Mazmur 40: Syukur dan Doa

Klik:

Psalms 40


Psa 40:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (40-2) Aku sangat menanti-nantikan TUHAN; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong.

Psa 40:2 (40-3) Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku,

Psa 40:3 (40-4) Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.

Psa 40:4 (40-5) Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN, yang tidak berpaling kepada orang-orang yang angkuh, atau kepada orang-orang yang telah menyimpang kepada kebohongan!

Psa 40:5 (40-6) Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung.

Psa 40:6 (40-7) Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan dan korban sajian, tetapi Engkau telah membuka telingaku; korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau tuntut.

Psa 40:7 (40-8) Lalu aku berkata: "Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;

Psa 40:8 (40-9) aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku."

Psa 40:9 (40-10) Aku mengabarkan keadilan dalam jemaah yang besar; bahkan tidak kutahan bibirku, Engkau juga yang tahu, ya TUHAN.

Psa 40:10 (40-11) Keadilan tidaklah kusembunyikan dalam hatiku, kesetiaan-Mu dan keselamatan dari pada-Mu kubicarakan, kasih-Mu dan kebenaran-Mu tidak kudiamkan kepada jemaah yang besar.

Psa 40:11 (40-12) Engkau, TUHAN, janganlah menahan rahmat-Mu dari padaku, kasih-Mu dan kebenaran-Mu kiranya menjaga aku selalu!

Psa 40:12 (40-13) Sebab malapetaka mengepung aku sampai tidak terbilang banyaknya. Aku telah terkejar oleh kesalahanku, sehingga aku tidak sanggup melihat; lebih besar jumlahnya dari rambut di kepalaku, sehingga hatiku menyerah.

Psa 40:13 (40-14) Berkenanlah kiranya Engkau, ya TUHAN, untuk melepaskan aku; TUHAN, segeralah menolong aku!

Psa 40:14 (40-15) Biarlah mendapat malu dan tersipu-sipu mereka semua yang ingin mencabut nyawaku; biarlah mundur dan kena noda mereka yang mengingini kecelakaanku!

Psa 40:15 (40-16) Biarlah terdiam karena malu mereka yang mengatai aku: "Syukur, syukur!"

Psa 40:16 (40-17) Biarlah bergembira dan bersukacita karena Engkau semua orang yang mencari Engkau; biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu tetap berkata: "TUHAN itu besar!"

Psa 40:17 (40-18) Aku ini sengsara dan miskin, tetapi Tuhan memperhatikan aku. Engkaulah yang menolong aku dan meluputkan aku, ya Allahku, janganlah berlambat!


Tafsiran Wycliffe


Mazmur 40. Nyanyian Pujian yang Baru.

Inilah ilustrasi bagus lain mengenai metode penyusunan yang telah menghasilkan mazmur yang sekarang.

Dengan membaca mazmur ini, segera terlihat adanya perubahan mendadak dari puji-pujian karena doa yang terjawab menjadi permohonan agar segera dilepaskan, ayat 13.

Bahwa sebuah nyanyian baru dimulai di sini, dibuktikan oleh pemakaian ayat 14-18 seperti Mazmur 70.

Walaupun Mazmur 70 dalam bentuknya yang sekarang mungkin diambil dari mazmur ini, namun identitas terpisah dari ayat 13 adalah jelas.

2-4. Pengalaman tentang Doa yang Dijawab.

Aku sangat menanti-nantikan ... Ia menjenguk ... dan mendengar. Setelah satu masa penantian, pemazmur diselamatkan dari kesukaran besar.

Kemungkinan masalah itu adalah penyakit, atau keadaan lain di mana bayang-bayang maut begitu dekat.

Pengalaman ini telah memberinya sebuah nyanyian baru, yang mendorong dia berserah kepada Allah.

5, 6. Tema Nyanyian.

Banyaklah ... perbuatan-Mu yang ajaib. Kendatipun mazmur ini seperti Mazmur 1 diawali dengan ucapan bahagia, tema kebaikan Allah adalah paling penting dalam pujian pemazmur ini.

Perbuatan-perbuatan dan pikiran-pikiran-Nya terlalu ajaib untuk diterangkan, dan terlalu banyak untuk dihitung.

7-12. Respons terhadap Nyanyian Baru.

Aku suka melakukan kehendak-Mu. Yang membuat pemazmur melihat melampaui sistem kurban (persembahan) ialah nyanyian baru dan latar belakangnya.

Empat macam kurban dan persembahan dalam ayat 7 tidak dapat diterima sebagai ucapan syukur dan puji-pujian sejati.

Pengalaman pemazmur yang begitu dalam ini diperlihatkan melalui pemberitahuannya secara terbuka tentang sifat dan karya Allah.

Penulis Surat Ibrani mengutip kata-kata ini, dan dipakai untuk Kristus (Ibr. 10:5-7).

13-18. Doa Memohon Kelepasan.

Tuhan, segeralah menolong aku. Ayat 13 tampaknya menjadi rantai penghubung untuk menggabungkan dua syair ini, dan berfungsi sebagai pengantar kepada doa meminta pertolongan.

Hampir setiap frasa dalam bagian ini ditemukan pada mazmur-mazmur lain, seperti dalam Mazmur 70.

Penggunaan sumber-sumber lain ini sangat kontras dengan keaslian ayat-ayat 1-11.

Tetapi, kebutuhan terpenting dari pemazmur tidak kurang nyata.

Setelah meminta perhatian langsung, dia memohon agar musuh-musuhnya mendapat malu dan tersipu-sipu ... mundur dan kena noda, serta terdiam.

Selanjutnya, dia memohon agar orang-orang yang mencari Allah bisa bersukacita dan memuliakan Tuhan.

Menyadari keadaannya sendiri yang tidak layak, dia yakin Allah memperhatikan dia, dan akan terbukti merupakan penolong serta pelepasnya.

JILID I. Mazmur 1-41.

Kitab pertama di dalam pembagian kitab ini menjadi lima tampaknya pernah merupakan kumpulan mazmur Daud tersendiri.

Nama untuk Tuhan, dalam bahasa Ibrani Yahweh dipakai 272 kali, sedangkan Elohim hanya dipakai 15 kali saja.

Setiap mazmur beragam isinya, namun ajaran moralnya sederhana dan langsung.

Di sepanjang bagian ini, tampak jelas suatu iman yang positif kepada keadilan Allah.

Mazmur 1 merupakan pengantar kepada seluruh Kitab Mazmur, sedangkan Mazmur 2 merupakan pengantar untuk kumpulan Kitab I.

Kenyataan, bahwa sejumlah naskah mencantumkan Mazmur 3 sebagai mazmur pertama menjadikan sifat pengantar dari Mazmur 1 dan 2 makin jelas.

Selanjutnya ada kemungkinan, bahwa Mazmur 1 dan 2 pada mulanya merupakan satu mazmur saja, yaitu mazmur yang diawali dan diakhiri dengan "Berbahagialah".

Semua mazmur kecuali 1, 2, 10 dan 33 terkait dengan Daud di dalam catatan judulnya.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel