Mazmur 41: Doa Minta Penyembuhan

Klik:

Psalms 41


Psa 41:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (41-2) Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada waktu celaka.

Psa 41:2 (41-3) TUHAN akan melindungi dia dan memelihara nyawanya, sehingga ia disebut berbahagia di bumi; Engkau takkan membiarkan dia dipermainkan musuhnya!

Psa 41:3 (41-4) TUHAN membantu dia di ranjangnya waktu sakit; di tempat tidurnya Kaupulihkannya sama sekali dari sakitnya.

Psa 41:4 (41-5) Kalau aku, kataku: "TUHAN, kasihanilah aku, sembuhkanlah aku, sebab terhadap Engkaulah aku berdosa!"

Psa 41:5 (41-6) Musuhku mengatakan yang jahat tentang aku: "Bilakah ia mati, dan namanya hilang lenyap?"

Psa 41:6 (41-7) Orang yang datang menjenguk, berkata dusta; hatinya penuh kejahatan, lalu ia keluar menceritakannya di jalan.

Psa 41:7 (41-8) Semua orang yang benci kepadaku berbisik-bisik bersama-sama tentang aku, mereka merancangkan yang jahat terhadap aku:

Psa 41:8 (41-9) "Penyakit jahanam telah menimpa dia, sekali ia berbaring, takkan bangun-bangun lagi."

Psa 41:9 (41-10) Bahkan sahabat karibku yang kupercayai, yang makan rotiku, telah mengangkat tumitnya terhadap aku.

Psa 41:10 (41-11) Tetapi Engkau, ya TUHAN, kasihanilah aku dan tegakkanlah aku, maka aku hendak mengadakan pembalasan terhadap mereka.

Psa 41:11 (41-12) Dengan demikian aku tahu, bahwa Engkau berkenan kepadaku, apabila musuhku tidak bersorak-sorai karena aku.

Psa 41:12 (41-13) Tetapi aku, Engkau menopang aku karena ketulusanku, Engkau membuat aku tegak di hadapan-Mu untuk selama-lamanya.

Psa 41:13 (41-14) Terpujilah TUHAN, Allah Israel, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya! Amin, ya amin.


Tafsiran Wycliffe


Mazmur 41. Ucapan Syukur Karena Disembuhkan dan Dibenarkan.

Di sini, seorang yang baru sembuh dari penyakit serius mengekspresikan ucapan syukurnya.

Itu bukan murni ucapan syukur, karena dalam ayat-ayat pembukaan dia terpengaruh oleh mazhab Hikmat, dan kembali pada ratapan waktu menceritakan keputusasaannya.

Bagaimanapun, bahaya yang dihadapinya telah berlalu, dan pemulihan sudah pasti.

2-4. Renungan tentang Kelepasan dari Allah.

Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah. Ucapan bahagia ini berkaitan dengan "Berbahagialah orang yang murah hatinya" dalam Khotbah di Bukit.

Orang seperti itu dilepaskan, dipelihara, diberkati, dan dikuatkan oleh Allah.

Pemazmur melihat dirinya sebagai gambaran dari persoalan yang dikemukakannya.

5-10. Doa memohon Pemulihan.

Kataku: Tuhan ... sembuhkanlah aku. Doanya termasuk permohonan untuk dikasihani, dan disembuhkan secara nyata.

Perhatikan, bahwa pengakuan dosanya membuat doa itu sempurna.

Musuh-musuhnya merasa senang sekali melihat dia menderita.

Bahkan, sahabat karibnya telah meninggalkan dia, seperti Yudas Iskariot mengkhianati Guru dan Sahabatnya (bdg. Yoh. 13:18; Kis. 1:16).

11-13. Doa memohon Pembalasan.

Tegakkanlah aku, maka aku hendak mengadakan pembalasan terhadap mereka. Ini bukanlah doa agar Allah menghukum orang-orang yang mengambil keuntungan atas keadaannya.

Dia meminta kekuatan untuk melakukannya sendiri.

Hanya melalui kemenangan seperti itulah, dia dapat merasa yakin akan kebaikan Allah.

14. Ucapan berkat.

Terpujilah Tuhan. Tulisan yang diletakkan di bagian bawah ini menandai akhir Jilid I dari Mazmur.

JILID I. Mazmur 1-41.

Kitab pertama di dalam pembagian kitab ini menjadi lima tampaknya pernah merupakan kumpulan mazmur Daud tersendiri.

Nama untuk Tuhan, dalam bahasa Ibrani Yahweh dipakai 272 kali, sedangkan Elohim hanya dipakai 15 kali saja.

Setiap mazmur beragam isinya, namun ajaran moralnya sederhana dan langsung.

Di sepanjang bagian ini, tampak jelas suatu iman yang positif kepada keadilan Allah.

Mazmur 1 merupakan pengantar kepada seluruh Kitab Mazmur, sedangkan Mazmur 2 merupakan pengantar untuk kumpulan Kitab I.

Kenyataan, bahwa sejumlah naskah mencantumkan Mazmur 3 sebagai mazmur pertama menjadikan sifat pengantar dari Mazmur 1 dan 2 makin jelas.

Selanjutnya ada kemungkinan, bahwa Mazmur 1 dan 2 pada mulanya merupakan satu mazmur saja, yaitu mazmur yang diawali dan diakhiri dengan "Berbahagialah".

Semua mazmur kecuali 1, 2, 10 dan 33 terkait dengan Daud di dalam catatan judulnya.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel