Isaiah 10:5-19: Tentang Celaka Yang Akan Menimpa Asyur

Klik:

Isaiah 10:5-19


Isa 10:5 Celakalah Asyur, yang menjadi cambuk murka-Ku dan yang menjadi tongkat amarah-Ku!

Isa 10:6 Aku akan menyuruhnya terhadap bangsa yang murtad, dan Aku akan memerintahkannya melawan umat sasaran murka-Ku, untuk melakukan perampasan dan penjarahan, dan untuk menginjak-injak mereka seperti lumpur di jalan.

Isa 10:7 Tetapi dia sendiri tidak demikian maksudnya dan tidak demikian rancangan hatinya, melainkan niat hatinya ialah hendak memunahkan dan hendak melenyapkan tidak sedikit bangsa-bangsa.

Isa 10:8 Sebab ia berkata: "Bukankah panglima-panglimaku itu raja-raja semua?

Isa 10:9 Bukankah Kalno sama halnya seperti Karkemis, atau bukankah Hamat seperti Arpad, atau Samaria seperti Damsyik?

Isa 10:10 Seperti tanganku telah menyergap kerajaan-kerajaan para berhala, padahal patung-patung mereka melebihi yang di Yerusalem dan yang di Samaria,

Isa 10:11 masakan tidak akan kulakukan kepada Yerusalem dan patung-patung berhalanya, seperti yang telah kulakukan kepada Samaria dan berhala-berhalanya?

Isa 10:12 Tetapi apabila Tuhan telah menyelesaikan segala pekerjaan-Nya di gunung Sion dan di Yerusalem, maka Ia akan menghukum perbuatan ketinggian hati raja Asyur dan sikapnya yang angkuh sombong.

Isa 10:13 Sebab ia telah berkata: "Dengan kekuatan tanganku aku telah melakukannya dan dengan kebijaksanaanku, sebab aku berakal budi; aku telah meniadakan batas-batas antara bangsa, dan telah merampok persediaan-persediaan mereka, dengan perkasa aku telah menurunkan orang-orang yang duduk di atas takhta.

Isa 10:14 Seperti kepada sarang burung, demikianlah tanganku telah menjangkau kepada kekayaan bangsa-bangsa, dan seperti orang meraup telur-telur yang ditinggalkan induknya, demikianlah aku telah meraup seluruh bumi, dan tidak seekorpun yang menggerakkan sayap, yang mengangakan paruh atau yang menciap-ciap."

Isa 10:15 Adakah kapak memegahkan diri terhadap orang yang memakainya, atau gergaji membesarkan diri terhadap orang yang mempergunakannya? seolah-olah gada menggerakkan orang yang mengangkatnya, dan seolah-olah tongkat mengangkat orangnya yang bukan kayu!

Isa 10:16 Sebab itu Tuhan, TUHAN semesta alam, akan membuat orang-orangnya yang tegap menjadi kurus kering, dan segala kekayaannya akan dibakar habis, dengan api yang menyala-nyala.

Isa 10:17 Maka Terang Israel akan menjadi api, dan Allahnya, Yang Mahakudus, akan menyala-nyala dan akan membakar dan memakan habis puteri malu dan rumputnya pada satu hari juga.

Isa 10:18 Keindahan hutan Asyur dan kebun buah-buahannya akan dihabiskan-Nya, dari batangnya sampai rantingnya, sehingga akan menjadi seperti seorang sakit yang merana sampai mati;

Isa 10:19 dan sisa pohon-pohon hutannya akan dapat dihitung banyaknya, sehingga seorang anak dapat mencatatnya.


Tafsiran Wycliffe


5, 6. Bukan oleh kekuatannya sendiri, Asyur mendapat kuasa untuk menghajar Israel, dan memberikan hukuman yang tidak menyenangkan bagi bangsa-bangsa kafir, melainkan oleh tindakan yang berdaulat dari Allah.

9. Semua kota yang disebut di sini terkenal sangat kuat dan dilindungi oleh pasukan yang kuat, tetapi mereka tidak berdaya di hadapan gerakan maju tentara Asyur.

Para pemenang ini menyombongkan diri, bahwa mereka sendiri telah mengalahkan semua kerajaan ini bersama berhala-berhala yang disembah di sana.

Mereka menyatakan, bahwa Yehuda yang kecil dan tidak berarti akan jatuh dengan mudah.

Tetapi, penghinaan seperti itu terhadap TUHAN akan membuat kerajaan yang congkak ini hancur total sesudah Dia selesai memanfaatkannya.

Penguasa-penguasa manusia adalah sekadar alat di tangan Allah, dan mereka menunjukkan kebodohan luar biasa, waktu dengan congkak melawan Dia yang memakai mereka untuk maksud-maksud-Nya sendiri.

17. Di sini Allah disebut Terang Israel. Api penghukuman-Nya akan lalap habis orang-orang kafir itu seolah-olah pasukan mereka yang tak terkalahkan hanyalah potongan-potongan semak duri.

Hutan dengan pohon-pohon besar, yaitu gambaran dari para pemimpin mereka yang angkuh, akan demikian hancur oleh api, sehingga anak kecil pun akan dengan mudah menghitung jumlah pohon yang tinggal.

(Semua ini digenapi antara tahun 612 SM, kejatuhan Niniwe, dan 605 SM ketika terjadi pertempuran di Karkemis.)

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel