Jeremiah 33:1-13: Janji Pemulihan Keadilan Yerusalem dan Yehuda

Klik:

Jeremiah 33:1-13


Jer 33:1 Datanglah firman TUHAN untuk kedua kalinya kepada Yeremia, ketika ia masih terkurung di pelataran penjagaan itu, bunyinya:

Jer 33:2 "Beginilah firman TUHAN, yang telah menjadikan bumi dengan membentuknya dan menegakkannya--TUHAN ialah nama-Nya--:

Jer 33:3 Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.

Jer 33:4 Sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel, mengenai rumah-rumah di kota ini dan mengenai gedung-gedung istana raja Yehuda yang dirobohkan untuk dipakai terhadap tembok-tembok pengepungan dan pedang:

Jer 33:5 Orang akan masuk pertempuran melawan orang-orang Kasdim dan kota ini akan penuh dengan bangkai-bangkai manusia yang telah Kupukul mati karena murka-Ku dan kehangatan amarah-Ku, sebab Aku telah menyembunyikan wajah-Ku dari kota ini oleh karena segala kejahatan mereka.

Jer 33:6 Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah.

Jer 33:7 Aku akan memulihkan keadaan Yehuda dan Israel dan akan membangun mereka seperti dahulu:

Jer 33:8 Aku akan mentahirkan mereka dari segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa terhadap Aku, dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku.

Jer 33:9 Dan kota ini akan menjadi pokok kegirangan: ternama, terpuji dan terhormat bagi-Ku di depan segala bangsa di bumi yang telah mendengar tentang segala kebajikan yang Kulakukan kepadanya; mereka akan terkejut dan gemetar karena segala kebajikan dan segala kesejahteraan yang Kulakukan kepadanya.

Jer 33:10 Beginilah firman TUHAN: Di tempat ini, yang kamu katakan telah menjadi reruntuhan tanpa manusia dan tanpa hewan, di kota-kota Yehuda dan di jalan-jalan Yerusalem yang sunyi sepi itu tanpa manusia, tanpa penduduk dan tanpa hewan,

Jer 33:11 akan terdengar lagi suara kegirangan dan suara sukacita, suara pengantin laki-laki dan suara pengantin perempuan, suara orang-orang yang mengatakan: Bersyukurlah kepada TUHAN semesta alam, sebab TUHAN itu baik, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!, sambil mempersembahkan korban syukur di rumah TUHAN. Sebab Aku akan memulihkan keadaan negeri ini seperti dahulu, firman TUHAN.

Jer 33:12 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Di daerah ini, yang sudah menjadi reruntuhan, tanpa manusia dan tanpa hewan, dan di segala kotanya akan ada lagi padang rumput bagi gembala-gembala yang membaringkan kambing domba di situ.

Jer 33:13 Di kota-kota Pegunungan, di kota-kota Daerah Bukit, di kota-kota Tanah Negeb, di daerah Benyamin, di sekitar Yerusalem dan di kota-kota Yehuda, kambing domba akan lewat lagi dari bawah tangan orang yang menghitungnya, demikianlah firman TUHAN."


Tafsiran Wycliffe


II.C.4. Janji-janji Lagi Tentang Pemulihan (33:1-26).

Bagian ini mengulang tema-tema yang diperkenalkan dalam Yeremia 31.

Pasal ini mencatat penyataan-penyataan yang diterima Yeremia selama pengepungan terakhir atas Yerusalem.

2. Yang telah menjadikan bumi. AV. The maker thereof.

TUHAN ialah nama-Nya. Lihat tafsiran atas Keluaran 3:14.

3. Yang tidak terpahami. Yang tersembunyi.

4. Terhadap tembok-tembok pengepungan dan pedang. Bangunan-bangunan dekat tembok dihancurkan agar prajurit-prajurit yang mempertahankan kota itu bisa lebih leluasa untuk mengatur siasat (bdg. tafsiran atas 32:24).

7. Memulihkan keadaan. Lihat tafsiran atas 29:14.

Seperti dahulu. Sebelum kerajaan terpecah setelah Salomo meninggal.

8. Aku akan mentahirkan mereka. Bandingkan 31:34.

9. Kota ini, yakni Yerusalem (bdg. 32:40-42).

11. Lihat tafsiran atas 25:10.

Bersyukurlah kepada TUHAN. Ini adalah ekspresi yang diulang-ulang dalam ibadah di bait suci (Mzm. 135:1).

Memulihkan keadaan. Lihat tafsiran atas 29:14.

12. Padang rumput bagi gembala-gembala. Sebuah gambaran keadaan yang tenang dan damai.

13. Pegunungan. Lihat tafsiran atas 17:26.

Daerah Bukit. Syefelah (bdg. tafsiran atas 17:26).

Tanah Negeb (bdg. tafsiran atas 13:19).

Menghitung. AV. Telleth.

II. Peristiwa-peristiwa dalam Kehidupan Yeremia (26:1-45:5).

Bagian ini terutama memuat otobiografi dan tulisan sejarah.

Hubungan Yeremia dengan para penguasa dan rakyat itu menjadi lebih tegang sampai akhirnya Yerusalem jatuh, seperti yang telah dia nubuatkan.

Tetapi, dalam semua ini muncul suatu tema harapan dengan pesan mengenai Perjanjian Yang Baru.

Bagian ini, ditutup dengan cerita singkat mengenai hari-hari terakhir Yeremia.

II.C. Kitab Penghiburan (30:1-33:26).

Sebagian besar pekerjaan Yeremia adalah memberitakan hukuman.

Pada bagian ini, dia melihat melampaui hukuman yang makin dekat itu kepada Hari Tuhan, pemulihan serta keselamatan Israel, dan Perjanjian Yang Baru.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel