1 Tawarikh: Penyanyi-penyanyi di Rumah TUHAN

Dalam perikop ini kita mendapat informasi mengenai peranan raja Daud dalam penyembahan kepada Tuhan, yaitu dengan menugaskan orang-orang Lewi untuk melayani sebagai penyanyi.

Klik:

1 Chronicles 6:31-47


1Ch 6:31 Inilah orang-orang yang ditugaskan oleh Daud memimpin nyanyian di rumah TUHAN sejak tabut itu mendapat tempat perhentian.

1Ch 6:32 Di hadapan Kemah Suci, yakni Kemah Pertemuan, mereka melayani sebagai penyanyi sampai Salomo mendirikan rumah TUHAN di Yerusalem. Mereka melakukan tugas jabatannya sesuai dengan peraturannya.

1Ch 6:33 Inilah orang-orang yang memegang tugas itu dengan anak-anak mereka: dari bani Kehat ialah Heman, penyanyi itu, anak Yoel bin Samuel

1Ch 6:34 bin Elkana bin Yeroham bin Eliel bin Toah

1Ch 6:35 bin Zuf bin Elkana bin Mahat bin Amasai

1Ch 6:36 bin Elkana bin Yoel bin Azaria bin Zefanya

1Ch 6:37 bin Tahat bin Asir bin Ebyasaf bin Korah

1Ch 6:38 bin Yizhar bin Kehat bin Lewi bin Israel.

1Ch 6:39 Kemudian di sebelah kanannya berdiri Asaf, saudara sesukunya, yaitu Asaf bin Berekhya bin Simea

1Ch 6:40 bin Mikhael bin Baaseya bin Malkia

1Ch 6:41 bin Etai bin Zerah bin Adaya

1Ch 6:42 bin Etan bin Zima bin Simei

1Ch 6:43 bin Yahat bin Gerson bin Lewi.

1Ch 6:44 Di sebelah kiri berdiri dari bani Merari, saudara-saudara sesuku mereka, Etan bin Kisi bin Abdi bin Malukh

1Ch 6:45 bin Hasabya bin Amazia bin Hilkia

1Ch 6:46 bin Amzi bin Bani bin Semer

1Ch 6:47 bin Mahli bin Musi bin Merari bin Lewi.


Tafsiran Wycliffe


32. Kemah Suci, yakni Kemah Pertemuan. Tempat di mana Allah berjumpa dengan umat-Nya dan yang tidak begitu penting adalah tempat umat bertemu satu sama lain (bdg. Kel. 29:42, 43).

42, 44. Etan dan Kisi juga dinamakan Yedutun (25:1) dan Kusaya (15:17).

Lewi (6:1-81).

Sekalipun suku Simeon dan Lewi telah memperoleh kutukan, bahwa suku mereka akan terserak di antara suku Israel lainnya (Kej. 34:24-30; 49:5-7), pengabdian Lewi di kemudian hari (Kel. 32:26-28) telah mengubah keadaan terserak ini menjadi berkat dan kepemimpinan religius (Ul. 33:8-11).

Ezra sendiri adalah seorang imam Lewi dan dia bangga akan daftar keturunannya (Ezr. 7:1-5); dan masyarakat pasca-pembuangan berpusat pada pelayanan ibadah suku Lewi (bdg. perhatian Ezra terhadap kehadiran mereka, 8:15-20).

Akan tetapi, sebuah daftar keturunan yang asli mutlak diperlukan untuk kedudukan seorang Lewi di tengah masyarakat (bdg. Ezr. 2:59-63); oleh karena itu pasal ini penting.

Pasal ini membicarakan tentang keluarga Lewi sebagaimana dicatat dalam Kejadian 46:11; Keluaran 6:17-19; Bilangan 3:17-20; 26:57-62 dan mencakup juga keturunan para imam besar (ay. 3-15, 49-53), tiga kelompok kaum Lewi (ay. 16-30), para anggota suku Lewi yang merupakan penyanyi (ay. 31-48), serta wilayah tersebar yang diserahkan kepada suku Lewi (ay. 54-81). Lihat juga pasal 23-26.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel