1 Tawarikh: Panglima-panglima Tentara dan Pembesar-pembesar Lainnya

Klik:

1 Chronicles 27


1Ch 27:1 Adapun orang Israel, inilah daftar para kepala puak, para panglima pasukan seribu dan pasukan seratus dan para pengatur yang melayani raja dalam segala hal mengenai rombongan orang-orang yang bertugas dan libur, bulan demi bulan, sepanjang tahun. Setiap rombongan berjumlah dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:2 Yang mengepalai rombongan pertama untuk bulan pertama ialah Yasobam bin Zabdiel dan dalam rombongannya ada dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:3 Ia dari bani Peres dan mengepalai semua panglima untuk bulan yang pertama.

1Ch 27:4 Yang mengepalai rombongan bulan yang kedua ialah Dodai, orang Ahohi, sedang pemimpin rombongannya yang berjumlah dua puluh empat ribu orang, adalah Miklot.

1Ch 27:5 Panglima yang ketiga untuk bulan yang ketiga ialah Benaya, anak imam kepala Yoyada, dan dalam rombongannya ada dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:6 Benaya ini adalah seorang dari ketiga puluh pahlawan dan mengepalai ketiga puluh orang itu, tetapi yang memegang pimpinan rombongannya ialah Amizabad, anaknya.

1Ch 27:7 Yang keempat untuk bulan yang keempat ialah Asael, saudara Yoab, kemudian ia digantikan oleh Zebaja, anaknya, dan dalam rombongannya ada dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:8 Yang kelima untuk bulan yang kelima ialah Samhut orang Yizrah, panglima itu, dan dalam rombongannya ada dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:9 Yang keenam untuk bulan yang keenam ialah Ira anak Ikesh orang Tekoa dan dalam rombongannya ada dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:10 Yang ketujuh untuk bulan yang ketujuh ialah Heles, orang Peloni, dari bani Efraim, dan dalam rombongannya ada dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:11 Yang kedelapan untuk bulan yang kedelapan ialah Sibkhai, orang Husa dari orang Zerah itu, dan dalam rombongannya ada dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:12 Yang kesembilan untuk bulan yang kesembilan ialah Abiezer, orang Anatot itu, dari bani Benyamin, dan dalam rombongannya ada dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:13 Yang kesepuluh untuk bulan yang kesepuluh ialah Maharai, orang Netofa dari orang Zerah itu, dan dalam rombongannya ada dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:14 Yang kesebelas untuk bulan yang kesebelas ialah Benaya, orang Piraton, dari bani Efraim, dan dalam rombongannya ada dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:15 Yang kedua belas untuk bulan yang kedua belas ialah Heldai, orang Netofa itu, keturunan Otniel, dan dalam rombongannya ada dua puluh empat ribu orang.

1Ch 27:16 Yang mengepalai suku-suku Israel: untuk orang Ruben ialah Eliezer bin Zikhri sebagai pemimpin; untuk orang Simeon ialah Sefaca bin Maakha;

1Ch 27:17 untuk suku Lewi ialah Hasabya bin Kemuel; untuk keturunan Harun ialah Zadok;

1Ch 27:18 untuk suku Yehuda ialah Elihu, salah seorang saudara Daud; untuk suku Isakhar ialah Omri bin Mikhael;

1Ch 27:19 untuk suku Zebulon ialah Yismaya bin Obaja; untuk suku Naftali ialah Yerimot bin Azriel;

1Ch 27:20 untuk bani Efraim ialah Hosea bin Azazya; untuk setengah suku Manasye ialah Yoel bin Pedaya;

1Ch 27:21 untuk setengah suku Manasye yang di Gilead ialah Yido bin Zakharia; untuk suku Benyamin ialah Yaasiel bin Abner;

1Ch 27:22 untuk suku Dan ialah Azareel bin Yeroham. Itulah para kepala suku-suku Israel.

1Ch 27:23 Daud tidak menghitung jumlah orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke bawah, sebab TUHAN telah menjanjikan untuk membuat orang Israel sebanyak bintang-bintang di langit.

1Ch 27:24 Memang Yoab, anak Zeruya, telah mulai menghitung, tetapi ia tidak menyelesaikannya, sebab oleh karena hal itu orang Israel tertimpa murka; dengan demikian jumlah mereka tidak dibukukan dalam kitab sejarah raja Daud.

1Ch 27:25 Yang mengawasi persediaan raja ialah Azmawet bin Adiel dan yang mengawasi persediaan di luar kota, di kota-kota, di desa-desa dan di dalam menara-menara lumbung ialah Yonatan bin Uzia.

1Ch 27:26 Yang mengawasi para pekerja di ladang yang harus mengusahakan tanah ialah Ezri bin Kelub.

1Ch 27:27 Yang mengawasi kebun-kebun anggur ialah Simei, orang Rama. Yang mengawasi hasil kebun anggur untuk persediaan anggur ialah Zabdi, orang Syifmi.

1Ch 27:28 Yang mengawasi pohon-pohon zaitun dan pohon-pohon ara di Daerah Bukit ialah Baal-Hanan, orang Gederi; yang mengawasi persediaan minyak ialah Yoas.

1Ch 27:29 Yang mengawasi lembu sapi yang digembalakan di tanah Saron ialah Sitrai, orang Saron; yang mengawasi lembu sapi di lembah-lembah ialah Safat bin Adlai.

1Ch 27:30 Yang mengawasi unta-unta ialah Obil, orang Ismael; yang mengawasi keledai-keledai betina ialah Yehdeya, orang Meronot.

1Ch 27:31 Yang mengawasi kambing domba ialah Yazis, orang Hagri. Mereka ini sekalian ialah para pengawas harta milik raja Daud.

1Ch 27:32 Yonatan, saudara ayah Daud, adalah penasihat; dia seorang cerdas dan ahli kitab. Yehiel bin Hakhmoni membantu anak-anak raja.

1Ch 27:33 Ahitofel adalah penasihat raja; Husai, orang Arki, adalah sahabat raja.

1Ch 27:34 Yang menggantikan Ahitofel kemudian ialah Yoyada bin Benaya dan Abyatar. Panglima raja ialah Yoab.


Tafsiran Wycliffe


Pengaturan Penduduk (27:1-34).

Israel yang berkembang pesat di bawah pemerintahan Daud sangat jauh berbeda dengan wilayah provinsi Yahudi yang miskin pada zaman Ezra.

Sekalipun kisah sekilas tentang kejayaan pengaturan masa lalu ini tidak memiliki relevansi politik bagi orang-orang buangan yang kembali pada waktu itu (dan juga kita semua!), keadaan tersebut pastilah sangat menggembirakan orang-orang zaman Ezra (seperti juga menggembirakan kita) dengan kenyataan, bahwa upah politik yang nyata tercakup di dalam ketetapan Allah bagi para hamba-Nya yang taat (bdg. Why. 2:26).

Pasal 27 ini dengan demikian mengulas: sistem militer Daud yang terdiri dari dua belas kesatuan tentara, masing-masing dengan komandannya, anak buah lengkapnya berjumlah dua puluh empat ribu orang yang masing-masing bertugas sepanjang satu bulan penuh setiap tahun (ay. 1-15); pengaturan wilayah yang diduduki setiap suku yang masing-masing dikepalai oleh satu orang kepala suku (ay. 16, 25); serta pengaturan sebuah kabinet pusat yang mengawasi kekayaan kerajaan (ay. 25-34).

2. Yang mengepalai rombongan pertama ... ialah. Masing-masing komandan berpangkat letnan jendral yang bertugas membawahi kedua belas pasukan Daud merupakan tentara yang handal (bdg. ps. 11 dengan ejaan nama yang kadang-kadang berbeda).

Yasobam. Panglima pertama dari tiga orang pahlawan yang menonjol kariernya (11:11).

3. Yasobam termasuk bani Peres yang merupakan salah satu di antara dua kepala kaum dari suku Yehuda (2:4).

4. Yang mengepalai rombongan bulan yang kedua ialah Dodai. Dia adalah pahlawan kedua di antara tiga pahlawan utama Daud (11:12).

Pemimpin rombongannya ... adalah Miklot. Tangan kanan Dodai.

5. Panglima yang ketiga untuk bulan yang ketiga ialah Benaya (11:22-25) anak imam kepala Yoyada (lih. taf. 12:27). Benaya adalah panglima pasukan Kreta (taf. 18:17).

6. Benaya adalah seorang dari ketiga puluh pahlawan. Lihat tafsiran 11:11, 21; 12:4.

7. Yang keempat untuk bulan yang keempat ialah Asael. Orang pertama dalam tiga puluh pahlawan kehormatan.

Dia terbunuh di dalam suatu pertempuran melawan Abner di awal pemerintahan Daud (taf. 11:26).

8. Yang kelima untuk bulan yang kelima ialah Samhut orang Yizrah. Samhut adalah dari orang Zerah (ay. 11, 13), kaum utama lainnya dari suku Yehuda (bdg. ay. 3). Dia merupakan anggota kelompok tiga puluh (11:27).

9. Yang keenam untuk ... dan seterusnya. Tujuh pemimpin sisa semua termasuk kelompok tiga puluh (11:28-31).

15. Heldai adalah keturunan Otniel, hakim Ibrani yang pertama (Hak. 1:13; 3:9-11).

17. Hasabya dan Zadok sang imam. Dengan demikian terdapat dua orang pemimpin yang diangkat untuk orang Lewi, sedangkan para pemimpin bagi suku Gad dan Asyer tidak dikenal oleh Ezra atau mungkin catatan tentang mereka hilang akibat kesalahan penyalin yang belakangan.

18. Elihu, salah seorang saudara Daud. Di bagian lain juga dinamakan Eliab (2:13).

21. Untuk suku Benyamin ialah Yaasiel bin Abner. Abner adalah jenderal terkenal dari raja Saul (26:28; I Sam. 14:50; bdg. I Taw. 8:33; 9:39).

23. Tuhan telah menjanjikan untuk membuat orang Israel sebanyak bintang-bintang di langit. Janji yang telah diutarakan lebih daripada seribu tahun sebelumnya kepada Abraham (Kej. 22;17).

Karena itu, Daud tidak memerintahkan untuk menghitung seluruh orang Israel yang tentu akan memberikan kesan meragukan janji tersebut.

Sekalipun demikian, tampaknya dia kurang percaya, bahwa Allah mampu melindungi kerajaannya sehingga melakukan kesalahan dengan mengadakan sensus dari para laki-laki yang mampu berperang (21:1-8).

28. Daerah Bukit. Wilayah perbukitan di antara dataran pantai Filistin dengan daerah perbukitan Yudea.

32. Yonatan. Daftar pejabat tinggi ini melengkapi daftar "kabinet" sebelumnya di 18:15-17 dan II Samuel 20:23-26.

34. Yang menggantikan Ahitofel ... ialah Yoyada. Ahitofel meninggalkan Daud dan bergabung dengan Absalom (II Sam. 15:12, 31; 16:20-23); tetapi ketika dihalangi oleh Husai sahabat raja; sebuah jabatan di dalam kabinet; (II Sam. 15:32-37; 17:17:1-16), Ahitofel bunuh diri (II Sam. 17:23).

Masa Akhir Daud (21:1-29:30).

Dosa Daud dengan Batsyeba telah menimbulkan rantai kejahatan yang panjang (bdg. kejahatan yang dilakukan Amnon putra raja Daud, II Sam. 13:4), yang semuanya berkisar pada pangeran Absalom dan berlangsung sepanjang sebelas tahun penuh (II Sam. 13:23, 38; 14:28; 15:7), atau dari sekitar tahun 990-979 sM.

Akan tetapi, perilaku yang sangat tidak terpuji semacam itu tidak mendukung tujuan Ezra untuk mewujudkan manusia yang saleh pada zamannya sendiri yang mengikuti teladan Daud.

Sebagian besar peristiwa yang tercatat di II Samuel 11-19, dengan demikian, tidak dicantumkan di dalam kisah Tawarikh ini (bdg. Pendahuluan, Tujuan penulisan).

Yang juga tidak dikemukakan ialah pemberontakan Syeba (II Sam. 20); sehingga baru sesudah tahun 975 sM, yaitu tahun-tahun terakhir kehidupan Daud, analisis sejarah Kitab Tawarikh ini dilanjutkan.

Waktu itu, kitab ini menelusuri jalannya sensus yang dilakukan oleh Daud (ps. 21), yang menghasilkan penyataan Allah tentang tempat yang akan dipakai untuk mendirikan Bait Allah serta sejumlah persiapan pembangunannya (ps. 22).

Hasil dari kepiawaian Daud di dalam mengatur bidang kehidupan religius (ps. 23-26) maupun urusan kenegaraan (ps. 27) dikisahkan di bagian ini yang dilanjutkan dengan perintah terakhir kepada bangsa itu, agar mereka tetap setia kepada Allah mereka (28-29).

Hanya pasal 21 yang juga dikisahkan di kitab yang lain.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel