Isaiah 63:1-6: Hukuman Pembalasan Atas Edom

Klik:

Isaiah 63:1-6


Isa 63:1 "Siapa dia yang datang dari Edom, yang datang dari Bozra dengan baju yang merah, dia yang bersemarak dengan pakaiannya, yang melangkah dengan kekuatannya yang besar?" "Akulah yang menjanjikan keadilan dan yang berkuasa untuk menyelamatkan!"

Isa 63:2 "Mengapakah pakaian-Mu semerah itu, dan baju-Mu seperti baju pengirik buah anggur?"

Isa 63:3 "Aku seorang dirilah yang melakukan pengirikan, dan dari antara umat-Ku tidak ada yang menemani Aku! Aku telah mengirik bangsa-bangsa dalam murka-Ku, dan Aku telah menginjak-injak mereka dalam kehangatan amarah-Ku; semburan darah mereka memercik kepada baju-Ku, dan seluruh pakaian-Ku telah cemar.

Isa 63:4 Sebab hari pembalasan telah Kurencanakan dan tahun penuntutan bela telah datang.

Isa 63:5 Aku melayangkan pandangan-Ku: tidak ada yang menolong; Aku tertegun: tidak ada yang membantu. Lalu tangan-Ku memberi Aku pertolongan, dan kehangatan amarah-Ku, itulah yang membantu Aku.

Isa 63:6 Aku memijak-mijak bangsa-bangsa dalam murka-Ku, menghancurkan mereka dalam kehangatan amarah-Ku dan membuat semburan darah mereka mengalir ke tanah."


Tafsiran Wycliffe


63:1-6. Hukuman ilahi akan dijatuhkan kepada Kekuasaan Dunia (berlawanan dengan kebahagiaan yang akhirnya diberikan kepada Israel).

1. Lagi-lagi di sini (seperti dalam 34:5, 6), Edom melambangkan dunia yang bersifat memberontak, yang dengan keras kepala selalu memusuhi umat Allah (Am. 1:11).

Bozra di Edom menunjukkan kata kerja bãsar, "memotong tandan buah anggur, mengumpulkan anggur pilihan."

Kristus digambarkan mengenakan pakaian penuh noda darah.

Ini adalah darah orang-orang yang akan dibunuh di Harmagedon (bdg. Why. 19:13), di mana Dia seorang diri akan memperoleh kemenangan (seperti di Kalvari, Dia memenangkannya seorang diri).

Dalam ayat 3-6, Kristus menjawab pertanyaan sang nabi pada ayat 2.

Tangan-Ku (ay. 5) seperti dalam 59:16, berarti campur tangan Allah sendiri dalam kancah sejarah.

Pemandangan ini sama seperti dalam Wahyu 14:18, 19.

Dunia yang menolak Kristus dan menolak Injil, membuat Tuhan tidak mempunyai pilihan lain, kecuali mendatangkan kebinasaan yang menakutkan dan mengerikan, ketika masa panjang sabar-Nya telah lewat.

Rencana Damai Sejahtera (58:1-66:24).

Penekanan bagian ketiga Kitab Yesaya ini ialah pada Roh Kudus yang melaksanakan dan memperluas karya penebusan.

Rencana anugerah Allah diuraikan sampai akhir zaman ini dan permulaan dunia baru.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel