Jeremiah 8:18-9:11: Ratapan Atas Yehuda dan Yerusalem

Klik:

Jeremiah 8:18-9:11


Jer 8:18 Tidak tersembuhkan kedukaan yang menimpa diriku, hatiku sakit pedih.

Jer 8:19 Dengar! seruan puteri bangsaku minta tolong dari negeri yang jauh: "Tidak adakah TUHAN di Sion? Tidak adakah Rajanya di dalamnya?" --Mengapakah mereka menimbulkan sakit hati-Ku dengan patung-patung mereka, dengan dewa-dewa asing yang sia-sia? --

Jer 8:20 Sudah lewat musim menuai, sudah berakhir musim kemarau, tetapi kita belum diselamatkan juga!

Jer 8:21 Karena luka puteri bangsaku hatiku luka; aku berkabung, kedahsyatan telah menyergap aku.

Jer 8:22 Tidak adakah balsam di Gilead? Tidak adakah tabib di sana? Mengapakah belum datang juga kesembuhan luka puteri bangsaku?

Jer 9:1 Sekiranya kepalaku penuh air, dan mataku jadi pancuran air mata, maka siang malam aku akan menangisi orang-orang puteri bangsaku yang terbunuh!

Jer 9:2 Sekiranya di padang gurun aku mempunyai tempat penginapan bagi orang-orang yang sedang dalam perjalanan, maka aku akan meninggalkan bangsaku dan menyingkir dari pada mereka! Sebab mereka sekalian adalah orang-orang berzinah, suatu kumpulan orang-orang yang tidak setia.

Jer 9:3 Mereka melenturkan lidahnya seperti busur; dusta dan bukan kebenaran merajalela dalam negeri; sungguh, mereka melangkah dari kejahatan kepada kejahatan, tetapi TUHAN tidaklah mereka kenal.

Jer 9:4 Baiklah setiap orang berjaga-jaga terhadap temannya, dan janganlah percaya kepada saudara manapun, sebab setiap saudara adalah penipu ulung, dan setiap teman berjalan kian ke mari sebagai pemfitnah.

Jer 9:5 Yang seorang menipu yang lain, dan tidak seorangpun berkata benar; mereka sudah membiasakan lidahnya untuk berkata dusta; mereka melakukan kesalahan dan malas untuk bertobat.

Jer 9:6 Penindasan ditimbuni penindasan, tipu ditimbuni tipu! Mereka enggan mengenal TUHAN.

Jer 9:7 Sebab itu beginilah firman TUHAN semesta alam: "Sesungguhnya, Aku mau melebur dan menguji mereka, sebab apakah lagi yang dapat Kulakukan terhadap puteri umat-Ku?

Jer 9:8 Lidah mereka adalah anak panah yang membunuh, perkataan dari mulutnya adalah tipu; mereka berbicara damai dengan temannya, tetapi dalam hatinya mereka merancang pengadangan terhadapnya.

Jer 9:9 Masakan Aku tidak menghukum mereka karena semuanya ini?, demikianlah firman TUHAN. Masakan Aku tidak membalas dendam-Ku kepada bangsa yang seperti ini?

Jer 9:10 Menangis dan merintihlah karena gunung-gunung, dan merataplah karena padang rumput di gurun, sebab semuanya sudah tandus sampai tidak ada orang yang melintasinya, dan orang tidak mendengar lagi suara ternak; baik burung-burung di udara maupun binatang-binatang, semuanya telah lari dan sudah lenyap.

Jer 9:11 Aku akan membuat Yerusalem menjadi timbunan puing, tempat persembunyian serigala-serigala; Aku akan membuat kota-kota Yehuda menjadi sunyi sepi, tidak berpenduduk lagi."


Tafsiran Wycliffe


19. Dewa-dewa asing yang sia-sia (bdg. tafsiran atas 2:5).

20. Musim menuai. Kata ini (qãsîr) mengacu pada panen jelai, gandum; dan berarti bulan April, Mei, dan Juni.

Musim kemarau (qãyis) sebenarnya berarti "buah-buah musim kemarau," seperti buah-buah ara, anggur, dan delima, yang dipetik bulan Agustus serta September, dan buah zaitun yang dipetik awal Oktober.

Jadi, Yeremia menceritakan keseluruhan musim menuai itu; musim tersebut sudah berakhir, namun tidak ada buah-buahan yang disimpan untuk musim dingin yang akan datang - Kita belum diselamatkan juga.

21. Aku berkabung. (AV. I am black.)

22. Balsam di Gilead adalah damar yang diambil dari sebuah pohon dan dipakai sebagai obat. Barang ini diekspor (46:11; 51:8; Kej. 37:25; Yeh. 27:17).

9:4. Penipu ulung. Bahasa Ibrani, `ãqôb ya `qôb, berasal dari akar kata yang sama dengan yang terdapat dalam nama "Yakub" (bdg. Kej. 27:36).

8. Merancang pengadangan terhadapnya. Terjemahan ini sudah tepat.

9. Menghukum (AV. Visit).

10. Padang rumput di gurun. Nabi melihat, bahwa seluruh negeri itu menjadi gersang (bdg. 4:23-26).

11. Serigala-serigala (AV. Dragons).

Akibat Dari Tidak Bertobat -- Hukuman (8:4-9:22).

Inilah sejumlah nubuat atau perkataan ilahi yang tidak memiliki tema umum.

I.B. TEGURAN-TEGURAN DAN PERINGATAN-PERINGATAN, SEBAGIAN BESAR DARI ZAMAN YOSIA (2:1-20:18).

Enam bagian ini, yang bersifat umum dan berulang, kelihatannya berasal dari zaman awal-awal pelayanan nabi. Mungkin itu semua adalah ciri khas dari khotbah lisan sang nabi.

I.B.3. Praktik Agama yang Keliru di Yerusalem (7:1-10:25).

Yeremia memperingatkan, agar tidak bersandar pada Bait Suci dan upacara-upacara agamanya.

Yerusalem tidak lebih suci daripada Silo yang sudah jatuh (7:1-8:3).

Bangsa itu telah menolak semua pembaharuan, dan mereka pasti akan dihukum.

Hikmat sejati yang diperoleh melalui pengenalan akan Allah, dibedakan dengan penyembahan berhala (9:23-10:25).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel