Isaiah 19: Ucapan Ilahi Terhadap Mesir

Klik:

Isaiah 19


Isa 19:1 Ucapan ilahi terhadap Mesir. Lihat, TUHAN mengendarai awan yang cepat dan datang ke Mesir, maka berhala-berhala Mesir gemetar di hadapan-Nya, dan hati orang Mesir, merana hancur dalam diri mereka.

Isa 19:2 Aku akan menggerakkan orang Mesir melawan orang Mesir, supaya mereka berperang, setiap orang melawan saudaranya, dan setiap orang melawan temannya, kota melawan kota, kerajaan melawan kerajaan;

Isa 19:3 semangat orang Mesir menjadi hilang, dan rancangannya akan Kukacaukan; maka mereka akan meminta petunjuk kepada berhala-berhala dan kepada tukang-tukang jampi, kepada arwah dan kepada roh-roh peramal.

Isa 19:4 Aku akan menyerahkan orang Mesir ke dalam tangan seorang tuan yang kejam, dan seorang raja yang bengis akan memerintah mereka; demikianlah firman Tuhan, TUHAN semesta alam.

Isa 19:5 Air dari sungai Nil akan habis, dan sungai itu akan menjadi tohor dan kering,

Isa 19:6 sehingga terusan-terusan akan berbau busuk, dan anak-anak sungai Nil akan menjadi dangkal dan tohor, gelagah dan teberau akan mati rebah.

Isa 19:7 Rumput di tepi sungai Nil dan seluruh tanah pesemaian pada sungai Nil akan menjadi kering ditiup angin dan tidak ada lagi.

Isa 19:8 Para nelayan akan mengaduh dan berkabung, yaitu semua orang yang memancing di sungai Nil; semua orang yang menjala di situ akan merana juga.

Isa 19:9 Orang-orang yang mengolah lenan akan mendapat malu, demikian juga tukang-tukang tenun kain putih.

Isa 19:10 Mereka yang menenun akan remuk hatinya, segala pekerja upahan akan bersedih hati.

Isa 19:11 Para pembesar Zoan adalah orang-orang bodoh belaka; para penasihat Firaun yang paling bijaksana memberi nasihat yang dungu. Bagaimanakah kamu dapat berkata kepada Firaun: "Aku ini anak orang-orang bijaksana, anak raja-raja zaman purbakala?"

Isa 19:12 Di manakah orang-orang bijaksanamu? Biarlah mereka mengumumkan kepadamu serta memberitahukan apa yang diputuskan TUHAN semesta alam tentang Mesir.

Isa 19:13 Para pembesar Zoan bertindak tolol, para pembesar Memfis sudah teperdaya; para pemuka suku-suku mereka telah memusingkan Mesir.

Isa 19:14 TUHAN telah mencurahkan di antara mereka suatu roh kekacauan, dan mereka memusingkan Mesir dalam segala usahanya, sehingga seperti seorang mabuk yang pusing waktu muntah-muntah.

Isa 19:15 Dan tidak ada usaha Mesir yang akan berhasil yang dilakukan oleh pemimpin dan pengikut, oleh pemuka dan orang biasa.

Isa 19:16 Pada waktu itu orang-orang Mesir akan seperti orang-orang perempuan; mereka akan gemetar dan terkejut terhadap tangan TUHAN semesta alam yang diacungkan-Nya kepada mereka.

Isa 19:17 Maka tanah Yehuda akan menimbulkan kegemparan di antara orang Mesir, dan siapapun yang teringat kepadanya akan terkejut mendengar keputusan TUHAN semesta alam yang diambil-Nya mengenai mereka.

Isa 19:18 Pada waktu itu akan ada lima kota di tanah Mesir yang berbicara bahasa Kanaan dan yang bersumpah demi TUHAN semesta alam. Satu di antaranya akan disebutkan Ir-Heres.

Isa 19:19 Pada waktu itu akan ada mezbah bagi TUHAN di tengah-tengah tanah Mesir dan tugu peringatan bagi TUHAN pada perbatasannya.

Isa 19:20 Itu akan menjadi tanda kesaksian bagi TUHAN semesta alam di tanah Mesir: apabila mereka berseru kepada TUHAN oleh karena orang-orang penindas, maka Ia akan mengirim seorang juruselamat kepada mereka, yang akan berjuang dan akan melepaskan mereka.

Isa 19:21 TUHAN akan menyatakan diri kepada orang Mesir, dan orang Mesir akan mengenal TUHAN pada waktu itu; mereka akan beribadah dengan korban sembelihan dan korban sajian, dan mereka akan bernazar kepada TUHAN serta membayar nazar itu.

Isa 19:22 TUHAN akan menghajar orang Mesir, akan menghajar dan menyembuhkan; dan mereka akan berbalik kepada TUHAN dan Ia akan mengabulkan doa mereka serta menyembuhkan mereka.

Isa 19:23 Pada waktu itu akan ada jalan raya dari Mesir ke Asyur, sehingga orang Asyur dapat masuk ke Mesir dan orang Mesir ke Asyur, dan Mesir akan beribadah bersama-sama Asyur.

Isa 19:24 Pada waktu itu Israel akan menjadi yang ketiga di samping Mesir dan di samping Asyur, suatu berkat di atas bumi,

Isa 19:25 yang diberkati oleh TUHAN semesta alam dengan berfirman: "Diberkatilah Mesir, umat-Ku, dan Asyur, buatan tangan-Ku, dan Israel, milik pusaka-Ku."


Tafsiran Wycliffe


1-10. Yesaya memberitahukan akan adanya berbagai penderitaan berupa perang saudara, serbuan Asyur, kekeringan dan kehancuran yang menimpa Mesir pada dasawarsa-dasawarsa mendatang.

TUHAN (Yahweh) akan memperlihatkan kedaulatan-Nya untuk merendahkan allah-allah palsu bangsa Mesir.

Perang Saudara akan pecah ketika Dinasti Libya (XXII) bertikai dengan bangsa Etiopia dan dengan Dinasti Saites (XXIV), dan dengan demikian mereka secara bodoh melalui konflik internal mempersiapkan jalan bagi penaklukan mereka semua secara kejam oleh Esar-hadon dari Asyur (ay. 4).

Ini terjadi tahun 671 SM, dan penjajahan Asyur berlangsung sembilan belas tahun.

Kekeringan hebat yang berlangsung lama (ay. 5, 6), di mana sungai Nil tidak dapat mengaliri tanah pertanian di kanan kirinya, makin memastikan kehancuran perekonomian Mesir.

7. Rumput di tepi sungai Nil. Karena itu tidak akan ada ikan yang dapat dijala dan rami yang dapat ditenun.

11-15. Bangsa Mesir membanggakan diri sebagai bangsa yang paling bijaksana dan berpengetahuan tinggi.

Tetapi, mereka akan terbukti sama sekali bodoh dan tidak mampu ketika menghadapi pukulan-pukulan bencana, dan para pemimpin mereka yang terus bertengkar akan membawa mereka pada kehancuran.

13. Zoan atau Tanis adalah ibu kota sebelah timur laut dekat perbatasan Sinai.

Memfis letaknya lebih ke selatan di ujung Delta.

15. Semua golongan masyarakat akan menjadi penganggur dan kekurangan.

16-25. Tetapi, Allah tetap menyediakan hari depan cerah bagi negeri yang penuh penyembahan berhala ini.

Pertama-tama, bangsa Mesir akan gemetar terhadap kekuasaan Allah Israel yang dahsyat ketika Dia memberikan hukuman kepada mereka, khususnya ketika bala tentara Nebukadnezar yang ingin balas dendam menyerang negeri mereka guna mengejar orang-orang Yahudi yang mencari perlindungan ke sana (bdg. Yer. 46:24-26).

Waktu itu mereka akan mengakui, bahwa TUHAN telah campur tangan dalam sejarah.

Belakangan, para imigran Yahudi ini akan "mengkhamiri" Mesir.

Mereka pasti membuka pemukiman-pemukiman berbahasa Ibrani (Kanaan) yang cukup besar, paling tidak di lima kota Mesir, salah satunya di Heliopolis.

18. Kata Heliopolis, "Kota Matahari" di sini sengaja diubah dengan permainan kata, sehingga bunyinya menjadi Ir-Heres (kota kebinasaan).

Di sana, bahkan didirikan sebuah mezbah untuk TUHAN di Mesir (ay. 19; didirikan oleh seorang imam bernama Onias pada masa pemerintahan Ptolemeus VI), sebagai satu kesungguhan pertobatan bangsa Mesir yang belakangan untuk memasuki Agama Kristen.

Allah akan mengutus seorang pelepas (Iskandar Agung) untuk menyelamatkan mereka dari penindasan bangsa Persia, sebagai tanda dari Sang Juruselamat ilahi yang akan membebaskan mereka dari kekuasaan Iblis.

23-25. Nubuat tentang hubungan harmonis yang akan terbentuk oleh penyebaran Injil ke seluruh wilayah Tanah Sabit Yang Subur.

Dan ini sebaliknya hanya merupakan pandangan pendahuluan tentang damai sejahtera yang terakhir dan yang lebih langgeng yang akan terbentuk antara Timur dan Barat pada zaman Mesias.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel