Isaiah 28:1-6: Nubuat Terhadap Samaria

Klik:

Isaiah 28:1-6


Isa 28:1 Celaka atas mahkota kemegahan pemabuk-pemabuk Efraim, atas bunga yang sudah mulai layu di perhiasan kepala mereka yang indah-indah--yaitu kota yang terletak tinggi di atas bukit, di atas lembah yang subur yang penuh peminum anggur yang sudah pening--!

Isa 28:2 Sesungguhnya, pada Tuhan ada seorang yang kuat dan tegap, seorang yang seperti angin ribut disertai hujan batu, yakni badai yang membinasakan, seorang yang seperti angin ribut disertai air hujan yang hebat menghanyutkan; ia akan menghempaskan mereka ke tanah dengan kekerasan.

Isa 28:3 Mahkota kemegahan pemabuk-pemabuk Efraim itu akan diinjak-injak dengan kaki,

Isa 28:4 dan bunga yang sudah mulai layu di perhiasan kepala mereka yang indah-indah itu--yaitu kota yang terletak tinggi di atas bukit, di atas lembah yang subur--nasibnya akan seperti nasib buah ara yang masak duluan sebelum musim kemarau: baru saja dilihat orang terus dipetik dan ditelan.

Isa 28:5 Pada waktu itu TUHAN semesta alam akan menjadi mahkota kepermaian, dan perhiasan kepala yang indah-indah bagi sisa umat-Nya,

Isa 28:6 akan menjadi roh keadilan bagi orang yang duduk mengadili, dan menjadi roh kepahlawanan bagi orang yang memukul mundur peperangan ke arah pintu gerbang.


Tafsiran Wycliffe


MALAPETAKA ATAS PEMABUK-PEMABUK EFRAIM (28:1-8).

Kemunduran Kerajaan Utara diperlihatkan sebagai contoh dan peringatan bagi Kerajaan Yehuda.

2. Walau seorang yang kuat dan tegap milik Allah, yaitu Asyur, disiapkan untuk memberikan pukulan akhir yang membinasakan, namun orang Efraim tetap mengandalkan kesuburan tanah mereka dan keberhasilan perekonomian mereka, dan mereka hidup tanpa hukum serta dalam pesta pora - di mana golongan rohaniwan pun ikut dalam perbuatan keterlaluan yang menjijikkan (ay. 7, 8).

5. Berbeda dengan kemuliaan duniawi yang cepat pudar dari Efraim ini adalah Tuhan sendiri sebagai satu-satunya kemuliaan sejati Israel, yang suatu hari kelak akan diakui begitu oleh orang-orang yang masih tersisa dari orang-orang percaya sejati.

Dia akan memberi mereka kuasa untuk adil dalam menghakimi dan menang dalam perang.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel