1 Tawarikh: Kota-kota Orang Lewi

Perikop ini memberikan informasi mengenai kota-kota yang sudah dibagikan Yosua kepada orang-orang Lewi pada saat mereka masuk ke tanah Kanaan.

Klik:

1 Chronicles 6:54-81


1Ch 6:54 Inilah tempat-tempat kediaman mereka menurut tempat-tempat perkemahan mereka di daerah mereka: kepada keturunan Harun yang termasuk kaum orang Kehat--karena bagi merekalah undian yang pertama--

1Ch 6:55 kepada mereka diberikan Hebron di tanah Yehuda dengan tanah-tanah penggembalaan di sekelilingnya,

1Ch 6:56 tetapi tanah ladang kota tadi dengan desa-desanya telah diberikan kepada Kaleb bin Yefune.

1Ch 6:57 Kepada keturunan Harun diberikan Hebron kota perlindungan itu, kemudian Libna dengan tanah-tanah penggembalaannya, dan Yatir, lalu Estemoa dengan tanah-tanah penggembalaannya;

1Ch 6:58 Hilen dengan tanah-tanah penggembalaannya, Debir dengan tanah-tanah penggembalaannya;

1Ch 6:59 Asan dengan tanah-tanah penggembalaannya, dan Bet-Semes dengan tanah-tanah penggembalaannya;

1Ch 6:60 dan dari suku Benyamin: Geba dengan tanah-tanah penggembalaannya, Alemet dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Anatot dengan tanah-tanah penggembalaannya. Seluruhnya kota-kota mereka ada tiga belas yang dibagikan di antara kaum-kaum mereka.

1Ch 6:61 Dan keturunan Kehat yang selebihnya mendapat dengan undian sepuluh kota dari kaum suku itu, yakni dari suku Manasye yang setengah itu.

1Ch 6:62 Kepada keturunan Gerson menurut kaum-kaum mereka diberikan tiga belas kota dari suku Isakhar, dari suku Asyer, dari suku Naftali dan dari suku Manasye yang di Basan.

1Ch 6:63 Kepada keturunan Merari menurut kaum-kaum mereka diberikan dengan diundi dua belas kota dari suku Ruben, dari suku Gad dan dari suku Zebulon.

1Ch 6:64 Jadi orang Israel memberikan kepada orang Lewi kota-kota itu dengan tanah-tanah penggembalaannya.

1Ch 6:65 Mereka memberikan juga dengan diundi kota-kota tadi, yang mereka sebutkan nama-namanya, dari suku bani Yehuda, dari suku bani Simeon dan dari suku bani Benyamin.

1Ch 6:66 Kaum-kaum yang lain dari keturunan Kehat mendapat kota-kota dari suku Efraim sebagai daerah mereka.

1Ch 6:67 Kepada mereka diberikan Sikhem, kota perlindungan itu, dengan tanah-tanah penggembalaannya, di pegunungan Efraim, lalu Gezer dengan tanah-tanah penggembalaannya,

1Ch 6:68 Yokmeam dengan tanah-tanah penggembalaannya, Bet-Horon dengan tanah-tanah penggembalaannya,

1Ch 6:69 Ayalon dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Gat-Rimon dengan tanah-tanah penggembalaannya.

1Ch 6:70 Dan dari suku Manasye yang setengah itu: Aner dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Bileam dengan tanah-tanah penggembalaannya. Jadi kota-kota itu diberikan kepada kaum-kaum yang selebihnya dari keturunan Kehat.

1Ch 6:71 Keturunan Gerson mendapat dari kaum suku Manasye yang setengah itu; Golan yang di Basan dengan tanah-tanah penggembalaannya, lalu Asytarot dengan tanah-tanah penggembalaannya;

1Ch 6:72 dari suku Isakhar: Kedesh dengan tanah-tanah penggembalaannya; Daberat dengan tanah-tanah pengembalaannya,

1Ch 6:73 Ramot dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Anem dengan tanah-tanah penggembalaannya;

1Ch 6:74 dari suku Asyer: Masal dengan tanah-tanah penggembalaannya, Abdon dengan tanah-tanah penggembalaannya,

1Ch 6:75 Hukok dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Rehob dengan tanah-tanah penggembalaannya;

1Ch 6:76 dari suku Naftali: Kedesh yang di Galilea dengan tanah-tanah penggembalaannya, Hamon dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Kiryataim dengan tanah-tanah penggembalaannya.

1Ch 6:77 Keturunan Merari yang selebihnya mendapat dari suku Zebulon: Rimono dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Tabor dengan tanah-tanah penggembalaannya;

1Ch 6:78 dan di seberang sungai Yordan dekat Yerikho, di sebelah timur sungai Yordan, diberikan dari suku Ruben: Bezer yang di padang gurun dengan tanah-tanah penggembalaannya, Yahas dengan tanah-tanah penggembalaannya,

1Ch 6:79 Kedemot dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Mefaat dengan tanah-tanah penggembalaannya;

1Ch 6:80 dan dari suku Gad: Ramot di Gilead dengan tanah-tanah penggembalaannya, Mahanaim dengan tanah-tanah penggembalaannya,

1Ch 6:81 Hesybon dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Yaezer dengan tanah-tanah penggembalaannya.


Tafsiran Wycliffe


54. Bagi merekalah undian yang pertama. Undian yang pertama untuk pembagian negeri tersebut yang dilakukan pada tahun 1400 sM (Yos. 21:10).

Ayat-ayat berikutnya tentang kota kota suku Lewi sama dengan Yosua 21:3-40.

56. Telah diberikan kepada Kaleb. Seperti dijanjikan oleh Musa dan Yosua (Yos. 14:6-15).

57. Kota perlindungan. Tentang enam kota perlindungan ini, lihat Bilangan 35; Ulangan 19:1-10; Yosua 20.

60. Tiga belas. Hanya sebelas kota yang disebutkan namanya dalam naskah kita, sedangkan nama yang lain harus dicari di Yosua 21.

61. Mendapat dengan undian sepuluh kota . . yakni dari suku Manasye yang setengah itu, dan juga dari suku Efraim dan suku Dan (bdg. ay. 66 dan Yos. 21:5).

Lewi (6:1-81).

Sekalipun suku Simeon dan Lewi telah memperoleh kutukan, bahwa suku mereka akan terserak di antara suku Israel lainnya (Kej. 34:24-30; 49:5-7), pengabdian Lewi di kemudian hari (Kel. 32:26-28) telah mengubah keadaan terserak ini menjadi berkat dan kepemimpinan religius (Ul. 33:8-11).

Ezra sendiri adalah seorang imam Lewi dan dia bangga akan daftar keturunannya (Ezr. 7:1-5); dan masyarakat pasca-pembuangan berpusat pada pelayanan ibadah suku Lewi (bdg. perhatian Ezra terhadap kehadiran mereka, 8:15-20).

Akan tetapi, sebuah daftar keturunan yang asli mutlak diperlukan untuk kedudukan seorang Lewi di tengah masyarakat (bdg. Ezr. 2:59-63); oleh karena itu pasal ini penting.

Pasal ini membicarakan tentang keluarga Lewi sebagaimana dicatat dalam Kejadian 46:11; Keluaran 6:17-19; Bilangan 3:17-20; 26:57-62 dan mencakup juga keturunan para imam besar (ay. 3-15, 49-53), tiga kelompok kaum Lewi (ay. 16-30), para anggota suku Lewi yang merupakan penyanyi (ay. 31-48), serta wilayah tersebar yang diserahkan kepada suku Lewi (ay. 54-81). Lihat juga pasal 23-26.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel