pintu utara.

1Ch 26:15 Bagi Obed-Edom ialah pintu selatan dan bagi anak-anaknya gudang perlengkapan.

1Ch 26:16 Bagi Supim dan Hosa ialah pintu barat beserta Pintu Gerbang Syalekhet di jalan raya tanjakan. Penjaga yang satu ditaruh berdampingan dengan penjaga yang lain.

1Ch 26:17 Di sebelah timur ada enam orang setiap hari, di sebelah utara ada empat orang setiap hari, di sebelah selatan ada empat orang setiap hari, tetapi pada gudang perlengkapan selalu ada dua orang;

1Ch 26:18 pada Parbar di sebelah barat: empat orang di jalan raya dan dua orang pada Parbar.

1Ch 26:19 Itulah rombongan-rombongan para penunggu pintu dari bani Korah dan dari bani Merari.

1Ch 26:20 Orang-orang Lewi, saudara-saudara sesuku mereka, yang mengawasi perbendaharaan rumah Allah dan yang mengawasi perbendaharaan barang-barang kudus;

1Ch 26:21 bani Ladan, yakni keturunan Gerson melalui Ladan, mempunyai orang-orang Yehiel sebagai kepala puak.

1Ch 26:22 Keturunan Yehiel, yakni Zetam dan Yoel, saudaranya, mengawasi perbendaharaan rumah TUHAN.

1Ch 26:23 Dari orang Amram, orang Yizhar, orang Hebron dan orang Uziel

1Ch 26:24 adalah Sebuel bin Gersom bin Musa yang menjadi kepala perbendaharaan.

1Ch 26:25 Sanak saudara Sebuel melalui Eliezer ialah Rehabya, anak Eliezer, dan Yesaya, anak Rehabya, dan Yoram, anak Yesaya, dan Zikhri, anak Yoram, dan Selomit, anak Zikhri.

1Ch 26:26 Selomit ini beserta sanak saudaranya mengawasi perbendaharaan barang-barang kudus yang telah dikuduskan oleh raja Daud dan oleh para kepala puak dan para pemimpin pasukan seribu dan pasukan seratus dan para panglima.

1Ch 26:27 Mereka telah menguduskannya dari rampasan perang untuk menyemarakkan rumah TUHAN.

1Ch 26:28 Juga segala yang dikuduskan oleh Samuel, pelihat itu, oleh Saul bin Kish, oleh Abner bin Ner dan oleh Yoab, anak Zeruya, ya segala barang yang dikuduskan ada di bawah pengawasan Selomit beserta sanak saudaranya.

1Ch 26:29 Dari orang Yizhar adalah Kenanya beserta anak-anaknya yang diserahi tugas luar di Israel, yaitu menjadi pengatur dan hakim.

1Ch 26:30 Dari orang Hebron adalah Hasabya beserta sanak saudaranya, orang-orang gagah perkasa, seribu tujuh ratus orang jumlahnya, yang diserahi urusan pemerintahan Israel di sebelah barat sungai Yordan dalam segala urusan untuk TUHAN dan segala pekerjaan untuk raja.

1Ch 26:31 Dari orang Hebron adalah Yeria yang menjadi kepala. Tentang orang Hebron, mengenai keturunannya dan puaknya, dalam tahun keempat puluh zaman pemerintahan Daud diadakan penyelidikan tentang mereka dan ternyata, bahwa di antara mereka ada pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa di Yaezer-Gilead.

1Ch 26:32 Sanak saudara Yeria, orang-orang yang gagah perkasa, kepala-kepala puak ada dua ribu tujuh ratus orang. Mereka itu diangkat raja Daud mengawasi orang Ruben, orang Gad dan suku Manasye yang setengah itu dalam segala perkara untuk Allah dan segala perkara untuk raja.


Tafsiran Wycliffe


26:1. Rombongan para penunggu pintu yang bertugas sebagai penjaga pintu gerbang (ay. 13) dan penjaga harta kekayaan Bait Allah (taf. ay. 20).

Orang Korah. Keturunan Korah yaitu orang Lewi yang terkenal jahat yang memberontak kepada Musa (lih. taf. 6:22; 9:19).

Ayah Kore, Asaf, adalah Ebyasaf (9:19) bukan Asaf pemimpin biduan yang terkenal itu, yang termasuk kaum Gerson.

Korah dan para penjaga pintu keturunannya ini termasuk kaum Kohat.

4. Obed-Edom. Orang Lewi yang telah menerima berkat Allah karena telah memelihara Tabut Perjanjian sesudah kematian Uza (13:13, 14).

Orang ini memiliki tugas ganda yaitu sebagai penyanyi dan sebagai penjaga Bait Allah (lih. taf. 15:21; 16:38).

10. Hosa ditugaskan pada saat yang bersamaan dengan Obed-Edom (16:38).

Angka semula enam puluh delapan penjaga pintu gerbang kini telah bertambah menjadi sembilan puluh tiga (18, 62 dan 13) yang terdiri dari para pemimpin seluruh kelompok penjaga pintu gerbang yang jumlahnya empat ribu orang (23:5).

Sesungguhnya, ketika Yerusalem jatuh pada tahun 586 sM jumlah ini sudah bertambah menjadi dua ratus dua belas (9:22).

13. Mereka membuang undi, bukan untuk menentukan masa tugas seperti ketika membuang undi sebelumnya, tetapi untuk menentukan tempat bertugas.

14. Selemya. Atau Meselemya seperti di ayat 1 dan ayat lainnya.

15. Gudang perlengkapan. Bukan rumah Asupim seperti di AV.

16. Supim juga tidak dikenal, tetapi mungkin, seperti Hosa, merupakan penjaga pintu gerbang dari kaum Merari.

Pintu Gerbang Syalekhet. Sebuah lorong yang bergerak menanjak dari bagian kota di sebelah barat yang letaknya lebih rendah melewati Lembah Tiropeo hingga tanah Bait Allah yang letaknya lebih tinggi.

17, 18. Di sebelah timur ada enam orang setiap hari, dan seterusnya. Keseluruhannya terdapat dua puluh empat pemimpin regu penjaga (bdg. taf. ay. 10) yang bertugas pada saat bersamaan.

18. Parbar. Artinya tidak jelas, mungkin sebuah lorong atau ruangan besar.

20. Orang-orang Lewi, saudara-saudara sesuku mereka, yang mengawasi perbendaharaan rumah Allah. Tugas para penjaga gerbang juga meliputi menjaga harta kekayaan Bait Allah (9:26).

Istilah saudara-saudara sesuku (bahasa Ibraninya adalah hyhm) tentu adalah orang-orang Ladan dari kelompok Yehiel yang bertugas menjaga harta Bait Allah (ay. 21, 22) dan orang Amram, Selomit yang bertugas menjaga barang-barang yang dikuduskan (ay. 23-28).

22. Yehiel. Yehiel, Zetam dan Yoel sesungguhnya adalah putra-putra Ladan, namun Yehiel merupakan pemimpin yang diakui melebihi kedua orang saudaranya (23:8).

23. Orang Amram. Bagian-bagian kaum Kohat.

24. Sebuel bin Gersom (23:16; 24:20). Dia merupakan kepala para pengawas harta bangsa Israel di bawah kepemimpinan kakeknya, Musa.

Tetapi Selomit (ay. 25) yang adalah keturunan saudara laki-laki Gersom yaitu Eliezer, menduduki jabatan tersebut pada masa pemerintahan Daud (ay. 26).

26. Perbendaharaan barang-barang kudus. Lihat 18:11 dan II Tawarikh 5:1 untuk tindakan Daud mengkhususkan benda-benda tersebut.

29. Orang Yizhar dan orang Hebron (ay. 30-32). Orang-orang Lewi dari kaum Gerson ini merupakan empat ribu empat ratus orang (seribu tujuh ratus ditambah dua ribu tujuh ratus orang) di antara enam ribu orang pengatur dan hakim (23:4).

Musa pada mulanya telah memberikan sejumlah pengarahan yang wajar agar orang Lewi, yang mengajar Firman Allah (Ul. 33:10), hendaknya juga memperoleh tugas untuk menafsirkan Firman itu di dalam menghakimi masalah-masalah yang ada (Ul. 17:9; bdg. II Taw. 19:8, 11; Neh. 11:15).

32. Orang Ruben, orang Gad dan suku Manasye yang setengah. Maksudnya, semua orang Israel yang menetap di sisi timur Sungai Yordan.

Pengaturan orang Lewi (23:1-26:32).

Salah satu sumbangan penting yang paling abadi dari Daud bagi keturunannya adalah pengaturan pelayanan suku Lewi.

Kepiawaiannya yang tampak di dalam mengatur jadwal pelayanan suku Lewi membantu memelihara keteraturan pelayanan suku tersebut di bawah para penggantinya, memberikan tenaga administrasi untuk penghidupan kembali teokrasi Musa di bawah pimpinan Ezra (lih. ps. 6, pendahuluan), yang berfungsi terus sebagai dasar untuk organisasi keagamaan Israel hingga ke zaman Perjanjian Baru.

Kebijakan dasar Daud antara lain ialah membagi tiga puluh delapan ribu orang Lewi pada zamannya menjadi empat kelompok (23:3-5).

Sesudah sebuah uraian tentang berbagai kaum dan keluarga suku Lewi (ay. 7-23) dan sebuah ulasan singkat tentang tugas mereka (ay. 24-32), keempat kelompok tersebut disebutkan satu persatu: dua puluh empat ribu merupakan kelompok yang melanjutkan tugas-tugas di rumah Allah (ps. 24), keturunan Harun juga termasuk kelompok ini (24:1-19) maupun orang-orang Lewi lainnya yang membantu keluarga tersebut; empat ribu orang Lewi yang bertugas sebagai penyanyi (ps. 25); empat ribu orang Lewi yang bertugas sebagai penjaga pintu gerbang dan juga harta kekayaan Bait Allah (26:1-28); dan akhirnya para pejabat dan para hakim yang bertugas untuk mengatur urusan-urusan luar bangsa Israel (26:29-32).

Para imam, orang-orang Lewi di Bait Allah (?) serta para penyanyi kemudian diatur lebih lanjut ke dalam dua puluh empat kelompok yang pergantian tugasnya disesuaikan dengan masa-masa ibadah bulanan.

Masa Akhir Daud (21:1-29:30).

Dosa Daud dengan Batsyeba telah menimbulkan rantai kejahatan yang panjang (bdg. kejahatan yang dilakukan Amnon putra raja Daud, II Sam. 13:4), yang semuanya berkisar pada pangeran Absalom dan berlangsung sepanjang sebelas tahun penuh (II Sam. 13:23, 38; 14:28; 15:7), atau dari sekitar tahun 990-979 sM.

Akan tetapi, perilaku yang sangat tidak terpuji semacam itu tidak mendukung tujuan Ezra untuk mewujudkan manusia yang saleh pada zamannya sendiri yang mengikuti teladan Daud.

Sebagian besar peristiwa yang tercatat di II Samuel 11-19, dengan demikian, tidak dicantumkan di dalam kisah Tawarikh ini (bdg. Pendahuluan, Tujuan penulisan).

Yang juga tidak dikemukakan ialah pemberontakan Syeba (II Sam. 20); sehingga baru sesudah tahun 975 sM, yaitu tahun-tahun terakhir kehidupan Daud, analisis sejarah Kitab Tawarikh ini dilanjutkan.

Waktu itu, kitab ini menelusuri jalannya sensus yang dilakukan oleh Daud (ps. 21), yang menghasilkan penyataan Allah tentang tempat yang akan dipakai untuk mendirikan Bait Allah serta sejumlah persiapan pembangunannya (ps. 22).

Hasil dari kepiawaian Daud di dalam mengatur bidang kehidupan religius (ps. 23-26) maupun urusan kenegaraan (ps. 27) dikisahkan di bagian ini yang dilanjutkan dengan perintah terakhir kepada bangsa itu, agar mereka tetap setia kepada Allah mereka (28-29).

Hanya pasal 21 yang juga dikisahkan di kitab yang lain.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel