Lukas 2:8-20: Gembala-gembala

Klik:

Luke / Lukas 2:8-20


Luk 2:8 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.

Luk 2:9 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.

Luk 2:10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:

Luk 2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Luk 2:12 Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan."

Luk 2:13 Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya:

Luk 2:14 "Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya."

Luk 2:15 Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita."

Luk 2:16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.

Luk 2:17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu.

Luk 2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.

Luk 2:19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.

Luk 2:20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.


Tafsiran Wycliffe


Pemberitaan Tentang Juruselamat (1:5-2:52).

Dua pasal pertama Injil ini berkaitan dengan berbagai keadaan di sekitar kelahiran Yesus, menunjukkan dengan jelas, bahwa kedatangan Juruselamat merupakan intervensi langsung Allah di dalam masalah manusia.

8. Menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tanggal kelahiran Yesus yang tepat, tidak diketahui, tanggal legendaris 25 Desember, tidak dapat dilacak lebih jauh daripada abad keempat.

9. Kunjungan surgawi itu disertai dengan pancaran kemuliaan ilahi yang hadir ketika Allah menampakkan diri (Kel. 16:10; 20:18; 40:34; II Taw. 7:1; Yeh. 1:27, 28).

10. Jangan takut. Ucapan malaikat itu merupakan salam yang biasa dipakai bagi orang yang menjadi gentar melihat hal aneh semacam itu (bdg. 1:13, 30).

Seluruh bangsa. Terjemahan American Standard Version lebih tepat, seluruh bangsa itu, yang berarti Israel.

11. Juruselamat. Di dalam Perjanjian Lama, Allah merupakan Juruselamat dari umat-Nya (Yes. 25:9; 33:22).

Sekalipun para nabi menganggap Dia terutama sebagai Juruselamat dari penindasan politis, Lukas memperluas konsep itu menjadi Juruselamat dari dosa.

Kristus, Tuhan. Kristus artinya yang diurapi, Mesias Israel, yang adalah pembebas yang dijanjikan.

Tuhan. Sebuah gelar yang oleh orang Yunani yang kafir digunakan untuk raja-raja mereka, yang mereka muliakan sebagai dewa.

Seorang Kristen dapat menggunakan gelar ini hanya untuk Kristus (I Kor. 8:6).

12. Dan inilah tandanya. Secara harfiah: satu-satunya tanda.

14. Damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya. Damai sejahtera ini tidak diberikan kepada orang yang bermaksud baik kepada Allah, tetapi kepada orang yang cenderung diperkenan oleh-Nya.

15. Apa yang terjadi di sana. Para gembala tidak meragukan kenyataan yang diberitakan para malaikat itu, mereka mempercayainya secara bulat.

19. Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. Munculnya tamu-tamu surgawi kepada para gembala memperkuat rahasia Pemberitaan yang misterius itu.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel