Jeremiah 31: Perjanjian Baru

Klik:

Jeremiah 31


Jer 31:1 "Pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan menjadi Allah segala kaum keluarga Israel dan mereka akan menjadi umat-Ku.

Jer 31:2 Beginilah firman TUHAN: Ia mendapat kasih karunia di padang gurun, yaitu bangsa yang terluput dari pedang itu! Israel berjalan mencari istirahat bagi dirinya!

Jer 31:3 Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu.

Jer 31:4 Aku akan membangun engkau kembali, sehingga engkau dibangun, hai anak dara Israel! Engkau akan menghiasi dirimu kembali dengan rebana dan akan tampil dalam tari-tarian orang yang bersukaria.

Jer 31:5 Engkau akan membuat kebun anggur kembali di gunung-gunung Samaria; ya, orang-orang yang membuatnya akan memetik hasilnya pula.

Jer 31:6 Sungguh, akan datang harinya bahwa para penjaga akan berseru di gunung Efraim: Ayo, marilah kita naik ke Sion, kepada TUHAN, Allah kita!

Jer 31:7 Sebab beginilah firman TUHAN: Bersorak-sorailah bagi Yakub dengan sukacita, bersukarialah tentang pemimpin bangsa-bangsa! Kabarkanlah, pujilah dan katakanlah: TUHAN telah menyelamatkan umat-Nya, yakni sisa-sisa Israel!

Jer 31:8 Sesungguhnya, Aku akan membawa mereka dari tanah utara dan akan mengumpulkan mereka dari ujung bumi; di antara mereka ada orang buta dan lumpuh, ada perempuan yang mengandung bersama-sama dengan perhimpunan yang melahirkan; dalam kumpulan besar mereka akan kembali ke mari!

Jer 31:9 Dengan menangis mereka akan datang, dengan hiburan Aku akan membawa mereka; Aku akan memimpin mereka ke sungai-sungai, di jalan yang rata, di mana mereka tidak akan tersandung; sebab Aku telah menjadi bapa Israel, Efraim adalah anak sulung-Ku.

Jer 31:10 Dengarlah firman TUHAN, hai bangsa-bangsa, beritahukanlah itu di tanah-tanah pesisir yang jauh, katakanlah: Dia yang telah menyerakkan Israel akan mengumpulkannya kembali, dan menjaganya seperti gembala terhadap kawanan dombanya!

Jer 31:11 Sebab TUHAN telah membebaskan Yakub, telah menebusnya dari tangan orang yang lebih kuat dari padanya.

Jer 31:12 Mereka akan datang bersorak-sorak di atas bukit Sion, muka mereka akan berseri-seri karena kebajikan TUHAN, karena gandum, anggur dan minyak, karena anak-anak kambing domba dan lembu sapi; hidup mereka akan seperti taman yang diairi baik-baik, mereka tidak akan kembali lagi merana.

Jer 31:13 Pada waktu itu anak-anak dara akan bersukaria menari beramai-ramai, orang-orang muda dan orang-orang tua akan bergembira. Aku akan mengubah perkabungan mereka menjadi kegirangan, akan menghibur mereka dan menyukakan mereka sesudah kedukaan mereka.

Jer 31:14 Aku akan memuaskan jiwa para imam dengan kelimpahan, dan umat-Ku akan menjadi kenyang dengan kebajikan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Jer 31:15 Beginilah firman TUHAN: Dengar! Di Rama terdengar ratapan, tangisan yang pahit pedih: Rahel menangisi anak-anaknya, ia tidak mau dihibur karena anak-anaknya, sebab mereka tidak ada lagi.

Jer 31:16 Beginilah firman TUHAN: Cegahlah suaramu dari menangis, dan matamu dari mencucurkan air mata, sebab untuk jerih payahmu ada ganjaran, demikianlah firman TUHAN; mereka akan kembali dari negeri musuh.

Jer 31:17 Masih ada harapan untuk hari depanmu, demikianlah firman TUHAN: anak-anak akan kembali ke daerah mereka.

Jer 31:18 Telah Kudengar sungguh-sungguh Efraim meratap: Engkau telah menghajar aku, dan aku telah menerima hajaran, seperti anak lembu yang tidak terlatih. Bawalah aku kembali, supaya aku berbalik, sebab Engkaulah TUHAN, Allahku.

Jer 31:19 Sungguh, sesudah aku berbalik, aku menyesal, dan sesudah aku tahu akan diriku, aku menepuk pinggang sebagai tanda berkabung; aku merasa malu dan bernoda, sebab aku menanggung aib masa mudaku.

Jer 31:20 Anak kesayangankah gerangan Efraim bagi-Ku atau anak kesukaan? Sebab setiap kali Aku menghardik dia, tak putus-putusnya Aku terkenang kepadanya; sebab itu hati-Ku terharu terhadap dia; tak dapat tidak Aku akan menyayanginya, demikianlah firman TUHAN.

Jer 31:21 Dirikanlah bagimu rambu-rambu jalan, pasanglah bagimu tanda-tanda jalan; perhatikanlah jalan raya baik-baik, yakni jalan yang telah kautempuh! Kembalilah, hai anak dara Israel, kembalilah ke kota-kotamu ini!

Jer 31:22 Berapa lama lagi engkau mundur maju, hai anak perempuan yang tidak taat? Sebab TUHAN menciptakan sesuatu yang baru di negeri: perempuan merangkul laki-laki."

Jer 31:23 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah orang Israel: "Orang akan mengucapkan perkataan ini lagi di tanah Yehuda dan di kota-kotanya, apabila Aku telah memulihkan keadaan mereka: TUHAN kiranya memberkati engkau, hai tempat kediaman kebenaran, hai gunung yang kudus!

Jer 31:24 Di sana akan duduk Yehuda beserta segala kotanya, petani-petani dan orang-orang yang mengembara dengan kawanan ternaknya.

Jer 31:25 Sebab Aku akan membuat segar orang yang lelah, dan setiap orang yang merana akan Kubuat puas."

Jer 31:26 Sebab itu aku bangun dan melihat; tidurku menyenangkan.

Jer 31:27 "Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan melimpahi kaum Israel dan kaum Yehuda dengan benih manusia dan benih hewan.

Jer 31:28 Maka seperti tadinya Aku berjaga-jaga atas mereka untuk mencabut dan merobohkan, untuk meruntuhkan dan membinasakan dan mencelakakan, demikianlah juga Aku akan berjaga-jaga atas mereka untuk membangun dan menanam, demikianlah firman TUHAN.

Jer 31:29 Pada waktu itu orang tidak akan berkata lagi: Ayah-ayah makan buah mentah, dan gigi anak-anaknya menjadi ngilu,

Jer 31:30 melainkan: Setiap orang akan mati karena kesalahannya sendiri; setiap manusia yang makan buah mentah, giginya sendiri menjadi ngilu.

Jer 31:31 Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda,

Jer 31:32 bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN.

Jer 31:33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

Jer 31:34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

Jer 31:35 Beginilah firman TUHAN, yang memberi matahari untuk menerangi siang, yang menetapkan bulan dan bintang-bintang untuk menerangi malam, yang mengharu biru laut, sehingga gelombang-gelombangnya ribut, --TUHAN semesta alam nama-Nya:

Jer 31:36 "Sesungguhnya, seperti ketetapan-ketetapan ini tidak akan beralih dari hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunan Israel juga tidak akan berhenti menjadi bangsa di hadapan-Ku untuk sepanjang waktu.

Jer 31:37 Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, seperti langit di atas tidak terukur dan dasar-dasar bumi di bawah tidak terselidiki, demikianlah juga Aku tidak akan menolak segala keturunan Israel, karena segala apa yang dilakukan mereka, demikianlah firman TUHAN.

Jer 31:38 Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa kota itu akan dibangun kembali bagi TUHAN, dari menara Hananeel sampai Pintu Gerbang Sudut;

Jer 31:39 kemudian tali pengukur itu akan merentang terus sampai ke bukit Gareb, lalu membelok ke Goa.

Jer 31:40 Dan segenap lembah itu, dengan mayat-mayat dan abu korbannya, dan segenap tanah di tepi sungai Kidron sampai ke sudut Pintu Gerbang Kuda ke arah timur, akan menjadi kudus bagi TUHAN. Orang tidak akan meruntuhkan dan merobohkan lagi di sana untuk selama-lamanya."


Tafsiran Wycliffe


II.C.2. Pemulihan Bangsa Itu, dan Perjanjian yang Baru (31:1-40).

Untuk persiapan menghadapi pernyataan tentang Perjanjian Yang Baru, mula-mula Israel (ay. 1-22), kemudian Yehuda (ay. 23-30) diyakinkan akan kasih Allah dan maksud-Nya mengumpulkan mereka kembali.

1. Tujuan Perjanjian Abraham (Kej. 17:7) pada akhirnya akan diwujudkan. Ini adalah berkat paling mulia dari Allah.

2. Yang terluput dari. Terjemahan ini tepat.

Di padang gurun, yakni dalam pengembaraan selama empat puluh tahun di padang gurun (Kel. 14 - Ul. 34).

3. Kasih setia. Lihat tafsiran atas 9:24.

4. Anak dara Israel. Lihat tafsiran atas 14:17.

Rebana dipakai untuk memberikan ketukan irama untuk tari-tarian dalam peristiwa-peristiwa penuh sukacita (bdg. Kel. 15:20).

5. Memetik hasilnya. Orang Ibrani tidak memakan buah-buahan hasil kebunnya selama tiga tahun pertama.

Buah dari tahun keempat diberikan kepada Allah.

Tetapi, itu bisa "ditebus" dan dimakan sebagaimana lazimnya (Im. 19:23-25; Ul. 20:6).

Ayat ini berarti, bahwa Israel akan bermukim dan mencari nafkah dari tanah negeri itu dengan keadaan normal.

6. Israel juga akan kembali beribadah secara murni kepada Tuhan, yang telah tidak dilakukannya selama kerajaan itu terbagi menjadi dua.

Gunung Efraim adalah pusat Kerajaan Utara.

Penjaga barangkali merupakan pertanda datangnya para peziarah.

Nubuat Tentang Berkumpulnya Kembali Orang-orang Buangan (31:7-14).

Mereka akan kembali, bertobat dan mendapatkan kembali kemurahan hati Allah (bdg. Yes. 40:3-5, 9, 11; 42:5-16; 43:1-21; 48:20-22; 49:8-13).

8. Tanah utara. Bandingkan pendahuluan: Musuh dari Utara.

Ujung bumi. Ini kelihatannya menunjukkan perserakan ke seluruh dunia.

10. Tanah-tanah pesisir. Lihat tafsiran atas 2:10.

11. Membebaskan ... menebus. Acuan pada kelepasan yang Allah lakukan bagi umat-Nya dari belenggu bangsa asing, untuk kembali ke negeri mereka sendiri.

Pemakaian kata-kata ini dalam Perjanjian Baru (barangkali telah diantisipasi dalam Yesaya 44:22,23; 62:12) dengan arti kelepasan dari dosa merupakan pengembangan sangat alami dari makna tersebut.

12. Berseri-seri karena kebajikan Tuhan. Pengertiannya sudah jelas.

Gandum, anggur dan minyak merupakan tanda mengenai kehidupan yang baik (bdg. Mzm. 104:15).

Taman yang diairi baik-baik. Di Palestina yang kering, pengairan merupakan satu-satunya jaminan bagi adanya tumbuh-tumbuhan yang hijau (Yes. 58:11).

Rahel dan Efraim Akan Dihiburkan (31:15-22).

Rahel, ibu Yusuf dan Benyamin, yang menurunkan suku-suku di Kerajaan Utara, diceritakan sedang menangisi pembuangan Israel; tetapi Allah menghiburnya dengan janji untuk memulihkan mereka.

15. Rama, sebuah kota terletak lima mil di utara Yerusalem, jelas merupakan tempat di mana orang-orang buangan dikumpulkan sebelum diangkut ke Babel (40:1).

Nubuat tersebut menceritakan Rahel, yang membela anak-anaknya (Kej. 30:1) dan mati dalam keadaan berduka (Kej. 35:18, 19), menangis di Rama karena melihat keturunannya diangkut ke pembuangan.

(Tempat pemakaman Rahel masih merupakan bahan perdebatan).

Matius melihat penggenapan ayat ini dalam peristiwa Pembunuhan Anak-anak tak Berdosa (Mat. 2:17, 18).

18, 19. Efraim mengucapkan doa pertobatan.

Efraim adalah sinonim untuk Israel.

19. Aku berbalik, yakni menjauhi Allah.

Menepuk pinggang adalah tanda sangat berduka cita (Yeh. 21:12).

20. Allah menyatakan Efraim diampuni.

Terharu, bandingkan tafsiran atas 4:19.

21, 22. Sang nabi mengingatkan Israel agar bersiap-siap untuk kembali dari pembuangan.

Tanda-tanda jalan. Dipakai sebagai petunjuk jalan.

Kembalilah. AV. Turn again.

Mundur maju (ay. 22). Menengok ke sana kemari (dalam kebimbangan).

Perempuan merangkul laki-laki, yakni Israel akan kembali kepada suaminya, yaitu Allah.

Para penafsir mempunyai pemahaman yang sangat berbeda tentang ini.

Banyak penafsir menolak anggapan, bahwa ini adalah nubuat tentang kelahiran Kristus dari anak perawan.

Sementara Alkitab RSV menerjemahkan: "seorang perempuan akan melindungi laki-laki", yakni Israel yang lemah akan menjadi cukup kuat untuk melindungi yang lainnya.

Terjemahan lain lagi berbunyi: "seorang perempuan akan memeluk laki-laki", yaitu Israel akan kembali kepada suaminya, yakni Allah.

Tidak satupun tafsiran yang pernah memperoleh persetujuan dari mayoritas penafsir.

23. Memulihkan keadaan mereka. Lihat tafsiran atas 29:14.

24. Petani-petani. Di Palestina pada zaman kuno, para petani dan gembala hidup di kota-kota kecil, setiap pagi mereka pergi ke ladang dan padang rumput.

Yang diceritakan di sini adalah keadaan yang tenang dan sentosa.

25. Membuat segar. Mencukupkan.

Akan Kubuat puas. Penuh dengan sukacita.

26. Sang nabi kelihatannya mengatakan ini. Tetapi, itu aneh, sebab Yeremia tidak mengakui mimpi-mimpi (23:25-28).

27. Pembuangan mengakibatkan populasi manusia maupun binatang berkurang.

Pada hari mendatang, Allah akan memperbanyak lagi penduduk bangsa itu (Yeh. 36:8-11; Hos. 1:11; 2:23).

28. Membangun dan menanam (bdg. 1:10).

29. Ini adalah sebuah amsal populer (bdg. Yeh. 18:2-4).

30. Karena kesalahannya sendiri. Suatu pernyataan mengenai tanggung jawab individu.

31. Akan datang waktunya. Ini sebuah rumusan Eskatologis. Yang dimaksud ialah Hari TUHAN (bdg. tafsiran atas 30:7).

32. Perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka. Perjanjian yang diadakan di Sinai, diperbaharui di Dataran Moab (bdg. keterangan dalam paragraf pengantar di atas).

Tuan yang berkuasa (AV. I was a husband), artinya: Aku setia kepada mereka, walaupun mereka tidak setia kepadaku.

33. Dalam batin mereka. Perjanjian yang lama ditulis pada loh batu (Kel. 31:18).

Hanya perjanjian baru, yang ditulis dalam hati, yang dapat menggenapi apa yang hendak dicapai oleh perjanjian yang lama: "Aku ... akan menjadi Allahmu, engkau akan menjadi umat-Ku" (Im. 26:12; bdg. Yeh. 36:25-27).

34. Kenallah TUHAN. Ini adalah pengenalan yang karib, benar-benar dirasakan atau dialami, dan didasarkan pada pengampunan dosa.

Israel Tetap Ada Selama-lamanya (31:35-37).

Bertahan hidupnya bangsa Ibrani lama sesudah bangsa-bangsa di sekitarnya binasa, nyaris tidak dapat dijelaskan, kecuali atas dasar hal-hal yang adikodrati.

38. Kota itu akan dibangun kembali bagi TUHAN. Ini bukan sekadar nasionalisme; kota itu dipersembahkan bagi Allah, menjadi kudus (ay. 40).

Menara Hananeel. Di sudut timur laut (Neh. 3:1; 12:39; Zak. 14:10).

Pintu Gerbang Sudut, yakni di sudut barat laut (II Raj. 14:13; II Taw. 26:9).

39. Bukit Gareb ... Goa. Tidak diketahui, mungkin menunjukkan ujung barat daya dan ujung tenggara kota itu.

40. Segenap lembah itu, dengan mayat-mayat. Lembah Hinom (bdg. tafsiran atas 7:31).

Sungai Kidron adalah batas timur Yerusalem, dan mengalir ke Lembah Hinom.

Pintu Gerbang Kuda kelihatannya adalah sudut tenggara kota itu.

II. Peristiwa-peristiwa dalam Kehidupan Yeremia (26:1-45:5).

Bagian ini terutama memuat otobiografi dan tulisan sejarah.

Hubungan Yeremia dengan para penguasa dan rakyat itu menjadi lebih tegang sampai akhirnya Yerusalem jatuh, seperti yang telah dia nubuatkan.

Tetapi, dalam semua ini muncul suatu tema harapan dengan pesan mengenai Perjanjian Yang Baru.

Bagian ini, ditutup dengan cerita singkat mengenai hari-hari terakhir Yeremia.

II.C. Kitab Penghiburan (30:1-33:26).

Sebagian besar pekerjaan Yeremia adalah memberitakan hukuman.

Pada bagian ini, dia melihat melampaui hukuman yang makin dekat itu kepada Hari Tuhan, pemulihan serta keselamatan Israel, dan Perjanjian Yang Baru.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel