Ezra: Daftar Orang-orang Yang Kembali Dari Pembuangan

Klik:

Ezra 2


Ezr 2:1 Inilah orang-orang propinsi Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan, yakni para tawanan, yang dahulu diangkut ke Babel oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang kembali ke Yerusalem dan ke Yehuda, masing-masing ke kotanya.

Ezr 2:2 Mereka datang bersama-sama Zerubabel, Yesua, Nehemia, Seraya, Reelaya, Mordekhai, Bilsan, Mispar, Bigwai, Rehum dan Baana. Inilah daftar orang-orang bangsa Israel:

Ezr 2:3 bani Paros: dua ribu seratus tujuh puluh dua orang;

Ezr 2:4 bani Sefaca: tiga ratus tujuh puluh dua orang;

Ezr 2:5 bani Arah: tujuh ratus tujuh puluh lima orang;

Ezr 2:6 bani Pahat-Moab, yakni anak-anak Yesua dan Yoab: dua ribu delapan ratus dua belas orang;

Ezr 2:7 bani Elam: seribu dua ratus lima puluh empat orang;

Ezr 2:8 bani Zatu: sembilan ratus empat puluh lima orang;

Ezr 2:9 bani Zakai: tujuh ratus enam puluh orang;

Ezr 2:10 bani Bani: enam ratus empat puluh dua orang;

Ezr 2:11 bani Bebai: enam ratus dua puluh tiga orang;

Ezr 2:12 bani Azgad: seribu dua ratus dua puluh dua orang;

Ezr 2:13 bani Adonikam: enam ratus enam puluh enam orang;

Ezr 2:14 bani Bigwai: dua ribu lima puluh enam orang;

Ezr 2:15 bani Adin: empat ratus lima puluh empat orang;

Ezr 2:16 bani Ater, yakni bani Hizkia: sembilan puluh delapan orang;

Ezr 2:17 bani Bezai: tiga ratus dua puluh tiga orang;

Ezr 2:18 bani Yora: seratus dua belas orang;

Ezr 2:19 bani Hasum: dua ratus dua puluh tiga orang;

Ezr 2:20 bani Gibar: sembilan puluh lima orang;

Ezr 2:21 dari Betlehem: seratus dua puluh tiga orang;

Ezr 2:22 orang-orang Netofa: lima puluh enam orang;

Ezr 2:23 orang-orang Anatot: seratus dua puluh delapan orang;

Ezr 2:24 dari Asmawet: empat puluh dua orang;

Ezr 2:25 dari Kiryat-Arim, Kefira dan Beerot: tujuh ratus empat puluh tiga orang;

Ezr 2:26 dari Rama dan Gaba: enam ratus dua puluh satu orang;

Ezr 2:27 orang-orang Mikhmas: seratus dua puluh dua orang;

Ezr 2:28 orang-orang Betel dan Ai: dua ratus dua puluh tiga orang;

Ezr 2:29 dari Nebo: lima puluh dua orang;

Ezr 2:30 bani Magbis: seratus lima puluh enam orang;

Ezr 2:31 bani Elam, yakni Elam yang lain: seribu dua ratus lima puluh empat orang;

Ezr 2:32 bani Harim: tiga ratus dua puluh orang;

Ezr 2:33 orang-orang dari Lod, Hadid dan Ono: tujuh ratus dua puluh lima orang;

Ezr 2:34 dari Yerikho: tiga ratus empat puluh lima orang;

Ezr 2:35 bani Senaa: tiga ribu enam ratus tiga puluh orang.

Ezr 2:36 Inilah para imam: bani Yedaya, yakni kaum keluarga Yesua: sembilan ratus tujuh puluh tiga orang;

Ezr 2:37 bani Imer: seribu lima puluh dua orang;

Ezr 2:38 bani Pasyhur: seribu dua ratus empat puluh tujuh orang;

Ezr 2:39 bani Harim: seribu tujuh belas orang.

Ezr 2:40 Inilah orang-orang Lewi: bani Yesua dan Kadmiel, yakni bani Hodawya: tujuh puluh empat orang.

Ezr 2:41 Inilah para penyanyi: bani Asaf: seratus dua puluh delapan orang.

Ezr 2:42 Inilah kaum penunggu pintu gerbang: bani Salum, bani Ater, bani Talmon, bani Akub, bani Hatita, bani Sobai, semuanya seratus tiga puluh sembilan orang.

Ezr 2:43 Inilah para budak di bait Allah: bani Ziha, bani Hasufa, bani Tabaot;

Ezr 2:44 bani Keros, bani Siaha, bani Padon;

Ezr 2:45 bani Lebana, bani Hagaba, bani Akub;

Ezr 2:46 bani Hagab, bani Samlai, bani Hanan;

Ezr 2:47 bani Gidel, bani Gahar, bani Reaya;

Ezr 2:48 bani Rezin, bani Nekoda, bani Gazam;

Ezr 2:49 bani Uza, bani Paseah, bani Besai;

Ezr 2:50 bani Asna, bani Meunim, bani Nefusim;

Ezr 2:51 bani Bakbuk, bani Hakufa, bani Harhur;

Ezr 2:52 bani Bazlut, bani Mehida, bani Harsa;

Ezr 2:53 bani Barkos, bani Sisera, bani Temah;

Ezr 2:54 bani Neziah, bani Hatifa.

Ezr 2:55 Inilah keturunan para hamba Salomo: bani Sotai, bani Soferet, bani Peruda;

Ezr 2:56 bani Yaala, bani Darkon, bani Gidel;

Ezr 2:57 bani Sefaca, bani Hatil, bani Pokheret-Hazebaim, bani Ami.

Ezr 2:58 Seluruh budak di bait Allah dan keturunan para hamba Salomo ada tiga ratus sembilan puluh dua orang.

Ezr 2:59 Inilah orang-orang yang berangkat pulang dari Tel-Melah, Tel-Harsa, Kerub, Adan dan Imer, tetapi mereka tidak dapat menyatakan apakah kaum keluarga dan asal usul mereka termasuk bangsa Israel:

Ezr 2:60 bani Delaya, bani Tobia, bani Nekoda, enam ratus lima puluh dua orang;

Ezr 2:61 dan dari antara kaum imam: bani Habaya, bani Hakos, bani Barzilai. Barzilai itu memperisteri seorang anak perempuan Barzilai, orang Gilead itu, dan sejak itu ia dinamai menurut nama keluarga itu.

Ezr 2:62 Mereka itu menyelidiki apakah nama mereka tercatat dalam silsilah, tetapi karena itu tidak didapati, maka mereka dinyatakan tidak tahir untuk jabatan imam.

Ezr 2:63 Dan tentang mereka diputuskan oleh kepala daerah, bahwa mereka tidak boleh makan dari persembahan maha kudus, sampai ada seorang imam bertindak dengan memegang Urim dan Tumim.

Ezr 2:64 Seluruh jemaah itu bersama-sama ada empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang,

Ezr 2:65 selain dari budak mereka laki-laki dan perempuan yang berjumlah tujuh ribu tiga ratus tiga puluh tujuh orang. Pada mereka ada dua ratus penyanyi laki-laki dan perempuan.

Ezr 2:66 Mereka mempunyai tujuh ratus tiga puluh enam ekor kuda, dua ratus empat puluh lima ekor bagal,

Ezr 2:67 empat ratus tiga puluh lima ekor unta, dan enam ribu tujuh ratus dua puluh ekor keledai.

Ezr 2:68 Beberapa kepala kaum keluarga, tatkala datang ke rumah TUHAN yang di Yerusalem, mempersembahkan persembahan sukarela guna pembangunan rumah Allah pada tempatnya semula.

Ezr 2:69 Mereka memberi sumbangan sekadar kemampuan mereka untuk perbendaharaan guna pekerjaan itu sebanyak enam puluh satu ribu dirham emas, lima ribu mina perak dan seratus helai kemeja imam.

Ezr 2:70 Adapun para imam dan orang-orang Lewi, dan juga sebagian dari rakyat, serta para penyanyi, para penunggu pintu gerbang dan para budak di bait Allah menetap di kota-kota mereka, demikian juga semua orang Israel yang lain, masing-masing di kota-kotanya sendiri.


Tafsiran Wycliffe


Orang-orang yang Kembali (2:1-70).

Daftar ini dibagi menjadi delapan kelompok: Zerubabel dan mereka yang bersama dengannya (ay. 1, 2); para keluarga Yahudi (ay. 3-19); kota-kota di Palestina (ay. 20-35); para imam (ay. 36-39); orang-orang Lewi (ay. 40-42); para budak di Bait Allah (ay. 43-54); para hamba Salomo (ay. 55-58) dan orang-orang yang keturunannya tidak jelas (ay. 59-63).

Bagian ini diakhiri dengan daftar sejumlah angka total (ay. 64-67) dan pernyataan singkat tentang kedatangan mereka serta apa yang mereka persembahkan untuk rumah Allah (ay. 68-70).

2. Mereka datang bersama-sama Zerubabel, Yesua, Nehemia . . . Menurut Nehemia 7:7 terdapat dua belas orang di dalam kelompok pemimpin ini.

Yesua, atau Yosua, adalah imam besar (3:2), cucu imam besar Seria yang dibunuh oleh Nebukadnezar di Ribla (II Raj. 25:18-21; bdg. I Taw. 6:14).

Nehemia yang disebutkan di sini jelas bukan gubernur terkenal yang memerintah delapan puluh tahun kemudian.

3-19. Banyak di antara nama yang disebutkan di sini muncul kembali di Ezra 8 dan 10 serta di Nehemia 10.

Jadi yang disebutkan di sini bukan nama orang-orang yang hidup pada saat itu, namun nama keluarga-keluarga yang sudah tua dan mapan.

Beberapa anggota dari keluarga tua yang mapan ini kembali bersama Zerubabel pada tahun 530 sM dan sisanya baru datang kemudian bersama Ezra.

20-25. Sebagian besar kota ini disebutkan juga di bagian Perjanjian Lama lainnya.

36-39. Yedaya mungkin adalah nama seorang kepala keluarga di kalangan keluarga imam besar Yesua, yang merupakan keturunan Eleazar, putra ketiga Harun.

Imer adalah nama rombongan keenam belas dari para imam (I Taw. 24:14).

Pasyhur mungkin merupakan nama lain dari keluarga Malkhiya, rombongan kelima dari para imam (I Taw. 24:9; bdg. I Taw. 9:12; Neh. 11:12).

Harim merupakan nama rombongan ketiga dari para imam (I Taw. 24:8).

40-42. Disebutkan adanya tiga golongan orang Lewi:
(1) orang-orang Lewi biasa yang membantu para imam di dalam melaksanakan tugasnya;
(2) para penyanyi: dan
(3) para penjaga pintu gerbang Bait Allah.

Yang kembali bersama Zerubabel hanyalah tiga ratus empat puluh satu orang Lewi dibandingkan dengan empat ribu dua ratus delapan puluh sembilan orang imam.

Ezra juga menghadapi keengganan yang sama dari pihak orang Lewi untuk pulang ke Israel pada zamannya (8:15).

Keengganan ini sulit untuk dipahami.

43-54. Para budak di Bait Allah barangkali adalah keturunan Gibeon yang telah dipaksa oleh Yosua untuk melakukan pekerjaan yang kasar (Yos. 9).

55-58. Para hamba Salomo pastilah merupakan keturunan dari tawanan-tawanan perang Salomo. Mereka juga termasuk budak di Bait Allah (ay. 58).

59-62. Disebutkan adanya tiga keluarga rakyat biasa (ay. 59, 60) dan tiga keluarga imam (ay. 61, 62) yang tidak jelas asal-usulnya sehingga secara resmi mereka tidak diikutsertakan sekalipun diizinkan untuk ikut pulang bersama dengan orang-orang Yahudi lainnya di dalam perjalanan itu.

63. Kepala daerah. Sebutan ini mengacu kepada gubernur, yaitu Zerubabel.

Di Nehemia 8:9 panggilan ini dikenakan kepada Nehemia.

Sampai ada seorang imam bertindak dengan memegang Urim dan Tumim. Dalam Keluaran 28:30 Urim dan Tumim disebutkan sebagai bagian dari jubah resmi seorang imam besar.

Urim dan Tumim dipakai dengan cara tertentu untuk mengetahui kehendak Allah.

Tetapi kelihatannya kehendak Allah tidak bisa lagi diketahui dengan cara ini sesudah kemuliaan Syekina meninggalkan Bait Allah pada tahun 592 sM (ps. 8-11).

Harapan sungguh-sungguh Zerubabel (dan juga harapan semua orang Yahudi yang saleh) agar keadaan yang menyedihkan tersebut tidak berlanjut secara berkepanjangan, tentu tidak terpenuhi, dan persoalan enam keluarga ini tidak terpecahkan.

64-67. Jumlah empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang yang disebutkan di sini sama dengan jumlah yang disebutkan dalam Nehemia 7:66, tetapi angka sesungguhnya di pasal 2 hanya mencapai dua puluh sembilan ribu delapan ratus delapan belas orang dan jumlah yang disebutkan di Nehemia 7 jumlahnya hanya mencapai tiga puluh satu ribu delapan puluh delapan orang saja.

Di dalam menyalin angka-angka yang terdapat di dalam Perjanjian Lama, kadang-kadang terjadi perubahan dan penghilangan karena penyalinan yang berulang-ulang; mungkin hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan tersebut.

Dua ratus penyanyi laki-laki dan perempuan (ay. 65). Mereka ini adalah orang-orang non-Israel yang disewa untuk menyanyi pada saat perayaan atau meratap pada saat ada yang meninggal, sebagai tambahan untuk melengkapi penyanyi-penyanyi suku Lewi.

68-70. Beberapa kepala kaum keluarga, tatkala datang ke rumah Tuhan. Ungkapan yang menarik yang menunjukkan, bahwa keadaan ini tetap berlangsung di Yerusalem bahkan sesudah kota itu dihancurkan pada tahun 586 sM. Bandingkan Yeremia 41:5; Hagai 2:9.

Enam puluh satu ribu dirham emas. Lihat tafsiran-tafsiran atas nas yang paralel, Nehemia 7:70-72.

Semua orang Israel ... di kota-kotanya sendiri. Bandingkan Ezra 2:2b. Jelas, bahwa masing-masing suku di antara kedua belas suku Israel memiliki wakilnya di dalam ekspedisi ini, sebab para pengungsi dari suku-suku utara telah membanjiri Yehuda selama beberapa abad sebelum terjadi pembuangan ke Babel.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel