Isaiah 43:1-7: Allah Adalah Satu-satunya Penebus

Klik:

Isaiah 43:1-7


Isa 43:1 Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.

Isa 43:2 Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.

Isa 43:3 Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.

Isa 43:4 Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Isa 43:5 Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau, Aku akan mendatangkan anak cucumu dari timur, dan Aku akan menghimpun engkau dari barat.

Isa 43:6 Aku akan berkata kepada utara: Berikanlah! dan kepada selatan: Janganlah tahan-tahan! Bawalah anak-anak-Ku laki-laki dari jauh, dan anak-anak-Ku perempuan dari ujung-ujung bumi,

Isa 43:7 semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"


Tafsiran Wycliffe


1-7. Di sini, Tuhan berjanji memberkati Israel dengan pemulihan yang menyenangkan, yang diberikan karena kasih-Nya dan yang bekerja melalui penebusan.

1. Menebus engkau. Di sini, seperti sering muncul di tempat lain, kata "menebus" diterjemahkan dari gã'al "bertindak sebagai gôēl, atau saudara laki-laki terdekat yang menjadi penebus."

Melalui Yesaya, Allah menegaskan, bahwa Dia akan memperlakukan Israel sebagai anggota keluarga-Nya; Dia akan menuntut hak-hak mereka dan akan memenuhi kewajiban-kewajiban mereka ganti mereka.

3. Dasar untuk pemberian janji-janji persahabatan serta kelepasan dari penderitaan dan cobaan ini bukanlah suatu kehebatan atau kebaikan bangsa Yahudi, melainkan kebaikan dan anugerah Allah semata, dan komitmen-Nya sendiri sebagai Bapa dari umat perjanjian-Nya.

Dia telah memberikan sebelumnya kepada bangsa Persia negeri Mesir dan sebagian Etiopia menjadi tambahan kerajaan mereka (ini ditambahkan pada masa pemerintahan Kambises, putera Koresy), sebagai upah karena melepaskan Israel dari tawanan Babel.

4. Engkau. Bangsa Israel berharga di mata Sang Bapa, sebab dihiasi kesempurnaan Tuhan Yesus, yang oleh anugerah dipertalikan dengan mereka.

5. Mereka yang terserak dalam pembuangan akan dihimpun kembali dari semua penjuru geografis.

Tetapi, secara tidak langsung, kedatangan kembali ke Sion kelihatannya juga menerangkan berhimpunnya semua umat pilihan (ay. 7) dalam Gereja Yesus Kristus, sebab mereka termasuk semua orang ... yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel