Mazmur 65: Nyanyian Syukur Karena Berkat Allah

Klik:

Psalms 65


Psa 65:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. Nyanyian. (65-2) Bagi-Mulah puji-pujian di Sion, ya Allah; dan kepada-Mulah orang membayar nazar.

Psa 65:2 (65-3) Engkau yang mendengarkan doa. Kepada-Mulah datang semua yang hidup

Psa 65:3 (65-4) karena bersalah. Bilamana pelanggaran-pelanggaran kami melebihi kekuatan kami, Engkaulah yang menghapuskannya.

Psa 65:4 (65-5) Berbahagialah orang yang Engkau pilih dan yang Engkau suruh mendekat untuk diam di pelataran-Mu! Kiranya kami menjadi kenyang dengan segala yang baik di rumah-Mu, di bait-Mu yang kudus.

Psa 65:5 (65-6) Dengan perbuatan-perbuatan yang dahsyat dan dengan keadilan Engkau menjawab kami, ya Allah yang menyelamatkan kami, Engkau, yang menjadi kepercayaan segala ujung bumi dan pulau-pulau yang jauh-jauh;

Psa 65:6 (65-7) Engkau, yang menegakkan gunung-gunung dengan kekuatan-Mu, sedang pinggang-Mu berikatkan keperkasaan;

Psa 65:7 (65-8) Engkau, yang meredakan deru lautan, deru gelombang-gelombangnya dan kegemparan bangsa-bangsa!

Psa 65:8 (65-9) Sebab itu orang-orang yang diam di ujung-ujung bumi takut kepada tanda-tanda mujizat-Mu; tempat terbitnya pagi dan petang Kaubuat bersorak-sorai.

Psa 65:9 (65-10) Engkau mengindahkan tanah itu, mengaruniainya kelimpahan, dan membuatnya sangat kaya. Batang air Allah penuh air; Engkau menyediakan gandum bagi mereka. Ya, demikianlah Engkau menyediakannya:

Psa 65:10 (65-11) Engkau mengairi alur bajaknya, Engkau membasahi gumpalan-gumpalan tanahnya, dengan dirus hujan Engkau menggemburkannya; Engkau memberkati tumbuh-tumbuhannya.

Psa 65:11 (65-12) Engkau memahkotai tahun dengan kebaikan-Mu, jejak-Mu mengeluarkan lemak;

Psa 65:12 (65-13) tanah-tanah padang gurun menitik, bukit-bukit berikatpinggangkan sorak-sorai;

Psa 65:13 (65-14) padang-padang rumput berpakaikan kawanan kambing domba, lembah-lembah berselimutkan gandum, semuanya bersorak-sorai dan bernyanyi-nyanyi.


Tafsiran Wycliffe


Mazmur 65. Nyanyian Syukur.

Sebagai nyanyian syukur, mazmur ini merupakan renungan hebat mengenai tindakan kemurahan Allah terhadap umat manusia.

Semangat universalisme melepaskan orang Israel dari ikatan-ikatan nasionalisme sempit.

Nyanyian ini berkaitan erat dengan perayaan pengucapan syukur di Bait Suci, jadi bisa digubah untuk, atau diilhami oleh peristiwa seperti itu.

2-5. Puji-pujian Karena Kebaikan Allah.

Bagi-Mulah puji-pujian. Sebagaimana ditunjukkan oleh versi-versi kuno, ini lebih baik diterjemahkan menjadi: Patutlah puji-pujian bagi-Mu.

Puji-pujian dilantunkan karena Allah menjawab doa, mengampuni dosa, dan menyokong secara rohani.

Di sini ada nada universal yang kuat, karena semua yang hidup tercakup.

6-9. Pujian Bagi Kuasa Allah.

Dengan perbuatan-perbuatan yang dahsyat dan dengan keadilan. Digambarkan, bahwa perbuatan-perbuatan Allah adalah adil, dan membangkitkan kekaguman, bahkan bagi orang-orang di ujung bumi.

Pemerintahan-Nya atas ciptaan, dan kuasa-Nya untuk meredakan badai, hanyalah dua ilustrasi tentang kedaulatan Allah atas bumi.

10-14. Pujian Untuk Panen Yang Diberikan Allah.

Engkau mengindahkan tanah itu ... Engkau mengairi alur bajaknya. Pujian tersebut membawa kepada pujian utama, karena datangnya musim panen.

Jelas, bahwa Allah-lah yang mengairi bumi, menyediakan benih, dan mempersiapkan lahan.

Ini semua menghasilkan rekor panen - Engkau memahkotai tahun.

Ada kebahagiaan yang begitu rupa, sehingga bukit-bukit, padang-padang rumput, dan lembah-lembah ikut bersorak-sorai.

JILID II. Mazmur 42-72.

Jilid kedua dari lima bagian Kitab Mazmur rupanya merupakan bagian dari koleksi yang lebih besar, yakni Mazmur 42-83, di mana Allah disebut dengan nama `Èlõhîm, bukan Yahweh, pada kebanyakan dari bagian tersebut.

Elohim digunakan sebanyak 164 kali, sedang Yahweh hanya 30 kali dalam Jilid II.

Dalam koleksi yang lebih besar itu, dapat ditemukan beberapa koleksi lebih kecil: satu berhubungan dengan kaum Lewi yang disebut Bani Korah; satu lagi dikaitkan dengan Daud; dan satu menyebut nama Asaf.

Di samping koleksi-koleksi ini, Jilid II juga mencakup satu mazmur tanpa nama pengarang, dan satu mazmur yang dikaitkan dengan Salomo.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel