Nehemiah 12:27-43: Pentahbisan Tembok Yerusalem

Klik:

Nehemiah 12:27-43


Neh 12:27 Pada pentahbisan tembok Yerusalem orang-orang Lewi dipanggil dari segala tempat mereka dan dibawa ke Yerusalem untuk mengadakan pentahbisan yang meriah dengan ucapan syukur dan kidung, dengan ceracap, gambus dan kecapi.

Neh 12:28 Maka berkumpullah kaum penyanyi dari daerah sekitar Yerusalem, dari desa-desa orang Netofa,

Neh 12:29 dari Bet-Gilgal, dari padang Geba dan Asmawet, karena para penyanyi itu telah mendirikan desa-desa sekitar Yerusalem.

Neh 12:30 Para imam dan orang-orang Lewi mentahirkan dirinya, lalu mentahirkan seluruh umat itu, dan kemudian pintu-pintu gerbang dan tembok.

Neh 12:31 Lalu aku mempersilakan para pemimpin orang Yehuda naik ke atas tembok dan kubentuk dua paduan suara yang besar. Yang satu berarak ke kanan di atas tembok ke jurusan pintu gerbang Sampah.

Neh 12:32 Di belakangnya berjalanlah Hosaya dengan sebagian dari para pemimpin orang Yehuda,

Neh 12:33 pula Azarya, Ezra, Mesulam,

Neh 12:34 Yehuda, Benyamin, Semaya dan Yeremia,

Neh 12:35 dan dari kaum imam yang memegang nafiri: Zakharia bin Yonatan bin Semaya bin Matanya bin Mikha bin Zakur bin Asaf,

Neh 12:36 dan saudara-saudaranya, yakni: Semaya, Azareel, Milalai, Gilalai, Maai, Netaneel, Yehuda dan Hanani dengan bunyi-bunyian Daud, abdi Allah itu, sedang Ezra, ahli kitab itu berjalan di depan mereka.

Neh 12:37 Lalu pada pintu gerbang Mata Air mereka langsung naik tangga-tangga kota Daud, pada jalan pendakian tembok, lewat istana Daud, dan berjalan sampai pintu gerbang Air, di sebelah Timur.

Neh 12:38 Dan paduan suara yang kedua berarak ke kiri dan aku mengikutinya dengan sebagian dari orang-orang itu melalui tembok dan menara Perapian sampai tembok Lebar.

Neh 12:39 Lalu kami melalui pintu gerbang Efraim, pintu gerbang Lama, pintu gerbang Ikan, menara Hananeel dan menara Mea sampai pintu gerbang Domba. Mereka berhenti di pintu gerbang Penjagaan.

Neh 12:40 Kemudian kedua paduan suara itu berdiri di rumah Allah. Demikian juga aku bersama-sama sebagian dari para penguasa,

Neh 12:41 dan para imam, yakni: Elyakim, Maaseya, Minyamin, Mikha, Elyoenai, Zakharia, Hananya dengan memegang nafiri,

Neh 12:42 dan Maaseya, Semaya, Eleazar, Uzi, Yohanan, Malkia, Elam dan Ezer. Lalu para penyanyi memperdengarkan kidung di bawah pimpinan Yizrahya.

Neh 12:43 Pada hari itu mereka mempersembahkan korban yang besar. Mereka bersukaria karena Allah memberi mereka kesukaan yang besar. Juga segala perempuan dan anak-anak bersukaria, sehingga kesukaan Yerusalem terdengar sampai jauh.


Tafsiran Wycliffe


Penahbisan Tembok dan Pengaturan Pelayanan Bait Allah (12:27).

Untuk penahbisan tembok kota itu, dikumpulkan orang-orang Lewi, khususnya para penyanyi, dari desa-desa di sekitar itu.

Dua prosesi besar yang bergerak dari sudut barat daya tembok lalu mengelilingi kota tersebut, yang satu dipimpin oleh Ezra dan yang kedua di belakangnya dipimpin oleh Nehemia.

Ketika bertemu di Bait Suci, mereka mempersembahkan kurban dan bersukacita luar biasa.

Ibadah-ibadah di Bait Suci kemudian dipulihkan lagi dan para pekerjanya memperoleh dukungan secara tetap.

27. Kisahnya sekarang melanjutkan 11:2, walaupun tidak disebutkan tanggal pasti terjadinya rangkaian peristiwa yang dicatat.

Berbagai petunjuk tentang waktu mungkin bahkan membuat orang menetapkan tanggal penahbisan sebagai 17 tahun atau lebih setelah pembangunan kembali tembok kota itu selesai (bdg. 13:4 dengan 13:1; dan 13:10, 11 dengan 12:28-30).

Orang-orang Lewi dipanggil dari segala tempat. Menurut 11:18, hanya ada dua ratus delapan puluh empat orang Lewi yang tinggal di Yerusalem pada saat itu.

28, 29. Para anggota dari ketiga kelompok penyanyi Lewi (11:17; 12:25a) disebutkan secara khusus di sini sebab musik memegang peranan penting di dalam peristiwa ini (V:27b).

Desa-desa orang Netofa. Terletak sekitar 15 mil di sebelah barat daya Yerusalem (I Taw. 9:16).

30. Para imam dan orang-orang Lewi mentahirkan dirinya. Dengan mempersembahkan kurban darah (II Taw. 29).

31-37. Dengan berbicara memakai kata ganti orang pertama lagi, Nehemia mengisahkan tentang dua paduan suara yang besar yang berkumpul di sudut barat daya tembok kota (mungkin di pintu gerbang Lebak) dengan tujuan untuk mengelilingi kota sambil memberikan ucapan syukur terbuka kepada Allah pada saat penahbisan tembok itu.

Paduan suara yang pertama dipimpin oleh Ezra yang bergerak ke timur dan kemudian berbalik ke utara.

Kedua kelompok tersebut tampaknya terdiri dari para penyanyi Lewi yang memanjatkan ucapan syukur, yang diikuti dengan barisan para pemuka (ay. 32, 33) yang kemudian dilanjutkan dengan para imam yang membawa nafiri (ay. 35; bdg. ay. 41), dan akhirnya barisan ditutup dengan orang-orang Lewi yang membawa alat-alat musik petik (ay. 36).

38-43. Kelompok yang kedua bergerak ke utara dan kemudian berbalik ke timur menuju ke wilayah Bait Allah yang dipimpin oleh Nehemia.

Berbagai pintu gerbang yang dilewati sudah disebutkan di pasal 3, terkecuali pintu gerbang Efraim dan pintu gerbang Penjagaan, yang tidak disebutkan di pasal 3 (mungkin karena kedua pintu gerbang tersebut tidak dirusak sehingga tidak perlu dibangun ulang).

Sekalipun demikian di 3:25 disebutkan tentang "pelataran penjagaan" yang mungkin terletak di sudut tenggara wilayah Bait Suci.

Kedua kelompok paduan suara ini tampaknya bertemu di tempat yang luas di depan pintu gerbang Mata Air (ay. 37; bdg. 8:1), dan dari sana mereka bergerak bersama memasuki Bait Suci untuk mempersembahkan kurban-kurban mereka (ay. 43).

Tentang sukacita luar biasa yang menyertai upacara ini lihat II Tawarikh 20:7; Ezra 3:13; 6:22.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel