Isaiah 55: Seruan Untuk Turut Serta Dalam Keselamatan Yang Dari TUHAN

Klik:

Isaiah 55


Isa 55:1 Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!

Isa 55:2 Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.

Isa 55:3 Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.

Isa 55:4 Sesungguhnya, Aku telah menetapkan dia menjadi saksi bagi bangsa-bangsa, menjadi seorang raja dan pemerintah bagi suku-suku bangsa;

Isa 55:5 sesungguhnya, engkau akan memanggil bangsa yang tidak kaukenal, dan bangsa yang tidak mengenal engkau akan berlari kepadamu, oleh karena TUHAN, Allahmu, dan karena Yang Mahakudus, Allah Israel, yang mengagungkan engkau.

Isa 55:6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

Isa 55:7 Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.

Isa 55:8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Isa 55:9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Isa 55:10 Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan,

Isa 55:11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Isa 55:12 Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohonan di padang akan bertepuk tangan.

Isa 55:13 Sebagai ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobar, dan sebagai ganti kecubung akan tumbuh pohon murad, dan itu akan terjadi sebagai kemasyhuran bagi TUHAN, sebagai tanda abadi yang tidak akan lenyap.


Tafsiran Wycliffe


1-5. Syarat mendapatkan hidup kekal ialah bertobat dan beriman, tanpa tambahan lain apa pun.

Orang yang mau mengambil bagian dalam air hidup itu, pertama-tama dia harus merasa haus (bertobat), kemudian bersedia (beriman) untuk datang kepada Sang Juruselamat (bdg. Yoh. 7:37).

Anggur melambangkan Injil yang menyukakan dan menyegarkan jiwa; susu menunjukkan sifatnya yang memberikan pertumbuhan (I Ptr. 2:2).

2. Sesuatu yang tidak mengenyangkan. Khayalan mengenai kebahagiaan pribadi berdasarkan keuntungan-keuntungan dan berkat-berkat duniawi.

Hanya Allah yang dapat memuaskan jiwa manusia.

Daud yang disebut dalam Yesaya 55:3, 4 adalah Kristus, Anak Daud, sebab di sini Dia digambarkan sebagai mempunyai pengaruh yang berkuasa pada zaman yang akan datang.

Ayat 5 adalah nubuat, bahwa bangsa-bangsa lain akan bertobat dan akan bergabung dengan Israel yang sudah ditebus oleh karena Allahnya.

6, 7. Mengingat janji-janji cerah untuk masa depan, orang-orang berdosa sekarang didesak untuk menanggapi undangan Injil sementara ada kesempatan.

8-11. Anugerah Allah melampaui akal manusia, tetapi dijamin, bahwa anugerah tersebut efektif (berlaku) melalui pemberitaan Firman yang diilhamkan dan yang dilakukan dengan setia.

12, 13. Apabila Firman Allah didengar dan ditaati, maka orang yang ditebus itu akan dimerdekakan dari belenggu mereka dan masuk ke dalam sukacita dan damai sejahtera.

Seluruh alam di sekitar mereka akan turut merasakan kegembiraan ini saat anugerah Allah dinyatakan.

Suatu hari kelak, alam sungguh akan ikut menikmati kebebasan dan kemuliaan anak-anak Allah (Rm. 8:21).

Raja Damai (49:1-57:21).

Sementara Bagian I secara khusus berbicara tentang Doktrin mengenai Allah, Bagian II membicarakan Doktrin Keselamatan.

Keselamatan hanya datang dari Allah, dan melalui pelayanan Sang Hamba TUHAN.

Keselamatan mencakup pembebasan dari hukuman dosa, dan suatu kehidupan baru yang penuh perlindungan, sukacita, dan damai sejahtera.

Lingkupnya mencakup seluruh dunia.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel