Lukas 2:21-40: Yesus Disunat dan Diserahkan Kepada Tuhan -- Simeon dan Hana
Senin, Februari 24, 2020
Edit
Klik:
Luke / Lukas 2:21-40
Luk 2:21 Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.
Luk 2:22 Dan ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa, mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan,
Luk 2:23 seperti ada tertulis dalam hukum Tuhan: "Semua anak laki-laki sulung harus dikuduskan bagi Allah",
Luk 2:24 dan untuk mempersembahkan korban menurut apa yang difirmankan dalam hukum Tuhan, yaitu sepasang burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati.
Luk 2:25 Adalah di Yerusalem seorang bernama Simeon. Ia seorang yang benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel. Roh Kudus ada di atasnya,
Luk 2:26 dan kepadanya telah dinyatakan oleh Roh Kudus, bahwa ia tidak akan mati sebelum ia melihat Mesias, yaitu Dia yang diurapi Tuhan.
Luk 2:27 Ia datang ke Bait Allah oleh Roh Kudus. Ketika Yesus, Anak itu, dibawa masuk oleh orang tua-Nya untuk melakukan kepada-Nya apa yang ditentukan hukum Taurat,
Luk 2:28 ia menyambut Anak itu dan menatang-Nya sambil memuji Allah, katanya:
Luk 2:29 "Sekarang, Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera, sesuai dengan firman-Mu,
Luk 2:30 sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari pada-Mu,
Luk 2:31 yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa,
Luk 2:32 yaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umat-Mu, Israel."
Luk 2:33 Dan bapa serta ibu-Nya amat heran akan segala apa yang dikatakan tentang Dia.
Luk 2:34 Lalu Simeon memberkati mereka dan berkata kepada Maria, ibu Anak itu: "Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan
Luk 2:35 --dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri--,supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang."
Luk 2:36 Lagipula di situ ada Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer. Ia sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah kawin ia hidup tujuh tahun lamanya bersama suaminya,
Luk 2:37 dan sekarang ia janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa.
Luk 2:38 Dan pada ketika itu juga datanglah ia ke situ dan mengucap syukur kepada Allah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem.
Luk 2:39 Dan setelah selesai semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea.
Luk 2:40 Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.
Tafsiran Wycliffe
Pemberitaan Tentang Juruselamat (1:5-2:52).
Dua pasal pertama Injil ini berkaitan dengan berbagai keadaan di sekitar kelahiran Yesus, menunjukkan dengan jelas, bahwa kedatangan Juruselamat merupakan intervensi langsung Allah di dalam masalah manusia.
21. Ketika genap delapan hari. Yesus, sebagaimana halnya Yohanes Pembaptis, diberi nama sesuai dengan amanat Gabriel (1:13, 59-63). Penyunatan mungkin terjadi di Betlehem.
22. Genap waktu pentahiran. Menurut hukum Musa, seorang wanita yang melahirkan bayi laki-laki dinyatakan najis selama tujuh hari.
Pada hari yang kedelapan, anak itu disunat, dan sang ibu tetap najis selama tiga puluh tiga hari lagi.
Pada hari dari masa tersebut, dia mempersembahkan kurban di Bait Suci dan dianggap tahir menurut agama (Im. 12:2-6).
Kurban yang dipersembahkan disesuaikan dengan kemampuan keuangan keluarga yang mempersembahkan kurban itu.
24. Dua ekor anak burung merpati. Persembahan yang berupa anak burung itu menunjukkan, bahwa Yusuf dan Maria adalah orang yang tidak mampu (Im. 12:8).
Untuk mempersembahkan persembahan tersebut, mereka pergi ke Yerusalem, yang hanya berjarak beberapa mil dari Betlehem.
25. Simeon mungkin merupakan anggota Hasidim, penyembah Allah yang sungguh-sungguh dan jujur, yang menaati Hukum Taurat, baik yang tersurat maupun yang tersirat.
Kata benar mengungkapkan sikapnya terhadap manusia, dan saleh adalah sikapnya terhadap Allah.
Penghiburan bagi Israel. Mesias yang dinantikan, yang akan membebaskan orang Yahudi dari para penindas mereka.
26. Kepadanya telah dinyatakan. Sebuah nubuat pribadi diberikan kepada Simeon sebagai pahala atas kesalehannya.
28. Memuji Allah, katanya. Kata-kata Simeon, seperti juga Mazmur Daud, diungkapkan dalam bentuk syair bahasa Ibrani.
32. Penyataan bagi bangsa-bangsa lain. Simeon memahami maksud Allah yang sesungguhnya untuk menjangkau orang bukan Yahudi dan juga orang Yahudi.
Lukas, seorang bukan Yahudi, pastilah menaruh perhatian khusus pada nubuat Simeon ini.
34. Anak ini. Yesus bukan sekadar anak Yahudi seperti yang lain, Ia sangat penting bagi iman.
Orang-orang yang percaya kepada-Nya mencapai ketinggian-ketinggian yang baru; orang-orang yang menolak-Nya terjerumus ke dalam keputusasaan yang lebih gelap.
35. Suatu pedang. Simeon memberikan isyarat, bahwa Maria akan menderita dukacita yang mendalam, karena Yesus.
36. Hana, seorang nabi perempuan. Baik pada zaman Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, ada perempuan yang diberi karunia bernubuat.
Debora (Hak. 4:4) merupakan salah satu pemimpin awal Israel, dan putri-putri Filipus sang penginjil juga bernubuat (Kis. 21:9).
37. Janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Hana hidup bersama suaminya selama tujuh tahun sebelum sang suami meninggal.
Andaikata ia menikah ketika berusia dua belas tahun, maka saat itu Hana tentu berusia seratus tahun lebih, terkecuali Lukas memaksudkan angka delapan puluh empat itu sebagai usia totalnya.
Seperti Simeon, Hana termasuk sisa penganut Yudaisme yang saleh.
38. Kelepasan untuk Yerusalem. Kebesaran iman Hana tampak dalam keyakinannya, bahwa bayi ini merupakan sarana yang dijanjikan Allah untuk penebusan bangsa.
40. Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat. Lukas merupakan satu-satunya sumber informasi mengenai masa kanak-kanak Yesus.
Berbagai jenis legenda khayal tentang masa muda Tuhan kita, ditulis dan diterbitkan dalam Injil-Injil apokrifa, tetapi tidak satu pun muncul di dalam Alkitab.
Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.