Mazmur 70: Doa Minta Pertolongan

Klik:

Psalms 70


Psa 70:1 Untuk pemimpin biduan. Dari Daud, pada waktu mempersembahkan korban peringatan. (70-2) Ya Allah, bersegeralah melepaskan aku, menolong aku, ya TUHAN!

Psa 70:2 (70-3) Biarlah mendapat malu dan tersipu-sipu mereka yang ingin mencabut nyawaku; biarlah mundur dan kena noda mereka yang mengingini kecelakaanku;

Psa 70:3 (70-4) biarlah berbalik karena malu mereka yang mengatakan: "Syukur, syukur!"

Psa 70:4 (70-5) Biarlah bergirang dan bersukacita karena Engkau semua orang yang mencari Engkau; biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu selalu berkata: "Allah itu besar!"

Psa 70:5 (70-6) Tetapi aku ini sengsara dan miskin--ya Allah, segeralah datang! Engkaulah yang menolong aku dan meluputkan aku; ya TUHAN, janganlah lambat datang!


Tafsiran Wycliffe


Mazmur 70. Seruan Meminta Pertolongan Segera.

Mazmur ini adalah ratapan pribadi yang juga muncul sebagai bagian dari Mazmur 40.

Di sini, nama Allah telah diubah dari Yahweh menjadi Elohim, dan beberapa perbedaan kecil dalam susunan kata terlihat jelas.

Keberadaannya sebagai mazmur tersendiri bisa menunjukkan, bahwa mazmur ini terdapat dalam kedua koleksi dasar yang sudah disebut, atau bahwa ia dipisahkan dari Mazmur 40 untuk dipakai dalam tata ibadah di Bait Suci (bdg. Mzm. 40:14-18 untuk catatan-catatan tambahan).

JILID II. Mazmur 42-72.

Jilid kedua dari lima bagian Kitab Mazmur rupanya merupakan bagian dari koleksi yang lebih besar, yakni Mazmur 42-83, di mana Allah disebut dengan nama `Èlõhîm, bukan Yahweh, pada kebanyakan dari bagian tersebut.

Elohim digunakan sebanyak 164 kali, sedang Yahweh hanya 30 kali dalam Jilid II.

Dalam koleksi yang lebih besar itu, dapat ditemukan beberapa koleksi lebih kecil: satu berhubungan dengan kaum Lewi yang disebut Bani Korah; satu lagi dikaitkan dengan Daud; dan satu menyebut nama Asaf.

Di samping koleksi-koleksi ini, Jilid II juga mencakup satu mazmur tanpa nama pengarang, dan satu mazmur yang dikaitkan dengan Salomo.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel