Jeremiah 33:14-26: Perjanjian Dengan Keturunan Daud dan Keturunan Lewi

Klik:

Jeremiah 33:14-26


Jer 33:14 "Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menepati janji yang telah Kukatakan kepada kaum Israel dan kaum Yehuda.

Jer 33:15 Pada waktu itu dan pada masa itu Aku akan menumbuhkan Tunas keadilan bagi Daud. Ia akan melaksanakan keadilan dan kebenaran di negeri.

Jer 33:16 Pada waktu itu Yehuda akan dibebaskan, dan Yerusalem akan hidup dengan tenteram. Dan dengan nama inilah mereka akan dipanggil: TUHAN keadilan kita!

Jer 33:17 Sebab beginilah firman TUHAN: Keturunan Daud tidak akan terputus duduk di atas takhta kerajaan kaum Israel!

Jer 33:18 Dan keturunan imam-imam orang Lewi tidak akan terputus mempersembahkan korban bakaran di hadapan-Ku dan membakar korban sajian dan mengorbankan korban sembelihan sepanjang masa."

Jer 33:19 Firman TUHAN datang kepada Yeremia, bunyinya:

Jer 33:20 "Beginilah firman TUHAN: Jika kamu dapat mengingkari perjanjian-Ku dengan siang dan perjanjian-Ku dengan malam, sehingga siang dan malam tidak datang lagi pada waktunya,

Jer 33:21 maka juga perjanjian-Ku dengan hamba-Ku Daud dapat diingkari, sehingga ia tidak mempunyai anak lagi yang memerintah di atas takhtanya; begitu juga perjanjian-Ku dengan orang-orang Lewi, yakni imam-imam yang menjadi pelayan-Ku.

Jer 33:22 Seperti tentara langit tidak terbilang dan seperti pasir laut tidak tertakar, demikianlah Aku akan membuat banyak keturunan hamba-Ku Daud dan orang-orang Lewi yang melayani Aku."

Jer 33:23 Firman TUHAN datang kepada Yeremia, bunyinya:

Jer 33:24 "Tidakkah kauperhatikan apa yang dikatakan orang-orang ini: Kedua kaum keluarga yang dipilih TUHAN itu telah ditolak-Nya? Dengan demikian mereka menghina umat-Ku, dianggapnya bukan suatu bangsa lagi.

Jer 33:25 Beginilah firman TUHAN: Jika Aku tidak menetapkan perjanjian-Ku dengan siang dan malam dan aturan langit dan bumi,

Jer 33:26 maka juga Aku pasti akan menolak keturunan Yakub dan hamba-Ku Daud, sehingga berhenti mengangkat dari keturunannya orang-orang yang memerintah atas keturunan Abraham, Ishak dan Yakub. Sebab Aku akan memulihkan keadaan mereka dan menyayangi mereka."


Tafsiran Wycliffe


15, 16. Ayat-ayat ini mengulangi 23:5, 6, untuk itu lihat tafsiran-tafsirannya.

21. Perjanjian Allah dengan Daud dinyatakan dalam II Samuel 7:8-16. Lihat tafsiran atas 23:5.

24. Kedua kaum keluarga, yakni Israel dan Yehuda.

II. Peristiwa-peristiwa dalam Kehidupan Yeremia (26:1-45:5).

Bagian ini terutama memuat otobiografi dan tulisan sejarah.

Hubungan Yeremia dengan para penguasa dan rakyat itu menjadi lebih tegang sampai akhirnya Yerusalem jatuh, seperti yang telah dia nubuatkan.

Tetapi, dalam semua ini muncul suatu tema harapan dengan pesan mengenai Perjanjian Yang Baru.

Bagian ini, ditutup dengan cerita singkat mengenai hari-hari terakhir Yeremia.

II.C. Kitab Penghiburan (30:1-33:26).

Sebagian besar pekerjaan Yeremia adalah memberitakan hukuman.

Pada bagian ini, dia melihat melampaui hukuman yang makin dekat itu kepada Hari Tuhan, pemulihan serta keselamatan Israel, dan Perjanjian Yang Baru.

II.C.4. Janji-janji Lagi Tentang Pemulihan (33:1-26).

Bagian ini mengulang tema-tema yang diperkenalkan dalam Yeremia 31.

Pasal ini mencatat penyataan-penyataan yang diterima Yeremia selama pengepungan terakhir atas Yerusalem.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel