Jeremiah 32: Pembelian Ladang Sebagai Jaminan Dari Keselamatan Yehuda Yang Akan Datang

Klik:

Jeremiah 32


Jer 32:1 Firman yang datang dari TUHAN kepada Yeremia dalam tahun yang kesepuluh pemerintahan Zedekia, raja Yehuda; itulah tahun yang kedelapan belas pemerintahan Nebukadnezar.

Jer 32:2 Pada waktu itu tentara raja Babel mengepung Yerusalem, dan nabi Yeremia ditahan di pelataran penjagaan yang ada di istana raja Yehuda.

Jer 32:3 Sebab Zedekia, raja Yehuda, telah menahan dia di sana dengan tuduhan: "Mengapa engkau bernubuat: Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku menyerahkan kota ini ke dalam tangan raja Babel, supaya ia mendudukinya;

Jer 32:4 Zedekia, raja Yehuda, tidak akan luput dari tangan orang Kasdim, melainkan pasti akan diserahkan ke dalam tangan raja Babel, sehingga ia berbicara dengan dia mulut sama mulut dan melihat dia mata sama mata;

Jer 32:5 Zedekia akan dibawanya ke Babel dan di sanalah ia akan tinggal, sampai Aku memperhatikannya, demikianlah firman TUHAN. Apabila kamu berperang melawan orang Kasdim itu, kamu tidak akan beruntung!"

Jer 32:6 Berkatalah Yeremia: "Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya:

Jer 32:7 Sesungguhnya, Hanameel, anak Salum, pamanmu, akan datang kepadamu dengan usul: Belilah ladangku yang di Anatot itu, sebab engkaulah yang mempunyai hak tebus untuk membelinya.

Jer 32:8 Kemudian, sesuai dengan firman TUHAN, datanglah Hanameel, anak pamanku, kepadaku di pelataran penjagaan, dan mengusulkan kepadaku: Belilah ladangku yang di Anatot di daerah Benyamin itu, sebab engkaulah yang mempunyai hak milik dan hak tebus; belilah itu! Maka tahulah aku, bahwa itu adalah firman TUHAN.

Jer 32:9 Jadi aku membeli ladang yang di Anatot itu dari Hanameel, anak pamanku, dan menimbang uang baginya: tujuh belas syikal perak.

Jer 32:10 Aku menulis surat pembelian, memeteraikannya, memanggil saksi-saksi dan menimbang perak itu dengan neraca.

Jer 32:11 Lalu aku mengambil surat pembelian yang berisi syarat dan ketetapan itu, baik yang dimeteraikan maupun salinannya yang terbuka;

Jer 32:12 kemudian aku memberikan surat pembelian itu kepada Barukh bin Neria bin Mahseya di depan Hanameel, anak pamanku, di depan para saksi yang telah menandatangani surat pembelian itu, dan di depan semua orang Yehuda yang ada di pelataran penjagaan itu.

Jer 32:13 Di depan mereka aku memerintahkan kepada Barukh, kataku:

Jer 32:14 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Ambillah surat-surat ini, baik surat pembelian yang dimeteraikan itu maupun salinan yang terbuka ini, taruhlah semuanya itu dalam bejana tanah, supaya dapat tahan lama.

Jer 32:15 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Rumah, ladang dan kebun anggur akan dibeli pula di negeri ini!

Jer 32:16 Sesudah kuberikan surat pembelian itu kepada Barukh bin Neria, berdoalah aku kepada TUHAN, kataku:

Jer 32:17 Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya, Engkaulah yang telah menjadikan langit dan bumi dengan kekuatan-Mu yang besar dan dengan lengan-Mu yang terentang. Tiada suatu apapun yang mustahil untuk-Mu!

Jer 32:18 Engkaulah yang menunjukkan kasih setia-Mu kepada beribu-ribu orang dan yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya yang datang kemudian. Ya Allah yang besar dan perkasa, nama-Mu adalah TUHAN semesta alam,

Jer 32:19 besar dalam rancangan-Mu dan agung dalam perbuatan-Mu; mata-Mu terbuka terhadap segala tingkah langkah anak-anak manusia dengan mengganjar setiap orang sesuai dengan tingkah langkahnya dan sesuai dengan buah perbuatannya;

Jer 32:20 Engkau yang memperlihatkan tanda-tanda dan mujizat-mujizat di tanah Mesir, sampai kepada waktu ini kepada Israel dan kepada umat manusia, sehingga Engkau membuat nama bagi-Mu, seperti yang ternyata pada waktu ini.

Jer 32:21 Engkau telah membawa umat-Mu Israel keluar dari tanah Mesir dengan tanda-tanda dan mujizat-mujizat, dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung dan dengan kedahsyatan yang besar.

Jer 32:22 Dan Engkau telah memberikan kepada mereka negeri ini, seperti yang telah Kaujanjikan dengan sumpah kepada nenek moyang mereka untuk memberikannya kepada mereka, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Jer 32:23 Kemudian mereka memasuki dan mendudukinya, tetapi mereka tidak mendengarkan suara-Mu dan tidak berkelakuan menurut Taurat-Mu; mereka tidak melakukan segala apa yang Kauperintahkan kepada mereka untuk dilakukan. Sebab itu Engkau melimpahkan kepada mereka segala malapetaka ini.

Jer 32:24 Sesungguhnya, tembok-tembok pengepungan yang dipakai untuk merebut kota telah sampai mendekatinya; oleh karena pedang, kelaparan dan penyakit sampar maka kota itu telah diserahkan kepada orang-orang Kasdim yang memeranginya. Maka apa yang Kaufirmankan itu telah terjadi; sungguh, Engkau sendiri melihatnya.

Jer 32:25 Namun Engkau, ya Tuhan ALLAH, telah berfirman kepadaku: Belilah ladang itu dengan perak dan panggillah saksi-saksi! --padahal kota itu telah diserahkan ke dalam tangan orang-orang Kasdim."

Jer 32:26 Firman TUHAN datang kepada Yeremia, bunyinya:

Jer 32:27 "Sesungguhnya, Akulah TUHAN, Allah segala makhluk; adakah sesuatu apapun yang mustahil untuk-Ku?

Jer 32:28 Sebab itu beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku berikan kota ini ke dalam tangan orang-orang Kasdim dan ke dalam tangan Nebukadnezar, raja Babel, dan ia akan merebutnya.

Jer 32:29 Orang-orang Kasdim yang memerangi kota ini akan datang membakarnya dan menghanguskannya serta dengan rumah-rumah yang di atas sotohnya orang membakar korban kepada Baal dan mempersembahkan korban curahan kepada allah lain untuk menimbulkan sakit hati-Ku.

Jer 32:30 Sebab orang Israel dan orang Yehuda hanyalah melakukan yang jahat di mata-Ku sejak masa mudanya; sungguh, orang Israel hanya menimbulkan sakit hati-Ku dengan perbuatan tangan mereka, demikianlah firman TUHAN.

Jer 32:31 Ya, kota ini telah membangkitkan murka dan kehangatan amarah-Ku mulai dari hari didirikannya sampai hari ini, sehingga Aku harus menyingkirkannya dari hadapan-Ku,

Jer 32:32 karena segala kejahatan yang dilakukan oleh orang Israel dan orang Yehuda untuk menimbulkan sakit hati-Ku, oleh mereka sendiri, raja-raja mereka, pemuka-pemuka mereka, imam-imam mereka, nabi-nabi mereka, orang Yehuda dan penduduk Yerusalem.

Jer 32:33 Mereka membelakangi Aku dan tidak menghadap kepada-Ku, dan sekalipun Aku mengajar mereka, terus-menerus, tiada mereka mau mendengarkan atau menerima penghajaran.

Jer 32:34 Mereka menempatkan dewa-dewa mereka yang menjijikkan di rumah yang di atasnya nama-Ku diserukan, untuk menajiskannya.

Jer 32:35 Mereka mendirikan bukit-bukit pengorbanan untuk Baal di Lembah Ben-Hinom, untuk mempersembahkan anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka kepada Molokh sebagai korban dalam api, sekalipun Aku tidak pernah memerintahkannya kepada mereka dan sekalipun hal itu tidak pernah timbul dalam hati-Ku, yakni hal melakukan kejijikan ini, sehingga Yehuda tergelincir ke dalam dosa.

Jer 32:36 Oleh sebab itu, beginilah firman TUHAN, Allah Israel, mengenai kota ini, yang engkau katakan telah diserahkan ke dalam tangan raja Babel karena pedang, kelaparan dan penyakit sampar:

Jer 32:37 Sesungguhnya, Aku mengumpulkan mereka dari segala negeri, ke mana Aku menceraiberaikan mereka karena murka-Ku, kehangatan amarah-Ku dan gusar-Ku yang besar, dan Aku akan mengembalikan mereka ke tempat ini dan akan membuat mereka diam dengan tenteram.

Jer 32:38 Maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.

Jer 32:39 Aku akan memberi mereka satu hati dan satu tingkah langkah, sehingga mereka takut kepada-Ku sepanjang masa untuk kebaikan mereka dan anak-anak mereka yang datang kemudian.

Jer 32:40 Aku akan mengikat perjanjian kekal dengan mereka, bahwa Aku tidak akan membelakangi mereka, melainkan akan berbuat baik kepada mereka; Aku akan menaruh takut kepada-Ku ke dalam hati mereka, supaya mereka jangan menjauh dari pada-Ku.

Jer 32:41 Aku akan bergirang karena mereka untuk berbuat baik kepada mereka dan Aku akan membuat mereka tumbuh di negeri ini dengan kesetiaan, dengan segenap hati-Ku dan dengan segenap jiwa-Ku.

Jer 32:42 Sebab beginilah firman TUHAN: Seperti Aku mendatangkan kepada bangsa ini segenap malapetaka yang hebat ini, demikianlah Aku mendatangkan ke atas mereka keberuntungan yang Kujanjikan kepada mereka.

Jer 32:43 Orang akan membeli ladang lagi di negeri ini yang kamu katakan: Itu adalah tempat tandus tanpa manusia dan hewan; itu telah diserahkan ke dalam tangan orang-orang Kasdim!

Jer 32:44 Orang akan membeli ladang-ladang dengan perak, menulis surat pembelian, memeteraikannya dan memanggil saksi-saksi di daerah Benyamin, di sekitar Yerusalem, di kota-kota Yehuda, di kota-kota Pegunungan, di kota-kota Daerah Bukit dan di kota-kota Tanah Negeb. Sebab Aku akan memulihkan keadaan mereka, demikianlah firman TUHAN."


Tafsiran Wycliffe


II.C.3. Yeremia Membeli Ladang di Anatot (32:1-44).

Dengan tindakan ini (yang terjadi selama pengepungan terakhir atas Yerusalem), Yeremia menunjukkan imannya akan adanya pemulihan Palestina sesudah pembuangan.

Menurut hukum tentang penebusan, jika seorang Ibrani yang sedang membutuhkan uang hendak menjual tanahnya untuk melunasi hutang, maka sanak saudara terdekatnya harus menebus tanah itu - yakni membelinya kembali bagi dia.

Tindakan Yeremia ini mempunyai arti tambahan yang penting, mengingat bahwa Anatot telah jatuh ke tangan musuh; jadi tindakannya tidak akan ada artinya jika dipisahkan dari harapan akan adanya pemulihan.

1. Tahun yang kesepuluh pemerintahan Zedekia. Yerusalem jatuh tahun berikutnya, jadi pada tahun itu ia sudah dikepung.

2. Kisah tentang dipenjarakannya Yeremia diceritakan dalam 37:11-21.

7. Tebus. Bandingkan paragraf pengantar di atas; Imamat 25:23-28. Anatot, adalah tempat kelahiran Yeremia (bdg. tafsiran atas 1:1).

Penebusan Tanah Itu (32:9-15).

Sebuah contoh menarik mengenai transaksi jual beli waktu itu.

9. Menimbang. Karena belum ada uang koin, maka logam berharga yang dipakai untuk pembayaran harus ditimbang.

Tujuh belas syikal, kira-kira sama dengan seratus tujuh puluh gram.

Ladang itu mungkin kecil.

10. Menulis surat pembelian. Menandatangani akte jual beli.

Saksi-saksi selalu penting dalam transaksi-transaksi resmi.

Bandingkan transaksi jual beli tanah pada zaman lebih awal, di mana belum ada tulisan, Rut 4:1-12.

Neraca. Timbangan.

11. Dua lembar salinan surat jual beli dibuat, mungkin dari papirus.

Satu digulung dan dimeteraikan untuk mencegah kerusakan, yang lain dibiarkan tanpa dimeteraikan untuk keterangan setiap kali dibutuhkan.

12. Barukh bin Neria bin Mahseya. Penyebutan pertama dari juru tulis Yeremia; dialah yang menulis sebagian besar Kitab Yeremia di bawah petunjuk Yeremia.

15. Dibeli. AV. Possessed.

Reaksi Kebimbangan Yeremia (32:16-25).

Pembelian dilaksanakan, gelombang kebimbangan melanda Yeremia sehingga dia berdoa dengan jiwa yang sedih.

Doanya agak mirip doa orang-orang Lewi yang diceritakan dalam Nehemia 9:6-38.

18. Kasih setia. Lihat tafsiran atas 9:24.

20. Tanda-tanda dan mujizat-mujizat di tanah Mesir. Bandingkan Keluaran 7:8-12:36.

Sampai kepada waktu ini. Barangkali frasa ini membatasi pernyataan sesudahnya.

24. Tembok-tembok pengepungan. AV. Mounts.

Orang-orang Kasdim. Lihat tafsiran atas 21:4.

25. Doa tersebut putus setelah nabi menganggap, bahwa adalah konyol jika dia melaksanakan transaksi sebagaimana mestinya, padahal tanah itu sudah jatuh ke tangan bangsa Babel.

Meskipun demikian, dia tidak mau menyatakan keragu-raguannya lebih lengkap.

Jawaban Penuh Rahmat Dari Allah (32:26-44).

Tuhan menghibur dan meyakinkan nabi-Nya dengan memberitahukan kepadanya, bahwa walaupun kota itu akan jatuh seperti yang dia nubuatkan, akan ada pemulihan, yakni ketika orang-orang akan kembali berjual beli di negeri Yehuda.

27. Dengan kemurahan yang besar, Allah mendesak Yeremia untuk memiliki iman lebih besar dengan cara mengambil pernyataan sang nabi sendiri (ay. 17), lalu mengajukannya sebagai pertanyaan kepada sang nabi, seakan-akan mengatakan: "Yeremia, apakah engkau benar-benar meyakini apa yang telah engkau katakan?"

34. Dewa-dewa ... yang menjijikkan. Di Bait Suci di Yerusalem pun ada berhala-berhala (bdg. Yeh. 8:3-11).

35. Lihat tafsiran atas 7:29,31; 19:13.

38-40. Lihat tafsiran atas 31:31-34.

44. Pegunungan. Lihat tafsiran atas 17:26.

Daerah Bukit. Syefelah (bdg. tafsiran atas 17:26).

Tanah Negeb (bdg. tafsiran atas 13:19).

Memulihkan keadaan mereka. Lihat tafsiran atas 29:14.

II. Peristiwa-peristiwa dalam Kehidupan Yeremia (26:1-45:5).

Bagian ini terutama memuat otobiografi dan tulisan sejarah.

Hubungan Yeremia dengan para penguasa dan rakyat itu menjadi lebih tegang sampai akhirnya Yerusalem jatuh, seperti yang telah dia nubuatkan.

Tetapi, dalam semua ini muncul suatu tema harapan dengan pesan mengenai Perjanjian Yang Baru.

Bagian ini, ditutup dengan cerita singkat mengenai hari-hari terakhir Yeremia.

II.C. Kitab Penghiburan (30:1-33:26).

Sebagian besar pekerjaan Yeremia adalah memberitakan hukuman.

Pada bagian ini, dia melihat melampaui hukuman yang makin dekat itu kepada Hari Tuhan, pemulihan serta keselamatan Israel, dan Perjanjian Yang Baru.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel