Mazmur 125: Aman Dalam Lindungan TUHAN

Klik:

Psalms 125


Psa 125:1 Nyanyian ziarah. Orang-orang yang percaya kepada TUHAN adalah seperti gunung Sion yang tidak goyang, yang tetap untuk selama-lamanya.

Psa 125:2 Yerusalem, gunung-gunung sekelilingnya; demikianlah TUHAN sekeliling umat-Nya, dari sekarang sampai selama-lamanya.

Psa 125:3 Tongkat kerajaan orang fasik tidak akan tinggal tetap di atas tanah yang diundikan kepada orang-orang benar, supaya orang-orang benar tidak mengulurkan tangannya kepada kejahatan.

Psa 125:4 Lakukanlah kebaikan, ya TUHAN, kepada orang-orang baik dan kepada orang-orang yang tulus hati;

Psa 125:5 tetapi orang-orang yang menyimpang ke jalan yang berbelit-belit, kiranya TUHAN mengenyahkan mereka bersama-sama orang-orang yang melakukan kejahatan. Damai sejahtera atas Israel!


Tafsiran Wycliffe


Mazmur 125. Rasa Aman Para Peziarah.

Nyanyian kepercayaan ini menekankan keyakinan orang setia di Israel.

Seperti mazmur sebelumnya, mazmur ini bukan dipersiapkan sebagai nyanyian ziarah, tetapi termasuk di dalam kumpulan itu.

Pemakaian sebenarnya di dalam ziarah dapat dibayangkan dari rujukan tentang gunung-gunung di sekeliling Yerusalem, yang muncul setelah perjalanan panjang dan sulit.

1-3. Pernyataan Keyakinan.

Orang-orang yang percaya ... seperti Gunung Sion ... Yerusalem, gunung-gunung sekelilingnya; demikianlah TUHAN sekeliling umat-Nya. Bukan hanya kehadiran Allah dikiaskan dengan gunung-gunung di sekeliling Yerusalem, tetapi juga orang-orang yang percaya kepada Tuhan seperti Gunung Sion, tidak goyang.

Jika pemerintahan bangsa asing bertahan lama, penyimpangan terhadap iman akan terjadi, bahkan di antara orang benar.

Bahaya kemurtadan terlalu besar, bahkan bagi orang benar.

4, 5. Doa Memohon Kebaikan Tuhan.

Lakukanlah kebaikan, ya Tuhan. Pemazmur memohon kebaikan Allah bagi orang yang setia, yang ia perkenalkan sebagai orang-orang baik dan orang-orang yang tulus hati.

Berbeda sekali dengan orang-orang yang baru disebut ini, orang-orang murtad yang tidak setia diserahkan pada nasib mereka yang sepantasnya.

Mazmur ini ditutup dengan doa sederhana: Damai sejahtera atas Israel.

JILID V. MAZMUR 107-150.

Jilid kelima dari lima bagian ini mencakup beberapa koleksi atau kelompok mazmur yang lebih kecil.

Nyanyian-nyanyian Ziarah dan Mazmur-mazmur Haleluya (111-113, 115-117, 146-150) jelas adalah bagian inti yang di sekitarnya mazmur-mazmur lain dikelompokkan bersama.

Sebelum ada pembagian menjadi lima bagian ini, mungkin ada pembabakan menjadi tiga bagian di mana Jilid IV dan V merupakan sebuah kumpulan besar.

Seluruh bagian secara nyata memperlihatkan tujuan liturgis; yang menimbulkan rasa ibadah bersama yang mendalam, yang mencapai puncak dalam kata-kata penutup Mazmur 150: "Biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan. Haleluya."

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel