Jeremiah 30: Janji Pemulihan Israel

Klik:

Jeremiah 30


Jer 30:1 Firman yang datang dari TUHAN kepada Yeremia, bunyinya:

Jer 30:2 "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Tuliskanlah segala perkataan yang telah Kufirmankan kepadamu itu dalam suatu kitab.

Jer 30:3 Sebab, sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan memulihkan keadaan umat-Ku Israel dan Yehuda--firman TUHAN--dan Aku akan mengembalikan mereka ke negeri yang telah Kuberikan kepada nenek moyang mereka, dan mereka akan memilikinya."

Jer 30:4 Inilah perkataan-perkataan yang telah difirmankan TUHAN tentang Israel dan tentang Yehuda:

Jer 30:5 "Sungguh, beginilah firman TUHAN: Telah kami dengar jerit kegentaran, kedahsyatan dan tidak ada damai.

Jer 30:6 Cobalah tanyakan dan selidiki, adakah laki-laki melahirkan? Mengapakah setiap laki-laki Kulihat tangannya pada pinggangnya seperti seorang perempuan yang melahirkan? Mengapakah setiap muka berubah menjadi pucat?

Jer 30:7 Hai, alangkah hebatnya hari itu, tidak ada taranya; itulah waktu kesusahan bagi Yakub, tetapi ia akan diselamatkan dari padanya.

Jer 30:8 Maka pada hari itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, Aku akan mematahkan kuk dari tengkuk mereka dan memutuskan tali-tali pengikat mereka, dan mereka tidak akan mengabdi lagi kepada orang-orang asing.

Jer 30:9 Mereka akan mengabdi kepada TUHAN, Allah mereka, dan kepada Daud, raja mereka, yang akan Kubangkitkan bagi mereka.

Jer 30:10 Maka engkau, janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub, demikianlah firman TUHAN, janganlah gentar, hai Israel! Sebab sesungguhnya, Aku menyelamatkan engkau dari tempat jauh dan keturunanmu dari negeri pembuangan mereka. Yakub akan kembali dan hidup tenang dan aman, dengan tidak ada yang mengejutkan.

Jer 30:11 Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah.

Jer 30:12 Sungguh, beginilah firman TUHAN: Penyakitmu sangat payah, lukamu tidak tersembuhkan!

Jer 30:13 Tidak ada yang membela hakmu, tidak ada obat untuk bisul, kesembuhan tidak ada bagimu!

Jer 30:14 Semua kekasihmu melupakan engkau, mereka tidak menanyakan engkau lagi. Sungguh, Aku telah memukul engkau dengan pukulan musuh, dengan hajaran yang bengis, karena kesalahanmu banyak, dosamu berjumlah besar.

Jer 30:15 Mengapakah engkau berteriak karena penyakitmu, karena kepedihanmu sangat payah? Karena kesalahanmu banyak, dosamu berjumlah besar, maka Aku telah melakukan semuanya ini kepadamu.

Jer 30:16 Tetapi semua orang yang menelan engkau akan tertelan, dan semua lawanmu akan masuk ke dalam tawanan; orang-orang yang merampok engkau akan menjadi rampokan, dan semua orang yang menjarah engkau akan Kubuat menjadi jarahan.

Jer 30:17 Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu, Aku akan mengobati luka-lukamu, demikianlah firman TUHAN, sebab mereka telah menyebutkan engkau: orang buangan, yakni sisa yang tiada seorangpun menanyakannya.

Jer 30:18 Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku akan memulihkan keadaan kemah-kemah Yakub, dan akan mengasihani tempat-tempat tinggalnya, kota itu akan dibangun kembali di atas reruntuhannya, dan puri itu akan berdiri di tempatnya yang asli.

Jer 30:19 Nyanyian syukur akan terdengar dari antara mereka, juga suara orang yang bersukaria. Aku akan membuat mereka banyak dan mereka tidak akan berkurang lagi; Aku akan membuat mereka dipermuliakan dan mereka tidak akan dihina lagi.

Jer 30:20 Anak-anak mereka akan menjadi seperti dahulu kala, dan perkumpulan mereka akan tinggal tetap di hadapan-Ku; Aku akan menghukum semua orang yang menindas mereka.

Jer 30:21 Orang yang memerintah atas mereka akan tampil dari antara mereka sendiri, dan orang yang berkuasa atas mereka akan bangkit dari tengah-tengah mereka; Aku akan membuat dia maju dan mendekat kepada-Ku, sebab siapakah yang berani mempertaruhkan nyawanya untuk mendekat kepada-Ku? demikianlah firman TUHAN.

Jer 30:22 Maka kamu akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan menjadi Allahmu."

Jer 30:23 Lihatlah, angin badai TUHAN, yakni kehangatan murka, telah keluar menyambar, --angin puting beliung--dan turun menimpa kepala orang-orang fasik.

Jer 30:24 Murka TUHAN yang menyala-nyala itu tidak akan surut sampai Ia telah melaksanakan dan mewujudkan apa yang dirancang-Nya dalam hati-Nya; pada hari-hari yang terakhir kamu akan mengerti hal itu.


Tafsiran Wycliffe


II.C. Kitab Penghiburan (30:1-33:26).

Sebagian besar pekerjaan Yeremia adalah memberitakan hukuman.

Pada bagian ini, dia melihat melampaui hukuman yang makin dekat itu kepada Hari Tuhan, pemulihan serta keselamatan Israel, dan Perjanjian Yang Baru.

II.C.1. Hari Tuhan: Kengerian dan Kelepasan pada Saat itu (30:1-24).

Hari Tuhan akan dimulai dengan kesusahan besar bagi Israel, tetapi akan berakhir dengan berkumpulnya kembali bangsa itu dan keselamatannya.

Pengantar (30:1-3).

Di sini, Pembuangan diterima sebagai sudah semestinya (bdg. tafsiran atas 23:3,4). Pasti akan ada pemulihan untuk negeri itu.

3. Memulihkan keadaan. Lihat tafsiran atas 29:14.

Kesusahan Yakub (30:4-7).

Penglihatan nabi, Hari Tuhan mulai dengan kesusahan besar bagi bangsa-bangsa dan bagi Israel (Am. 5:18-20; Yes. 2:12-22; 34:1-15; Zef. 1:2-3:8; Za. 14:1-8, 12-15).

4. Tentang Israel dan tentang Yehuda Lihat tafsiran atas 2:4.

7. Hari itu, yakni Hari Tuhan. Bdg. Yes. 13:6; Yer. 46:10; Rat. 2:22; Yeh. 30:3; Yl. 1:15; 2:1; dan keterangan-keterangan sebelumnya dalam paragraf ini.

Kelepasan Yakub (30:8-11).

Israel akan diselamatkan dari kesusahan itu, dibebaskan dari dominasi bangsa-bangsa lain, dan kembali ke negerinya untuk mengabdi kepada Allah dan seorang raja keturunan Daud.

Ini adalah bagian kedua dari penglihatan tentang Hari Tuhan.

8. Tidak akan mengabdi lagi kepada orang-orang asing. Lihat tafsiran atas 27:7.

9. Daud, raja mereka. Bukan berarti Daud, anak Isai itu dibangkitkan, tetapi yang dimaksud adalah seorang raja dari keturunan Daud (Hos. 3:5; Yeh. 34:23).

Kaisar (Caesar) pada mulanya adalah nama kaisar Romawi; nama itu menjadi gelar bagi para penerusnya.

Yeremia telah menunjukkan, bahwa Mesias akan datang dari keturunan Daud (tafsiran atas 23:5).

10, 11. Ayat-ayat ini diulang pada 46:27,28.

Hamba-Ku Yakub (ay. 10). Gagasan bahwa Israel adalah hamba Allah dikembangkan lebih lengkap dalam Kitab Yesaya (mis., 41:8-14; 43:1-7; 44:1,2).

14. Tidak menanyakan engkau lagi. Tidak mempedulikan engkau.

17. Menanyakan. Mempedulikan.

18. Memulihkan keadaan. Lihat tafsiran atas 29:14.

Reruntuhan. Kata Ibraninya, tell. Orang Arab sekarang memakai kata tersebut untuk menggambarkan gundukan-gundukan tanah yang hancur di Palestina, yang merupakan situs dari kota-kota kuno.

Berdiri di tempatnya yang asli. Terjemahan ini yang tepat.

21. Orang yang memerintah atas mereka akan tampil dari antara mereka sendiri. Frasa: orang yang memerintah dan orang yang berkuasa, kelihatannya dipakai untuk menghindari pemakaian kata "raja" yang lebih lazim.

Siapakah yang berani mempertaruhkan nyawanya untuk mendekat kepada-Ku? Orang yang berkuasa ini adalah juga seorang imam yang memiliki hak untuk datang kepada Allah.

23, 24. Menggambarkan gempuran pembalasan Tuhan.

II. Peristiwa-peristiwa dalam Kehidupan Yeremia (26:1-45:5).

Bagian ini terutama memuat otobiografi dan tulisan sejarah.

Hubungan Yeremia dengan para penguasa dan rakyat itu menjadi lebih tegang sampai akhirnya Yerusalem jatuh, seperti yang telah dia nubuatkan.

Tetapi, dalam semua ini muncul suatu tema harapan dengan pesan mengenai Perjanjian Yang Baru.

Bagian ini, ditutup dengan cerita singkat mengenai hari-hari terakhir Yeremia.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel