Isaiah 43:8-21: Israel Sebagai Saksi TUHAN

Klik:

Isaiah 43:8-21


Isa 43:8 Biarlah orang membawa tampil bangsa yang buta sekalipun ada matanya, yang tuli sekalipun ada telinganya!

Isa 43:9 Biarlah berhimpun bersama-sama segala bangsa-bangsa, dan biarlah berkumpul suku-suku bangsa! Siapakah di antara mereka yang dapat memberitahukan hal-hal ini, yang dapat mengabarkan kepada kita hal-hal yang dahulu? Biarlah mereka membawa saksi-saksinya, supaya mereka nyata benar; biarlah orang mendengarnya dan berkata: "Benar demikian!"

Isa 43:10 "Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.

Isa 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

Isa 43:12 Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, dan bukannya allah asing yang ada di antaramu. Kamulah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan Akulah Allah.

Isa 43:13 Juga seterusnya Aku tetap Dia, dan tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku; Aku melakukannya, siapakah yang dapat mencegahnya?"

Isa 43:14 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Oleh karena kamu Aku mau menyuruh orang ke Babel dan mau membuka semua palang-palang pintu penjara, dan sorak-sorai orang Kasdim menjadi keluh kesah.

Isa 43:15 Akulah TUHAN, Yang Mahakudus, Allahmu, Rajamu, yang menciptakan Israel."

Isa 43:16 Beginilah firman TUHAN, yang telah membuat jalan melalui laut dan melalui air yang hebat,

Isa 43:17 yang telah menyuruh kereta dan kuda keluar untuk berperang, juga tentara dan orang gagah--mereka terbaring, tidak dapat bangkit, sudah mati, sudah padam sebagai sumbu--,

Isa 43:18 firman-Nya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala!

Isa 43:19 Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.

Isa 43:20 Binatang hutan akan memuliakan Aku, serigala dan burung unta, sebab Aku telah membuat air memancar di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara, untuk memberi minum umat pilihan-Ku;

Isa 43:21 umat yang telah Kubentuk bagi-Ku akan memberitakan kemasyhuran-Ku."


Tafsiran Wycliffe


8-13. Di sini, bangsa yang menjadi hamba-Nya itu diceritakan sebagai saksi TUHAN kepada lingkungan bangsa-bangsa lain.

Israel yang telah pulih dan sembuh dari kebutaan, layak menjadi saksi tentang kebenaran dan kesetiaan Allah yang hidup - berbeda sekali dengan para penyembah berhala, yang tidak dapat memberikan kesaksian seperti ini mengenai allah-allah mereka.

Israel bertanggung jawab mewartakan TUHAN (Yahweh) sebagai satu-satunya Allah, Juruselamat bagi orang berdosa.

12. Tidak pernah terjadi, allah orang kafir bersama-sama TUHAN membebaskan Israel dari tirani asing atau bahaya nasional.

Yang Mahakuasa akan menunjukkan kuasa-Nya untuk menyelamatkan, jika umat-Nya meninggalkan semua bentuk penyembahan kepada allah-allah lain.

14-21. Bagian ini menyatakan, bahwa Allah akan memperlihatkan kedaulatan-Nya dengan menggulingkan kerajaan Kasdim dan membawa kembali bangsa Yahudi ke Palestina.

Dia akan menjatuhkan bangsa Kasdim dari kedudukan mereka yang sangat menonjol dan membuat mereka lari ke luar Babel, sebelum Persia datang dengan serangan yang gencar.

Dialah Allah yang sama, yang membuat jalan melintasi Laut Merah bagi bangsa Ibrani pada waktu peristiwa Keluaran, dan yang menenggelamkan kereta-kereta perang Mesir yang mengejar mereka.

Tetapi, kelepasan yang akan Dia berikan waktu ini, bahkan akan jauh melebihi peristiwa Keluaran dalam hal kemuliaan.

Sebab, Dia akan memimpin bangsa Yahudi yang telah bebas itu melalui Padang Gurun Siria yang panas membakar, lalu Dia membuat sungai-sungai di sana memuaskan kehausan mereka (barangkali ini mengiaskan pemeliharaan berkelanjutan yang Dia berikan kepada para perintis pada tahun-tahun awal, di mana mereka mengalami kekurangan dan penderitaan).

Binatang-binatang gurun yang diceritakan bersukacita dengan tersedianya air ini, adalah gambaran dari bangsa-bangsa lain yang akan memperoleh manfaat karena menjadi saksi dari pemulihan bangsa Yahudi.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel