1 Tawarikh: Persiapan Untuk Mendirikan Bait Suci

Raja Daud tidak boleh mendirikan Bait Suci, namun Tuhan tidak melarangnya membuat persiapan-persiapan untuk membantu anaknya, Salomo yang akan mendirikan rumah bagi Nama Tuhan.

Klik:

1 Chronicles 22:2-19


1Ch 22:2 Daud menyuruh mengumpulkan orang-orang asing yang ada di negeri orang Israel, lalu ditempatkannya tukang-tukang untuk memahat batu-batu pahat yang akan dipakai untuk mendirikan rumah Allah.

1Ch 22:3 Selanjutnya Daud menyediakan sangat banyak besi untuk paku-paku bagi daun pintu gerbang dan bagi tupai-tupai, juga sangat banyak tembaga yang tidak tertimbang beratnya,

1Ch 22:4 dan kayu aras yang tidak terbilang banyaknya, sebab orang Sidon dan orang Tirus membawa sangat banyak kayu aras bagi Daud.

1Ch 22:5 Karena pikir Daud: "Salomo, anakku, masih muda dan kurang berpengalaman, dan rumah yang harus didirikannya bagi TUHAN haruslah luar biasa besarnya sehingga menjadi kenamaan dan termasyhur di segala negeri; sebab itu baiklah aku mengadakan persediaan baginya!" Lalu Daud membuat sangat banyak persediaan sebelum ia mati.

1Ch 22:6 Kemudian dipanggilnya Salomo, anaknya, dan diberinya perintah kepadanya untuk mendirikan rumah bagi TUHAN, Allah Israel,

1Ch 22:7 kata Daud kepada Salomo: "Anakku, aku sendiri bermaksud hendak mendirikan rumah bagi nama TUHAN, Allahku,

1Ch 22:8 tetapi firman TUHAN datang kepadaku, demikian: Telah kautumpahkan sangat banyak darah dan telah kaulakukan peperangan yang besar; engkau tidak akan mendirikan rumah bagi nama-Ku, sebab sudah banyak darah kautumpahkan ke tanah di hadapan-Ku.

1Ch 22:9 Sesungguhnya, seorang anak laki-laki akan lahir bagimu; ia akan menjadi seorang yang dikaruniai keamanan. Aku akan mengaruniakan keamanan kepadanya dari segala musuhnya di sekeliling. Ia akan bernama Salomo; sejahtera dan sentosa akan Kuberikan atas Israel pada zamannya.

1Ch 22:10 Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan dialah yang akan menjadi anak-Ku dan Aku akan menjadi Bapanya; Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya atas Israel sampai selama-lamanya.

1Ch 22:11 Maka sekarang, hai anakku, TUHAN kiranya menyertai engkau, sehingga engkau berhasil mendirikan rumah TUHAN, Allahmu, seperti yang difirmankan-Nya mengenai engkau.

1Ch 22:12 Hanya, TUHAN kiranya memberikan kepadamu akal budi dan pengertian dan membuat engkau menjadi pemegang perintah atas Israel, supaya engkau memelihara Taurat TUHAN, Allahmu.

1Ch 22:13 Maka engkau akan berhasil, jika engkau melakukan dengan setia ketetapan-ketetapan dan hukum-hukum yang diperintahkan TUHAN kepada Musa untuk orang Israel. Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan janganlah tawar hati.

1Ch 22:14 Sesungguhnya, sekalipun dalam kesusahan, aku telah menyediakan untuk rumah TUHAN itu seratus ribu talenta emas dan sejuta talenta perak dan sangat banyak tembaga dan besi, sehingga beratnya tidak tertimbang; juga aku telah menyediakan kayu dan batu. Tetapi baiklah engkau menambahnya lagi.

1Ch 22:15 Lagipula engkau mempunyai sangat banyak pekerja, yakni pemahat-pemahat batu, tukang-tukang batu dan kayu dan orang-orang yang ahli dalam segala macam pekerjaan

1Ch 22:16 emas, perak, tembaga dan besi, yang tidak terhitung banyaknya. Mulailah bekerja! TUHAN kiranya menyertai engkau!"

1Ch 22:17 Dan Daud memberi perintah kepada segala pembesar Israel itu untuk memberi bantuan kepada Salomo, anaknya, katanya:

1Ch 22:18 "Bukankah TUHAN, Allahmu, menyertai kamu dan telah mengaruniakan keamanan kepadamu ke segala penjuru. Sungguh, Ia telah menyerahkan penduduk negeri ini ke dalam tanganku, sehingga negeri ini takluk ke hadapan TUHAN dan kepada umat-Nya.

1Ch 22:19 Maka sekarang, arahkanlah hati dan jiwamu untuk mencari TUHAN, Allahmu. Mulailah mendirikan tempat kudus TUHAN, Allah, supaya tabut perjanjian TUHAN dan perkakas kudus Allah dapat dibawa masuk ke dalam rumah yang didirikan bagi nama TUHAN."


Tafsiran Wycliffe


5. Salomo ... masih muda dan kurang berpengalaman. Tampaknya Salomo adalah putra keempat Daud dari Batsyeba (3:5). Jadi, jika dia dilahirkan pada tahun 990 sM, usianya adalah dua puluh tahun ketika dia naik takhta.

8. Firman Tuhan datang kepadaku. Disampaikan oleh Natan sebelum Salomo dilahirkan (17:4).

Telah kaulakukan peperangan yang besar. Bukan berarti peperangan pasti tidak diperlukan dan selalu salah (bdg. 14:10; 19:13).

Tetapi Daud telah bertindak terlalu jauh; dia bersalah karena telah menumpahkan darah yang tidak perlu (mis. II Sam. 8:2).

9. Ia akan bernama Salomo. Dalam bahasa Ibrani artinya, sejahtera dan sentosa.

10. Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan ... Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya. Kutipan langsung dari 17:12-14, yaitu nubuat Natan, bahwa Salomo akan mendirikan Bait Allah.

Namun anak kalimat sisipan dialah yang akan menjadi anak-Ku dan Aku akan menjadi Bapanya mengacu kepada Kristus (17:13).

Alkitab tampaknya mencantumkan hal itu di sini hanya sebagai sarana untuk mengaitkan nas-nas yang ada sebelumnya dengan nas yang sesudahnya.

Bandingkan dicantumkannya Kisah Para Rasul 2:19, 20 di dalam kutipan menyeluruh yang menjangkau Kisah para Rasul 2:17-21 sebagai contoh lain dari kutipan yang berbentuk sama.

14. Sekalipun dalam kesusahan. Melalui kerja keras.

Semua sumber daya yang dimiliki oleh Daud akhirnya melampaui seluruh kekayaan yang dimiliki oleh putranya yang kaya (II Taw. 9:13).

Seratus ribu talenta emas dan sejuta talenta perak. Ketika tafsiran ini dibuat seluruh harta kekayaan tersebut diduga sebesar $ 6.000.000.000, dan ketika itu harga jualnya jauh melampaui jumlah tersebut.

16. Emas ... yang tidak terhitung banyaknya. "Tentang mereka yang bekerja mengolah emas ... tidak bisa dihitung jumlahnya."

17. Segala pembesar Israel. Semua pemimpin nasional maupun pemimpin suku yang tidak harus dari kalangan bangsawan (demikian di 23:2 dan seterusnya).

19. Tabut Perjanjian Tuhan ... dapat dibawa masuk ke dalam rumah. Dengan demikian rencana Daud yang semula terlaksana sudah (ps. 13; 15; 16; 17).

Persiapan-persiapan Bait Allah (22:1-19).

Suatu pendorong yang efektif untuk pengabdian pada masa mendatang kepada Bait Allah pasca-pembuangan ialah teladan penyerahan yang dilakukan Daud ketika membuat sejumlah persiapan untuk model Bait Allah pra-pembuangan (bdg. ps. 28, 29).

Karena itu penulis Tawarikh bersukacita dalam mengisahkan kembali usaha-usaha Daud (ay. 2-5) dan sejumlah nasihat yang dengannya ia mendorong putranya, Salomo (ay. 6-15) dan para pemimpin Israel (ay. 17-19) untuk melaksanakan tugas yang suci itu.

1. Di sinilah rumah Tuhan. Tempat pengirikan Ornan di Gunung Moria di tempat mana sesaat lagi akan didirikan Bait Allah oleh Salomo (II Taw. 3: 1).

Jadi rupanya Mazmur 30 yang dinyatakan sebagai digubah oleh Daud untuk "penahbisan Bait Suci" sesungguhnya digubah pada saat ini.

Ayat kelima dan keenam dari Mazmur ini dengan bagus merangkum pengalaman Daud dari I Tawarikh 21.

Masa Akhir Daud (21:1-29:30).

Dosa Daud dengan Batsyeba telah menimbulkan rantai kejahatan yang panjang (bdg. kejahatan yang dilakukan Amnon putra raja Daud, II Sam. 13:4), yang semuanya berkisar pada pangeran Absalom dan berlangsung sepanjang sebelas tahun penuh (II Sam. 13:23, 38; 14:28; 15:7), atau dari sekitar tahun 990-979 sM.

Akan tetapi, perilaku yang sangat tidak terpuji semacam itu tidak mendukung tujuan Ezra untuk mewujudkan manusia yang saleh pada zamannya sendiri yang mengikuti teladan Daud.

Sebagian besar peristiwa yang tercatat di II Samuel 11-19, dengan demikian, tidak dicantumkan di dalam kisah Tawarikh ini (bdg. Pendahuluan, Tujuan penulisan).

Yang juga tidak dikemukakan ialah pemberontakan Syeba (II Sam. 20); sehingga baru sesudah tahun 975 sM, yaitu tahun-tahun terakhir kehidupan Daud, analisis sejarah Kitab Tawarikh ini dilanjutkan.

Waktu itu, kitab ini menelusuri jalannya sensus yang dilakukan oleh Daud (ps. 21), yang menghasilkan penyataan Allah tentang tempat yang akan dipakai untuk mendirikan Bait Allah serta sejumlah persiapan pembangunannya (ps. 22).

Hasil dari kepiawaian Daud di dalam mengatur bidang kehidupan religius (ps. 23-26) maupun urusan kenegaraan (ps. 27) dikisahkan di bagian ini yang dilanjutkan dengan perintah terakhir kepada bangsa itu, agar mereka tetap setia kepada Allah mereka (28-29).

Hanya pasal 21 yang juga dikisahkan di kitab yang lain.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel