Nehemiah 11: Daftar Penduduk Yerusalem dan Yehuda

Klik:

Nehemiah 11


Neh 11:1 Para pemimpin bangsa menetap di Yerusalem, sedang orang-orang lain membuang undi untuk menentukan satu dari sepuluh orang yang harus menetap di Yerusalem, kota yang kudus itu, sedang yang sembilan orang lagi tinggal di kota-kota yang lain.

Neh 11:2 Orang-orang memuji setiap orang yang rela menetap di Yerusalem.

Neh 11:3 Inilah kepala-kepala propinsi Yehuda yang menetap di Yerusalem, sedang di kota-kota di Yehuda setiap orang, yakni orang-orang Israel awam, para imam, orang-orang Lewi, para budak di bait Allah dan keturunan para hamba Salomo, tinggal di tanah miliknya, di kotanya sendiri.

Neh 11:4 Di Yerusalem tinggal orang-orang dari bani Yehuda dan bani Benyamin. Dari anak-anak Yehuda: Ataya bin Uzia bin Zakharia bin Amarya bin Sefaca bin Mahalaleel dari bani Peres,

Neh 11:5 dan Maaseya bin Barukh bin Kolhoze bin Hazaya bin Adaya bin Yoyarib bin Zakharia keturunan orang Syela.

Neh 11:6 Semua bani Peres yang tinggal di Yerusalem berjumlah empat ratus enam puluh delapan orang yang gagah perkasa.

Neh 11:7 Dan inilah bani Benyamin: Salu bin Mesulam bin Yoed bin Pedaya bin Kolaya bin Maaseya bin Itiel bin Yesaya.

Neh 11:8 Dan sesudah dia: Gabai, Salai: sembilan ratus dua puluh delapan orang.

Neh 11:9 Yoel bin Zikhri adalah pengawas mereka, sedang Yehuda bin Hasenua adalah wakil penguasa kota.

Neh 11:10 Dari para imam: Yedaya bin Yoyarib, Yakhin,

Neh 11:11 Seraya bin Hilkia bin Mesulam bin Zadok bin Merayot bin Ahitub, pemuka rumah Allah,

Neh 11:12 dan saudara-saudara mereka yang bertugas di rumah itu: delapan ratus dua puluh dua orang. Pula Adaya bin Yeroham bin Pelalya bin Amzi bin Zakharia bin Pasyhur bin Malkia

Neh 11:13 dan saudara-saudaranya, kepala-kepala kaum keluarga: dua ratus empat puluh dua orang. Dan Amasai bin Asareel bin Ahzai bin Mesilemot bin Imer,

Neh 11:14 dan saudara-saudara mereka, pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa, seratus dua puluh delapan orang dengan Zabdiel bin Gedolim sebagai pengawas mereka.

Neh 11:15 Dari orang-orang Lewi: Semaya bin Hasub bin Azrikam bin Hasabya bin Buni.

Neh 11:16 Pula Sabetai dan Yozabad, kepala-kepala orang-orang Lewi, yang mengawasi pekerjaan di luar rumah Allah.

Neh 11:17 Lalu Matanya bin Mikha bin Zabdi bin Asaf, pemimpin yang mengangkat nyanyian syukur dalam doa, dan Bakbukya, orang kedua di antara saudara-saudaranya, dan Abda bin Samua bin Galal bin Yedutun.

Neh 11:18 Semua orang Lewi di kota kudus ada dua ratus delapan puluh empat orang.

Neh 11:19 Para penunggu pintu gerbang: Akub dan Talmon dengan saudara-saudara mereka yang mengadakan penjagaan di pintu-pintu gerbang, berjumlah seratus tujuh puluh dua orang.

Neh 11:20 Selebihnya dari orang-orang Israel awam dan dari para imam dan orang-orang Lewi ada di semua kota Yehuda, masing-masing di tanah pusakanya.

Neh 11:21 Tetapi para budak di bait Allah tinggal di Ofel. Ziha dan Gispa adalah pemimpin para budak di bait Allah itu.

Neh 11:22 Pengawas orang-orang Lewi di Yerusalem adalah Uzi bin Bani bin Hasabya bin Matanya bin Mikha dari bani Asaf, yakni para penyanyi yang menyanyi sementara berlangsung kebaktian di rumah Allah.

Neh 11:23 Karena mengenai mereka ada perintah raja yang menetapkan peraturan untuk para penyanyi menurut keperluan setiap hari.

Neh 11:24 Petahya bin Mesezabeel dari bani Zerah bin Yehuda diperbantukan kepada raja untuk segala urusan mengenai bangsa itu.

Neh 11:25 Tentang tempat-tempat kediaman di daerah perladangan, sebagian dari bani Yehuda tinggal di Kiryat-Arba dan segala anak kotanya, di Dibon dan segala anak kotanya dan di Yekabzeel dan desa-desanya;

Neh 11:26 di Yesua, di Molada dan Bet-Pelet,

Neh 11:27 di Hazar-Sual, di Bersyeba dan segala anak kotanya,

Neh 11:28 di Ziklag, di Mekhona dan segala anak kotanya,

Neh 11:29 di En-Rimon, Zora, Yarmut,

Neh 11:30 Zanoah, Adulam dan desa-desanya, di Lakhis dan ladang-ladangnya, dan di Azeka dan segala anak kotanya. Demikianlah mereka berkampung dari Bersyeba sampai lebak Hinom.

Neh 11:31 Dan bani Benyamin tinggal mulai dari Geba, di Mikhmas, di Aya, di Betel dan segala anak kotanya,

Neh 11:32 di Anatot, Nob dan Ananya,

Neh 11:33 di Hazor, Rama dan Gitaim,

Neh 11:34 di Hadid, Zeboim dan Nebalat,

Neh 11:35 di Lod dan di Ono, Lembah Tukang-tukang.

Neh 11:36 Beberapa rombongan orang Lewi dari Yehuda bergabung dengan orang Benyamin.


Tafsiran Wycliffe


Daftar Penduduk (11:1-12:26).

Kisah Nehemia tentang usahanya untuk menempatkan orang-orang Yahudi murni di Yerusalem sesuai dengan daftar keluarga-keluarga yang kembali dari Babel (7:4 dst.) yang dipotong oleh narasi tentang berbagai upacara khusus yang harus dilaksanakan pada bulan yang ketujuh (ps. 8-10), kini dilanjutkan lagi (11:1, 2).

Sesudah itu disajikan daftar orang-orang yang tinggal di Yerusalem (11:3- 24); daftar kota-kota lain di mana tinggal orang-orang Yahudi (11:25-36); daftar para imam dan orang Lewi yang kembali bersama Zerubabel (12:1-9); dan daftar para imam besar, para imam dan orang-orang Lewi pada tahun-tahun belakangan (12:10-26).

1, 2. Sebagaimana dikemukakan di 7:4, Yerusalem hanya memiliki sedikit penduduk, mungkin karena bahaya-bahaya tinggal di sebuah kota yang tidak bertembok (khususnya sesudah malapetaka yang disebutkan di Neh. 1:3).

Di sini dikemukakan, bahwa orang-orang yang tinggal di Yerusalem sebagian besar adalah para pemuka.

Tidak diragukan lagi, bahwa Nehemia telah memanfaatkan kesempatan, selama kebangkitan kembali peraturan tentang hari raya bulan ketujuh, untuk mendorong orang lain agar pindah ke ibu kota itu.

Orang-orang menerima himbauan tersebut sebagai kehendak Yehova dalam hal ini, dan para kepala keluarga yang dengan sukarela menyetujui himbauan ini memperoleh berkat dari bangsa itu.

Yerusalem disebut kota yang kudus sebab Bait Suci ada di sana (Yes. 48:2).

3-24. Jumlah laki-laki yang tinggal di Yerusalem, tidak termasuk budak-budak di Bait Suci, adalah tiga ribu empat puluh empat jiwa.

Seandainya jumlah ini adalah sepersepuluh dari keseluruhan laki-laki yang tinggal di Yudea (ay. 1), maka penduduk telah berkembang secara cukup besar sepanjang abad sebelumnya; sebab lima puluh ribu orang yang kembali dari Babel bersama Zerubabel (Ezr. 2:64-67) tampaknya termasuk perempuan dan anak-anak.

25-36. Para kepala rumah tangga tidak disebutkan menurut distrik, tetapi hanya untuk kota-kota dari wilayah Yehuda sebelumnya.

Anehnya, kota Yerikho, Gibeon dan Mispa yang disebutkan di dalam Nehemia 3, tidak disebutkan di sini.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel